Sederet Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil dan Janin


Manfaat kacang merah bagi ibu hamil sangat banyak, termasuk untuk menurunkan risiko diabetes, mengurangi morning sickness, menurunkan risiko kekurangan zat besi.

0,0
21 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kacang merah untuk ibu hamil antara lain menurunkan risiko diabetes dan mencegah mualManfaat kacang merah untuk ibu haml salah satunya mengurangi mual
Bolehkah ibu hamil mengonsumsi kacang merah? Ya, tentu saja boleh. Bahkan ada banyak sekali manfaat kacang merah untuk ibu hamil jika disiapkan dengan cara yang benar.
Kacang merah dapat dimasak menjadi berbagai makanan. Penting sekali untuk memastikan kacang merah dimasak dengan benar. Pasalnya, kacang merah mentah atau kurang matang bisa beracun. Sementara kacang yang dimasak dengan baik dapat menjadi sumber nutrisi penting, termasuk bagi ibu hamil.

Kandungan nutrisi kacang merah

Kacang merah baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi
Kacang merah mengandung nutrisi yang baik bagi ibu hamil
Manfaat kacang merah untuk ibu hamil tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Kacang merupakan sumber protein dan serat yang kaya antioksidan. Pada kacang merah juga terkandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti zat besi, mangan, folat, fosfor, kalium, magnesium, tiamin dan karbohidrat.Kandungan antioksidan pada kacang merah antara lain adalah isoflavon dan antosianin. Semuanya merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil.Kacang merah memiliki banyak variasi. Selain kacang merah muda dan kacang merah tua, kacang merah juga bisa tersedia dalam berbagai corak pada kulitnya. Kacang merah muda dan kacang merah tua memiliki sedikit perbedaan jumlah nutrisi yang bervariasi.Baca Juga: Manfaat Kacang Merah untuk Bayi, Baik Bagi Tumbuh Kembang

Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil terbilang sangat banyak. Selain menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan imun tubuh, makanan ini juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya. Berikut penjelasan lengkapnya:
Gambar alat pengukur gula darah menunjukkan kacang merah bisa bantu turunkan risiko diabetes pada ibu hamil
Kacang merah bisa menurunkan risiko diabetes pada ibu hamil

1. Menurunkan risiko diabetes

Kacang merah merupakan makanan dengan skor indeks glikemik rendah yang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat. Indeks glikemik adalah acuan yang dipakai untuk mengetahui seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.Ini membuat kacang merah sangat efektif untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. Kandungan antioksidan pada kacang merah juga dapat mencegah kemungkinan diabetes gestasional serta membantu merawat kulit ibu dan bayi.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu memperkuat imun tubuh. Berbagai kandungan asam amino esensial di dalamnya dapat membantu melawan berbagai penyakit dan infeksi. Pada akhirnya, kondisi ini bisa memperkuat sistem kekebalan ibu hamil.

3. Menurunkan risiko kekurangan zat besi

Tidak sedikit ibu hamil mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Kacang merah merupakan salah satu makanan sumber zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Ini juga bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan kognitif bayi.

4. Mengandung serat makanan

Kacang merah mengandung serat makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, dan kolesterol selama kehamilan. Serat makanan pada kacang merah juga bermanfaat menyehatkan pencernaan, terutama usus besar.
Gambar ibu hamil muda sedang mual, bisa diredakan dengan kacang merah
Kacang merah bisa bantu redakan mual pada ibu hamil

5. Menghilangkan mual

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Salah satu penyebab kondisi ini bisa terjadi adalah keberadaan asam empedu dan kacang merah bisa membantu mengikat asam tersebut sehingga rasa mual bisa berkurang.

6. Menambah energi

Kandungan magnesium pada kacang merah juga dapat membantu merelaksasi pembuluh darah, otot, dan saraf. Hal ini berdampak berkurangnya rasa lelah dan bertambahnya energi selama masa kehamilan.

7. Menurunkan risiko nyeri otot

Kacang merah dapat membantu mencegah kondisi nyeri otot dan asma memburuk selama kehamilan. Ini berkat kandungan magnesium yang bermanfaat menjaga fungsi otot yang sehat.Magnesium juga dapat mengendurkan otot-otot di sekitar saluran bronkial yang dapat membantu penderita asma. Tentunya dengan catatan bahwa ibu hamil tidak memiliki alergi terhadap kacang merah.

8. Membantu meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan aktivitas enzim di dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan tembaga di dalamnya yang juga bermanfaat mengurangi peradangan serta membantu menjaga sifat elastis sendi, pembuluh darah, dan ligamen yang dapat membantu memudahkan proses persalinan kelak.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi kacang merah

Kacang merah memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. Pasalnya, kacang merah mengandung beberapa zat yang bisa menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh, seperti:
  • Protein beracun fitohaemaglutinin
  • Asam fitat yang dapat mengganggu penyerapan berbagai mineral
  • Penghambat alfa-amilase yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat.
Namun, jika diolah dengan benar, risiko munculnya efek samping akibat zat tersebut akan sangat minimal. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan hal berikut ini untuk mendapatkan manfaat kacang merah untuk ibu hamil dan menghindari efek sampingnya:
  • Rendam kacang merah dalam air selama minimal 5 jam sebelum dimasak
  • Rebus pada suhu 212°F (100 °C) setidaknya selama 10 menit.
  • Jangan mengonsumsi kacang merah dalam kondisi mentah atau setengah matang. Pastikan kacang merah benar-benar matang dan kulitnya empuk sebelum dimakan.
  • Jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan. Kebutuhan serat harian adalah sekitar 25-38 gram per hari.
  • Anda dapat mengonsumsi 1-2 mangkuk kacang merah per hari, 3-4 kali seminggu.
Itulah manfaat kacang merah untuk ibu hamil. Segera hubungi dokter jika Anda merasakan reaksi alergi atau keracunan makanan setelah mengonsumsi kacang merah.
makanan sehatmakanan untuk hamilibu hamil makan durianbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/kidney-beans
Diakses 10 November 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-rajma-kidney-beans-during-pregnancy-benefits-and-risks/
Diakses 10 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-kidney-beans#2
Diakses 10 November 2021
Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/uk/health/health-advice/a558641/how-to-help-improve-asthma/
Diakses 10 November 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/what-to-eat-when-pregnant-the-12-best-foods_10392775
Diakses 10 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait