10 Manfaat Kacang Pistachio, Si Hijau yang Serbaguna untuk Kesehatan

(0)
29 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang pistachio memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga kestabilan gula darah.Kacang pistachio, si hijau yang punya banyak manfaat.
Kacang pistachio adalah jenis kacang yang diambil dari pohon Pistacia vere. Kacang pistachio dikenal mengandung berbagai lemak baik dan menjadi sumber protein, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh kita.Manfaatnya bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa riset pun membuktikan bahwa kacang pistachio memiliki manfaat kesehatan yang serbaguna untuk tubuh kita.

Kacang pistachio dan manfaat kesehatannya untuk tubuh

Sejak ribuan tahun yang lalu, kacang pistachio telah dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Selain dikonsumsi mentah, kacang pistachio juga bisa melengkapi salad hingga es krim.Berikut ini adalah beragam manfaat kacang pistachio yang sudah dibuktikan oleh penelitian:

1. Dilengkapi berbagai nutrisi

Berbagai manfaat kesehatan kacang pistachio, datang dari kandungan nutrisinya. Sekitar 28 gram kacang pistachio, mengandung berbagai macam nutrisi ini:
  • Kalori: 159
  • Protein: 5,72 gram
  • Lemak: 12,85 gram
  • Karbohidrat: 7,70 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 2,17 gram
  • Magnesium: 34 miligram
  • Kalium: 291 miligram
  • Fosfor: 139 miligram
  • Vitamin B6: 0,482 miligram
  • Vitamin B1: 0,247 miligram
Berbagai vitamin dan zat mineral yang terkandung dalam kacang pistachio ini sangat mendukung fungsi berbagai anggota tubuh. Sebut saja vitamin B6, yang sangat penting untuk metabolisme protein dan perkembangan kognitif.

2. Rendah kalori

Dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang pistachio memiliki jumlah kalori yang relatif rendah. Per 28 gramnya saja, kacang pistachio hanya mengandung 159 kalori. Bandingkan dengan kacang macamadia yang memiliki 200 kalori lebih.

3. Bersifat antioksidan

Antioksidan adalah zat penting yang bisa menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker contohnya. Antioksidan memiliki peran yang vital dalam mencegah kerusakan sel tubuh.Dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang pistachio dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang leboh banyak.Berbagai macam antioksidan seperti y-tocopherol, phytosterols, hingga xanthophyll carotenoids, ada dalam kacang pistachio.Dalam sebuah riset, sebanyak 28 responden penderita kolesterol tinggi diminta untuk mengonsumsi 1-2 porsi kacang pistachio per hari selama empat minggu. Hasilnya, kadar antioksidan di dalam tubuh mereka pun meningkat.

4. Menyehatkan mata

Kacang pistachio mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini sangatlah baik untuk kesehatan mata.Menurut sebuah penelitian, lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak hingga degenerasi makula.

5. Menyehatkan usus

Sama seperti kacang lainnya, kacang pistachio juga mengandung jumlah serat yang tinggi per porsinya. Serat sangat dibutuhkan untuk melancarkan “perjalanan” makanan di dalam usus, sehingga sembelit dapat dicegah.Menurut sebuah penelitian berskala kecil, mengonsumsi kacang pistachio dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, serta menurunkan kadar bakteri jahat di dalam usus.

6. Baik untuk vegan dan vegetarian

Kacang pistachio
Kacang pistachio
Salah satu dilema terbesar vegan dan vegetarian kekurangan protein yang cukup dari daging. Untungnya, keberadaan kacang pistachio dapat menawarkan sebuah solusi yang cermat.Dalam 1 gram kacang pistachio, terdapat 6 gram protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan, kacang pistachio disebut sebagai kacang dengan protein terbaik untuk vegan dan vegetarian.

7. Menurunkan berat badan

Kacang pistachio tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tapi juga menjaga berat badan yang ideal. Dalam sebuah riset, terbukti bahwa orang-orang yang mengonsumsi 53 gram kacang pistachio selama 12 minggu, berhasil menurunkan indeks massa tubuh mereka.

8. Baik untuk kesehatan jantung

Kacang pistachio dapat menyehatkan jantung dengan cara menurunkan total kolesterol dan tekanan darah tinggi dalam tubuh kita. Sebuah penelitian pun membuktikan mengonsumsi 2 porsi kacang pistachio per hari, mampu menguransi risiko penyakit jantung.Dalam riset lainnya, kacang pistachio dinobatkan sebagai “juara” dalam urusan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

9. Menjaga kestabilan gula darah

Mengonsumsi kacang pistachio tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara mendadak karena kacang ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Dalam penelitian berskala kecil yang melibatkan 10 orang, mengonsumsi kacang pistachio dengan makanan berkarbohidrat pun terbukti berhasil menurunkan gula darah mereka.

10. Menurunkan risiko kanker usus besar

Karena mengandung serat yang cukup tinggi, kacang pistachio bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Entah mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau dengan memanggangnya, para ahli menemukan bahwa kacang pistachio tetap bisa menurunkan risiko kanker usus besar.

Catatan dari SehatQ:

Itulah tadi berbagai macam manfaat kacang pistachio yang sangat serbaguna untuk kesehatan tubuh kita.
Selain diperkaya oleh berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan, kacang pistachio juga sangat lezat dan mudah untuk dimakan. Yakin masih tidak mau mencobanya?
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-pistachios#1
Diakses pada 15 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322899
Diakses pada 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait