10 Manfaat Kacang Navy, Bisa Bantu Turunkan Risiko Diabetes


Kacang navy adalah jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi, bahkan memiliki manfaat untuk mengurangi risiko diabetes, menjaga sistem pencernaan, hingga meningkatkan fungsi otot. Kacang ini juga dikenal dengan nama kacang haricot.

0,0
23 Jul 2021|Azelia Trifiana
Kacang navy memiliki warna putih yang khasKacang navy memiliki warna putih yang khas
Bagi mereka yang getol mengonsumsi makanan bergizi, mungkin sudah tak asing lagi dengan kacang navy. Terlebih, bagi mereka yang vegetarian. Navy bean ini bisa jadi salah satu variasi plant-based food yang bergizi.Nama lain untuk makanan satu ini adalah kacang haricot. Biasanya, kacang navy diolah dengan cara dikukus, dibuat sup, atau topping salad.

Manfaat kacang navy untuk kesehatan

Nutrisi dalam kacang navy begitu melimpah. Inilah yang membuatnya memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Turunkan risiko diabetes

Termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, kacang navy tidak membuat kadar gula darah melonjak. Sebab, proses penyerapan glukosa ke aliran darah berlangsung lebih lambat. Tingginya kandungan serat dalam kacang ini juga turut berpengaruh.Tentu saja, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dan kaya serat dapat menurunkan risiko mengalami diabetes.

2. Fungsi sistem cerna yang baik

Dalam setengah cangkir kacang navy saja, sudah terdapat 10 gram serat. Bentuknya ada yang larut air dan tidak. Masing-masing punya peran penting dalam sistem pencernaan manusia.Serat larut air akan berubah menjadi bentuk gel saat masuk ke usus. Ini dapat membantu melancarkan proses cerna. Sementara serat tak larut air akan membantu membuang zat sisa dari saluran cerna.

3. Organ pencernaan kian sehat

Navy bean juga mengandung resistant starch yang tidak bisa dicerna saat masuk ke usus halus. Artinya, kacang ini tetap utuh ketika masuk ke usus besar sehingga perannya seperti prebiotik. Bakteri baik akan dengan senang hati menyambutnya.Proses fermentasi yang lambat di dalam usus besar juga membuat seseorang tidak kembung. Bonusnya, kadar gula darah tentu juga tidak melejit sebab mereka hanya menumpang lewat di usus halus.

4. Menjaga kesehatan jantung

jantung sehat
Kandungan kacang navy bantu jaga kesehatan jantung
Berkat kadar seratnya yang tinggi, kacang haricot ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Di saat yang sama, kadar kolesterol baik (HDL) pun meningkat. Rasio yang sehat akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner.Jangan lupakan pula kandungan mineral serta vitamin berupa magnesium dan folat di dalamnya. Folat dapat menurunkan asam amino homocysteine yang jika berlebihan dapat meningkatkan risiko sakit jantung. Sementara magnesium dapat menjaga detak jantung dan tekanan darah stabil.

5. Daya ingat dan fungsi kognitif lebih baik

Kandungan folat dalam kacang navy juga baik untuk fungsi otak. Bahkan dalam studi pada tahun 2017 lalu membuktikan bahwa folat dapat meningkatkan daya ingat. Fungsi kognitif juga bisa membaik. Di saat yang sama, risiko mengalami Alzheimer pun bisa ditekan.

6. Optimalkan kondisi otot

Mengingat di dalamnya terdapat protein dan karbohidrat kompleks, kacang navy juga penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot. Fungsi utama protein memang untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh, termasuk otot yang terdampak olahraga.Lysine, salah satu jenis protein penting berperan dalam hal ini. Setidaknya dalam setengah cangkir kacang navy, terdapat 473 miligram asam amino jenis ini.Bukan hanya itu. Karbohidrat kompleks di dalam navy bean juga membantu pertumbuhan otot. Jadi, disarankan mengonsumsi kacang ini setelah berolahraga untuk mencegah kurangnya protein sekaligus membantu proses sintesis otot.

7. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang ingin mencapai berat badan ideal, kacang navy bisa jadi pilihan. Sebab, kandungan serat di dalamnya menimbulkan rasa kenyang cukup lama. Tentunya, ini dapat menghindari tendensi untuk makan terlalu banyak.Lebih jauh lagi, resistant starch dalam kacang ini juga memiliki khasiat serupa. Seseorang akan merasa kenyang lebih lama dan tidak rentan mengalami kelebihan konsumsi kalori.

8. Mengurangi risiko kanker

Ada potensi manfaat menjanjikan dari kacang navy yaitu dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Dalam buku Promising Drug Molecules of Natural Origin, zat phytochemical pada kacang navy bisa mengurangi risiko kanker pankreas dan polip di usus.Bahkan, ada juga ahli yang mengusulkan konsumsi kacang ini sebagai bagian penting dalam pengobatan kanker pasien.

9. Menyembuhkan sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah satu paket gejala penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Menariknya, tim peneliti asal Colorado State University mengungkap bahwa konsumsi dua hingga lima cangkir kacang-kacangan setiap minggunya dapat memperbaiki kondisi ini. Penelitian ini dilakukan selama 12 pekan.Bagaimana ini bisa terjadi? Sebab kacang dapat menurunkan asupan kalori, berdampak pada lingkar perut, dan juga membuat tekanan darah stabil. Pada saat yang sama, kadar kolesterol baik (HDL) juga meningkat.

10. Sirkulasi darah lancar

Mineral dalam kacang navy berupa zat besi dan tembaga sangat baik untuk lancarnya sirkulasi darah. Zat besi bertugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, sel darah merah juga terjaga berkat zat besi.Sementara tembaga adalah mineral yang membantu pembentukan hemoglobin. Selain itu, tembaga juga memudahkan penyerapan zat besi di usus. Dengan demikian, sirkulasi darah pun menjadi semakin lancar.

Catatan dari SehatQ

Dengan banyaknya khasiat dari mengonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang navy, tak ada salahnya memasukkannya dalam menu sehari-hari Anda. Akan jauh lebih sehat mengolah navy bean mentah ketimbang yang sudah dikemas dalam kaleng. Sebab, kacang dalam kaleng sudah mengandung sodium tambahan.Kacang yang satu ini juga bisa menjadi pilihan karbohidrat kompleks. Dalam setengah cangkir sajiannya saja terdapat 23,7 gram karbohidrat kompleks yang lebih sehat ketimbang karbohidrat sederhana.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut berapa takaran konsumsi kacang navy setiap harinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/navy-beans-nutrition-facts-and-health-benefits-4802640#citation-17
Diakses pada 9 Juli 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/11/1/28
Diakses pada 9 Juli 2021
Journal of Alzheimer’s Disease. https://content.iospress.com/articles/journal-of-alzheimers-disease/jad171042
Diakses pada 9 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait