5 Manfaat Kakap di Masa Kehamilan, Selamat Tinggal Pregnancy Brain!

Manfaat ikan kakap bagi ibu hamil adalah memaksimalkan pertumbuhan janin
Ikan kakap adalah salah satu ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil

Saat sedang mengandung, tidak semua jenis ikan aman dari risiko kontaminasi bakteri, utamanya ikan mentah yang harus dihindari. Berdasarkan kategorisasinya, salah satu ikan yang “good to eat” atau boleh dikonsumsi sekali tiap minggunya adalah ikan kakap. Manfaat kakap bagi kehamilan dapat memaksimalkan pertumbuhan janin.

Ada banyak pilihan ikan yang bisa dikonsumsi saat hamil. Idealnya, ikan yang masuk dalam kategori aman bisa dikonsumsi 3 kali dalam sepekan. Tak hanya baik untuk janin, ikan juga menyehatkan bagi sang ibu.

Manfaat kakap di masa kehamilan

Bagi ibu hamil pecinta olahan makanan laut, ikan termasuk salah satu yang paling bermanfaat. Dalam satu ekor ikan kakap, terdapat kandungan nutrisi berupa:

  • Kalori: 109
  • Protein: 22 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Kalsium: 34 miligram
  • Magnesium: 31 miligram
  • Fosfor: 171 miligram
  • Potasium: 444 miligram
  • Sodium: 48 miligram

Manfaat kakap juga datang dari kandungan vitamin C, folat, vitamin B12, dan juga vitamin A di dalamnya. Beberapa manfaat kakap bagi kehamilan adalah:

1. Baik untuk otak bayi

Lemak ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Rutin mengonsumsi ikan dapat membuat otak bayi berkembang maksimal. Utamanya pada trimester ketiga saat otak bayi berada dalam fase perkembangan tercepat.

2. Memaksimalkan pertumbuhan janin

Protein rendah lemak dari ikan mengandung asam amino penting yang membantu berkembangnya seluruh sel janin. Mulai dari kulit, otot, rambut, dan tulang bayi.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat kakap juga dapat meningkatkan daya ingat ibu hamil berkat kandungan omega 3 di dalamnya. Hal ini penting utamanya bagi ibu hamil yang mengalami penurunan daya ingat atau pregnancy brain.

4. Baik untuk kesehatan mental

Konsumsi ikan juga baik untuk kesehatan mental. Semakin tercukupi asupan asam lemak omega 3 utamanya DHA, akan semakin kecil kemungkinan ibu hamil mengalami depresi selama kehamilan maupun depresi pasca-melahirkan atau postpartum depression.

5. Mengurangi risiko kelahiran prematur

Menurut penelitian, semakin tinggi asupan ikan seseorang akan semakin rendah pula kemungkinan mengalami kelahiran prematur. Hal ini lagi-lagi berhubungan salah satunya dengan manfaat kakap yang mengandung banyak omega 3.

Kategorisasi ikan yang aman dikonsumsi

Food and Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA) telah merilis kategorisasi daftar ikan untuk ibu hamil berdasarkan aman tidaknya dikonsumsi. Kategorisasi tersebut adalah:

  • Ikan yang harus dihindari

Beberapa jenis ikan perlu dihindari karena kandungan merkuri tinggi di dalamnya, seperti hiu, swordfish, bigeye tuna, ikan sori, dan ikan makarel

  • Ikan yang boleh dikonsumsi

Dalam kategori ikan yang boleh dikonsumsi atau “good to eat”, rekomendasinya adalah dikonsumsi 1 kali seminggu. Beberapa jenisnya adalah kakap, halibut, grouper, saba, gurame, makarel Spanyol, rockfish, Yellowfin tuna, trout.

  • Ikan yang aman dikonsumsi

Kategorisasi ketiga adalah ikan yang aman dikonsumsi hingga 3 kali per minggu. Beberapa jenisnya adalah ikan salmon, lele, tilapia, cod, crawfish, teri, dan juga makanan laut seperti kerang, kepiting, dan lobster.

Perlu diingat pula pengolahan ikan harus melalui prosedur yang tepat, yaitu:

  • Beli ikan segar atau disimpan di lemari pendingin
  • Jika tidak langsung dimasak, simpan di lemari pendingin dalam kontainer kedap udara
  • Gunakan papan potong berbeda dengan sayur dan buah
  • Masak hingga panas 62 derajat Celsius agar benar-benar matang

Catatan dari SehatQ

Ikan kakap memiliki kelebihan mudah diolah dan rasanya juga mudah diterima banyak orang. Ada banyak cara untuk mengolah ikan kakap, tentu dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat dan sayuran.

 

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/diet/eating-fish-during-pregnancy/

Diakses 20 April 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-fish/art-20044185

Diakses 20 April 2020

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/290488-red-snapper-nutrition/

Diakses 20 April 2020

Artikel Terkait