8 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

(0)
10 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang macadamia, salah satu jenis kacang termahal di seluruh dunia.Kacang macadamia, si mahal yang punya banyak manfaat kesehatan.
Kacang macadamia menyandang predikat sebagai kacang termahal di dunia. Tidak heran, karena para petani membutuhkan waktu sekitar 7-10 tahun untuk merawat hingga akhirnya memanennya.Siapa sangka, di balik mahalnya harga kacang yang berasal dari Australia ini, terdapat banyak manfaat kesehatan yang dapat kita petik?

Kacang macadamia dan manfaatnya untuk kesehatan

Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang macadamia memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Kacang macadamia juga seringkali dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit.Berikut ini adalah manfaat kacang macadamia beserta penjelasan ilmiahnya.

1. Kaya nutrisi

Kacang macadamia
Kacang macadamia
Kacang macadamia mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat menguntungkan kesehatan Anda. Berikut ini kandungan nutrisi yang dapat ditemukan dalam 28 gram kacang macadamia:
  • Kalori: 204
  • Lemak: 23 gram
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Gula: 1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Mangan: 58% dari kebutuhan harian
  • Tiamin (Vitamin B1): 22% dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 11% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 9% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 5% dari kebutuhan harian
Berbagai riset membuktikan, sebagian besar lemak dalam kacang macadamia merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

2. Bersifat antioksidan

Berbagai macam antioksidan yang dikandung kacang macadamia sangat baik untuk kesehatan. Misalnya, flavonoid, yang bisa mengatasi peradangan dan menurunkan kolesterol. Ditambah lagi, kacang macadamia merupakan salah satu jenis kacang dengan kandungan flavonoid tertinggi.Selain itu, kacang berukuran kecil ini juga mengandung tokotrienol. Sama seperti flavonoid, tokotrienol (salah satu betuk vitamin E) juga ampuh menurunkan kolesterol, bahkan mencegah kanker.

3. Menyehatkan jantung

Berbagai riset membuktikan, mengonsumsi 8-42 gram kacang macadamia setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat maupun kolesterol total hingga 10%. Lebih dari itu, kacang macadamia juga mengandung lemak baik. Tidak heran kalau kacang ini dipercaya dapat menyehatkan jantung.

4. Menurunkan risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi medis, seperti diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. Beberapa penelitian pun membuktikan, diet yang diperkaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal, dapat mengatasi sindrom metabolik. Tahukah Anda kalau kacang macadamia mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi?Sebuah penelitian menyatakan, pola makan yang diperkaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan faktor risiko sindrom metabolik pada pasien diabetes tipe 2.

5. Mencegah kanker

Kacang macadamia mengandung satu jenis vitamin E bernama tokotrienol. Menurut berbagai studi, antioksidan ini memiliki kemampuan antikanker yang cukup kuat.Kacang macadamia juga mengandung flavonoid, yang dapat mengalahkan kanker dengan cara menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan otak

Selain mencegah kanker, antioksidan tokotrienol yang dikandung kacang macadamia juga memiliki kehebatan dalah menjaga kesehatan otak.Suatu riset menemukan, suplemen yang mengandung tokotrienol tinggi mampu menjaga sel otak dari efek glutamat, yang seringkali menyebabkan Parkinson ataupun penyakit Alzheimer.

7. Berpotensi mencegah kenaikan berat badan

Kacang macadamia mengandung omega-7 yang cukup tinggi. Komponen ini dipercaya dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih.Dalam penelitian pada hewan uji, berat badan domba bisa turun sebanyak 77% setelah mengonsumsi omega-7 selama 28 hari. Namun sayang, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikannya.

8. Mencegah rasa lapar berlebihan

Kacang macadamia mengandung protein, lemak baik, dan serat. Secara bersama-sama, ketiganya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.Sebab, tubuh akan mencerna lemak lebih lama. Sementara itu, protein dan serat mampu mencegah perubahan kadar gula darah yang seringkali menyebabkan munculnya rasa lapar.

Peringatan sebelum mengonsumsi kacang macadamia

Kacang macadamia
Kacang macadamia
Hati-hati, jangan mudah tergiur dengan berbagai manfaat kacang macadamia di atas. Meskipun benar bahwa kacang macadamia bisa menguntungkan, terdapat beberapa peringatan yang harus diingat sebelum Anda mengonsumsinya.
  • Tinggi kalori

Satu cangkir (132 gram) kacang macadamia mengandung 950 kalori. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka kerugian bisa datang. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengonsumsinya dengan sayuran.Sebagai rekomendasi, geruslah kacang macadamia menjadi halus, kemudian taburkan di atas salad sayur. Namun ingat, porsinya jangan sampai berlebihan!
  • Jangan memanggangnya dengan suhu terlalu panas

Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi kacang macadamia panggang dapat menurunkan berbagai kadar nutrisinya. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsinya mentah (dalam keadaan bersih) atau memanggangnya dengan suhu yang tak terlalu panas.
  • Jangan asal beli kacang macadamia

Tidak semua kacang macadamia yang dijual di pasaran dapat bermanfaat bagi kesehatan. Jika Anda ingin membelinya, cek dulu kandungan nutrisi yang biasanya ada di bungkusnya.Pilihlah kacang macadamia yang tak mengandung garam, gula, atau minyak tambahan.
  • Alergi

Hati-hati, alergi kacang sangat berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa. Siapapun yang memiliki alergi kacang disarankan untuk tidak mengonsumsi atau menghirup aroma kacang yang ada di sekitarnya, termasuk kacang macadamia.

Catatan dari SehatQ:

Bagi Anda yang tidak memiliki alergi kacang, cobalah lezatnya kacang macadamia! Kacang yang dikenal mahal ini memang memiliki banyak nutrisi yang mengutungkan kesehatan Anda.Namun jangan lupa, pilihlah kacang macadamia murni yang tidak mengandung garam, gula, ataupun minyak tambahan.
makanan sehatalergi kacanghidup sehatbuah dan sayuran
South Florida Reporter. https://southfloridareporter.com/the-macadamia-is-the-most-expensive-nut-in-the-world/
Diakses pada 29 Juli 2020
Elite Readers. https://www.elitereaders.com/macadamia-nuts-worlds-most-expensive/
Diakses pada 29 Juli 2020
Healthline. https://www.elitereaders.com/macadamia-nuts-worlds-most-expensive/
Diakses pada 29 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324233#metabolic-syndrome-and-diabetes
Diakses pada 29 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait