Kayu Cendana yang Bermanfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan

(0)
13 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kayu cendana ternyata bermanfaat untuk melembapkan kulitKayu cendana dalam bentuk butuk dan batang
Kayu cendana merupakan salah satu komoditas kayu yang banyak dicari dan memiliki nilai yang tinggi di pasaran. Dengan teksturnya yang kuat dan kokoh, kayu ini kerap menjadi alternatif pengganti kayu jati sebagai bahan baku pembuatan furnitur.Akan tetapi, yang membuat kayu cendana spesial bukanlah perannya sebagai pengganti kayu jati, melainkan karena olahan kayu ini (minyak cendana) banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik, khususnya dalam produk-produk yang membantu melembapkan kulit.

Manfaat kayu cendana bagi kecantikan

Selain minyaknya, aroma wangi yang dikeluarkan kayu cendana juga membuat kayu ini populer dimanfaatkan sebagai produk kecantikan.Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat kayu cendana untuk kecantikan.

1. Melembapkan kulit

Kayu cendana dikenal karena manfaatnya dalam memerangi kulit kering. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kayu cendana umumnya dimanfaatkan sebagai komponen utama dalam lotion dan krim yang berfokus untuk melembapkan kulit.Kandungan dalam kayu cendana dapat meningkatkan aktivitas sel-sel kulit yang membantu untuk menarik lebih banyak kelembapan kulit sehingga kulit terlihat lebih muda, halus dan berkilau. Tidak hanya itu, minyak kayu cendana juga dapat melembapkan kulit tanpa menyebabkan jerawat.

2. Sebagai agen antipenuaan

Kayu cendana juga bermanfaat sebagai agen antipenuaan yang meningkatkan sirkulasi darah di beberapa bagian dalam kulit Anda sehingga kulit mendapatkan cukup nutrisi dan menghilangkan berbagai kotoran yang ada di dekatnya.Tidak hanya itu, minyak kayu cendana juga bekerja sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas yang dapat menciptakan kerutan di wajah Anda. Manfaat kayu cendana sebagai agen antipenuaan tidak hanya dapat Anda rasakan pada wajah saja, melainkan juga di seluruh tubuh Anda.Efek secara keseluruhan yang diciptakan kayu cendana adalah menjaga kulit Anda tetap sehat dan muda. Minyak kayu ini juga berperan sebagai agen untuk mengencangkan kulit yang dapat membantu mengembalikan fleksibilitas kulit Anda.

3. Mengatasi jerawat

Bubuk yang terbuat dari kayu cendana telah lama digunakan untuk mengatasi jerawat pada remaja maupun orang dewasa yang kulitnya sensitif atau berjerawat. Secara tradisional, kayu cendana biasanya ditumbuk dan ditambahkan kunyit, yang juga efektif dalam mengurangi timbulnya jerawat.  Kombinasi bubuk cendana dan kunyit dipercaya bermanfaat dalam mencegah kulit terkena infeksi sekaligus menyembuhkan masalah-masalah umum pada kulit, seperti bekas luka dan bisul.Untuk mengurangi jerawat dan bekas lukanya, Anda juga dapat mengombinasikan bubuk kayu cendana, minyak kelapa, dan jeruk nipis dengan jumlah yang sama, kemudian dioleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan semalaman sebelum mencucinya dengan air dingin.

4. Mengatasi stres dan hipertensi

Kayu cendana yang diekstrak menjadi minyak kerap dimanfaatkan menjadi aromaterapi untuk mengatasi hipertensi dan mengurangi stres.Kandungan minyak kayu cendana dipercaya dapat membantu otak untuk melepaskan serotonin yang membantu meningkatkan positivitas dalam diri seseorang serta memicu perasaan bahagia dan puas.

5. Memberi efek relaksasi

Di samping mengatasi stres, aromaterapi yang berasal dari kayu cendana juga dapat mengatasi masalah sulit tidur. Anda dapat menggunakan minyak esensial dari kayu cendana sebagai alternatif yang lebih baik dari obat tidur.Caranya pun mudah. Anda dapat meneteskan minyak cendana ke dalam diffuser atau menghirupnya langsung selama beberapa saat. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskannya sedikit di tangan. Aroma minyak cendana akan membuat Anda rileks dan cepat tidur.

6. Mencegah bau badan

Salah satu manfaat kayu cendana lainnya yang cukup populer adalah sebagai bahan baku utama dalam pembuatan deodoran dan parfum.Kandungan kayu cendana yang ada dalam kedua produk tersebut dapat membantu Anda melawan bau badan dan menciptakan aroma segar yang awet selama berjam-jam.

7. Menenangkan kulit

Bubuk atau minyak kayu cendana juga bermanfaat untuk meredakan rasa gatal dan menenangkan kulit. Contohnya ketika kulit Anda digigit serangga, Anda dapat menggunakan olahan kayu cendana untuk mengurangi kemerahan dan gatal sekaligus meredakan pembengkakan pada kulit.Itulah beberapa manfaat kayu cendana untuk kesehatan dan kecantikan. Anda dapat menemukan berbagai produk kosmetik yang menggunakan kayu cendana sebagai bahan utamanya dengan cara yang mudah, yakni membaca keterangan komposisi produk di balik kemasan.
tanaman obat
Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/sandalwood/
Diakses pada 29 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-sandalwood#takeaway
Diakses pada 29 Juni 2020
FoodNDT. https://food.ndtv.com/beauty/5-sandalwood-benefits-to-look-out-for-from-tan-removal-to-treating-acne-1745068
Diakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait