Manfaat kenari bagi kesehatan
Punya rasa yang enak, ternyata kenari punya manfaat menyehatkan bagi tubuh

Kacang kenari jarang ditemukan dalam bentuk utuhnya, tetapi Anda bisa menemukan kacang yang berbentuk bundar ini di dalam kue ataupun hidangan tertentu. Rasanya yang khas membuat beberapa orang menyukai kacang kenari.

Di samping menjadi camilan, kacang ini juga berguna untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat kacang kenari bagi kesehatan?

Apa saja manfaat kacang kenari untuk kesehatan?

  • Menjaga berat badan

Manfaat kacang kenari yang satu ini cukup unik karena sebenarnya kacang kenari memiliki kalori yang besar. Namun, kalori dalam kacang kenari hanya diserap oleh tubuh kurang dari 21 persen! Tidak hanya itu, kacang kenari juga mampu mengontrol nafsu makan Anda.

  • Baik untuk pencernaan

Mengonsumsi kacang kenari tiap hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kacang kenari memiliki senyawa yang menambah jumlah bakteri yang memproduksi lemak butirat yang memberikan nutrisi untuk pencernaan.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat kacang kenari yang berikutnya adalah menurunkan tekanan darah. Sebaiknya konsumsi 28 gram kacang kenari tiap harinya untuk menjaga tekanan darah Anda.

  • Melindungi organ jantung

Kacang kenari mampu mencegah Anda terkena stroke dan penyakit jantung. Hal ini karena kacang kenari bisa menurunkan tekanan darah dan peradangan, serta membasmi radikal bebas yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

  • Baik untuk tulang

Manfaat kacang kenari dalam menjaga kesehatan tulang dikarenakan kandungan mineral tembaga dan mangan di dalamnya. Kekurangan tembaga dalam tubuh mampu menurunkan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Selain itu, senyawa tembaga juga berfungsi untuk menjaga elastin dan kolagen yang membentuk tubuh.

  • Mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh

Memakan kacang kenari mampu mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida yang dituding sebagai salah satu hal yang menambah peluang seseorang mengalami penyakit jantung.

  • Meningkatkan fungsi otak

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi kacang kenari diyakini mampu meningkatkan fungsi otak dengan mengurangi peradangan dan radikal bebas. Kacang kenari dinilai bermanfaat untuk mengoptimalkan proses berpikir dan meningkatkan memori.

  • Menjaga kesehatan reproduksi pria

Keunikan manfaat kacang kenari lainnya adalah menjaga kesehatan sperma dan kesuburan pria. Mengonsumsi kacang kenari sebanyak 75 gram tiap harinya mampu meningkatkan bentuk, mobilitas, dan vitalitas sperma.

Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk menelaah manfaat kacang kenari terhadap sperma dan kesuburan pria.

  • Mengendalikan tingkat gula darah

Kadar gula darah bisa menurun tidak hanya karena kemampuan kacang kenari dalam menjaga berat badan. Faktanya, kacang kenari memang dapat menurunkan gula darah secara langsung.

Akan tetapi, tidak berarti Anda hanya mengonsumsi kacang kenari dan mengabaikan obat diabetes Anda, karena penurunan gula darah bisa didapatkan dengan penerapan gaya hidup yang sehat dan keteraturan mengonsumsi obat diabetes yang dianjurkan.

  • Mengurangi peradangan dalam tubuh

Peradangan yang berlebih dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, dan sebagainya. Kandungan polifenol dalam kacang kenari sangat berperan dalam mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas.

  • Menjaga fungsi tubuh

Seiring bertambahnya usia, Anda semakin perlu untuk menjaga kesehatan fisik agar tetap bugar. Manfaat kacang kenari lainnya adalah menjaga kemampuan fisik Anda, tetapi Anda tetap perlu memadukannya dengan pola makan yang sehat.

  • Mengurangi risiko kanker

Kabar baik untuk Anda! Kacang kenari memiliki kandungan urolithin yang dapat mengurangi peluang Anda terkena kanker payudara, kolorektal, dan prostat. Akan tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan manfaat kacang kenari yang satu ini.

Efek samping di balik manfaat kacang kenari

Memang terdapat segudang manfaat kacang kenari untuk kesehatan, tetapi mengonsumsi kacang kenari secara berlebih dapat memicu diare. Orang-orang yang memiliki perut sensitif, seperti penderita irritable bowel syndrome, sebaiknya mengurangi konsumsi kacang kenari.

Selain itu, kacang kenari juga tinggi kalorinya, karenanya Anda tetap perlu mengonsumsinya secukupnya.

Bila Anda memiliki alergi kacang, jangan mengonsumsi kacang kenari. Sebaiknya, jangan berikan kacang kenari kepada anak-anak karena kacang kenari dapat membuat anak tersedak.

Manfaat kacang kenari bagi kesehatan sangat menggirukan, tetapi tidak berarti Anda hanya mengonsumsi kacang kenari saja. Menjaga kesehatan memerlukan paduan antara pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-walnuts#section5
Diakses pada 6 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/309834.php
Diakses pada 6 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed