Gemar Menyantap Kacang Hijau? Intip Sederet Manfaatnya untuk Kesehatan

Terdapat beragam manfaat kacang hijau yang sayang untuk dilewatkan
Ada banyak manfaat kacang hijau di balik kelezatannya

Kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur, isian bakpia atau onde-onde, hingga minuman kemasan. Banyak yang menyukai kacang hijau karena rasanya yang lezat dan harganya yang relatif murah.

Namun bukan itu saja, kacang hijau juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kacang hijau untuk kesehatan sangatlah beragam, mulai dari menjaga kehamilan, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Sebelum menyelam langsung ke dalam manfaat kacang hijau, mari kita simak nutrisi apa saja yang ada di balik kacang mungil ini.

Nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau

Nama lain kacang hijau adalah mung bean atau vigna radiata. Kacang berukuran kecil ini termasuk dalam jenis tumbuhan polong. Kacang ini telah dibudidayakan sejak dulu, dan menyebar ke berbagai wilayah, seperti India, Tiongkok, dan beberapa negara Asia Tenggara.

Kacang hijau kaya akan vitamin dan mineral. Bukan hanya itu, kacang hijau juga merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Satu cangkir kacang hijau rebus (sekitar 7 ounces atau 202 gram) mengandung:

  • 212 kalori
  • 38,7 gram karbohidrat
  • 15,4 gram serat
  • 0,8 gram lemak
  • 14,2 gram protein
  • Folat 80% 
  • Magnesium 24% 
  • Mangan 30% 
  • Fosfor 20%
  • Vitamin B1 22%
  • Potasium 16%
  • Zat besi 16%
  • Seng 11%
  • Kalium 15%

Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B2, B3, B5, B6, dan selenium. Kacang ini pun kaya akan asam amino esensial yang tak dapat diproduksi oleh tubuh, seperti fenilalanin, isoleusin, leusin, lisin, arginin, valin, dan lainnya. Jika kacang hijau yang dikonsumsi telah berkecambah, maka komposisi nutrisi dapat berubah.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Tak hanya lezat disantap, kandungan nutrisi yang begitu melimpah membuat kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan, di antaranya:

  • Baik untuk kehamilan dan fungsi tubuh

Kacang hijau merupakan sumber vitamin B yang baik. Nutrisi ini diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu menjaga kesehatan otak. Khususnya vitamin B9 (folat), yang dapat pembentukan DNA pada tubuh.

Selain itu, folat juga sangat penting dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena dapat membantu mencegah beberapa kelainan kelahiran.

  • Mengurangi risiko penyakit kronis

Kacang hijau mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid, asam fenolik, asam cinnamic, asam caffeic, dan lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau dapat membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Studi juga menunjukkan bahwa antioksidan pada kacang hijau dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker pada sel paru-paru dan lambung.

  • Mencegah heatstroke

Antioksidan vitexin dan isovitexin yang terkandung dalam kacang hijau dapat mencegah sengatan panas atau heatstroke. Kacang hijau diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi tubuh dari heatstroke dan suhu tinggi.

Selain itu, antioksidan dalam kacang hijau juga bisa membantu mempertahankan sel yang cedera akibat radikal bebas ketika terjadi heat stroke.

  • Menurunkan kolesterol jahat LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung

Tingginya kolesterol jahat LDL mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam kacang hijau bisa menurunkan kolesterol LDL darah, dan melindungi LDL berinteraksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

  • Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi bisa berujung pada masalah kesehatan yang serius, terutama diabetes. Namun, serat dan protein pada kacang hijau dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, kacang hijau juga bisa menjaga kadar gula darah tetap rendah.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium, magnesium, dan serat dalam kacang hijau dipercaya memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Kacang ini baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi karena manfaatnya.Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius karena adanya risiko penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kacang hijau terdiri dari berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat larut yang disebut pektin dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan usus, serta mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

Sementara, pati yang terkandung dalam kacang hijau mampu memelihara bakteri sehat dalam usus. Selanjutnya, pati pun dicerna menjadi butirat (asam lemak rantai pendek) yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Menurunkan berat badan

Serat dan protein dalam kacang hijau dapat menekan hormon rasa lapar (ghrelin) dan mendorong hormon rasa kenyang (Peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin) sehingga nafsu makan Anda berkurang. Berkurangnya nafsu makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Melawan pertumbuhan kanker

Kekuatan antioksidan yang tinggi dalam kacang hijau mampu melawan pertumbuhan kanker. Selain itu, kacang hijau juga menunjukkan aktivitas antitumor, mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.

Flavonoid yang terkandung dalam kacang hijau juga dapat mengurangi stres oksidatif yang berperan dalam pembentukan kanker.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Nutrisi kacang hijau mengandung berbagai fitonutrien yang bersifat antimikroba dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimiliki kacang hijau berguna dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan bakteri berbahaya, virus, ruam, iritasi, pilek, dan lainnya.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat kacang hijau untuk kesehatan tersebut. Jika Anda tertarik mengonsumsi kacang hijau maka Anda dapat membelinya di pasar, supermarket, ataupun secara online.

Anda dapat mengonsumsi kacang hijau sebagai bubur, sup, kari, kue, salad, minuman ataupun berbagai olahan lainnya. Perbanyaklah minum air ketika mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang hijau. Mengonsumsi kacang hijau secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Hentikan mengonsumsi kacang hijau jika Anda mengalami perut kembung, diare, pusing, mual dan muntah. Selain itu, jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan maka konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi kacang hijau. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan Anda dalam mengonsumsi kacang hijau.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans#section10
Diakses pada 20 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324156.php
Diakses pada 20 September 2019

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/legumes/mung-beans-nutrition/.
Diakses pada 20 September 2019.

Artikel Terkait

Banner Telemed