logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizi Lengkapnya

open-summary

Manfaat kacang almond sangat banyak, mulai dari mengurangi berat badan hingga meningkatkan libido pria. Namun, kandugan gizi kacang almond yang tinggi memiliki risiko efek samping yang perlu diperhatikan jika mengonsumsi kacang almond berlebihan.


close-summary

8 Jan 2020

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Selain nikmat kacang almond punya manfaat yang menyehatkan

Manfaat kacang almond sangat baik untuk tubuh

Table of Content

  • Kandungan kacang almond yang tinggi nutrisi
  • Manfaat kacang almond untuk kesehatan
  • Berapa banyak konsumsi kacang almond per hari?
  • Efek samping konsumsi kacang almond
  • Pesan dari SehatQ

Sedang mencari camilan yang sehat dan punya rasa yang enak? Kacang almond bisa menjadi pilihan yang tepat. Kacang almond memiliki rasa yang enak dan kaya dengan nutrisi. Kacang ini juga memiliki bulir yang besar sehingga terasa mengenyangkan saat dimakan.

Advertisement

Saat ini almond dijadikan camilan dengan berbagai rasa seperti madu, susu, dan banyak lagi. Selain lezat, kacang ini punya banyak manfaat yang menyehatkan untuk tubuh, lho.

Baca Juga

  • Perbedaan Manfaat Roti Sourdough dengan Roti Biasa
  • Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Berjudi
  • Tak Cuma Buahnya, Manfaat Biji Anggur Ini Juga Patut Dicoba!

Kandungan kacang almond yang tinggi nutrisi

Kacang almond mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari lemak sehat hingga protein.

Dalam 28 gramnya, kandungan kacang almond adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 164
  • Lemak: 14,2 gram
  • Karbohidrat: 6.1 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Gula: 1,2 gram
  • Protein: 6 gram

Selain nutrisi di atas, kacang almond juga mengandung sejumlah mineral, seperti mangan, magnesium, tembaga, fosfor, kalium, zinc, kalsium, zat besi, hingga selenium.

Kalori kacang almond tergolong tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Namun, kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah.

Baca juga: Manfaat Minyak Almond untuk Rambut Serta Cara Menggunakannya

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Kacang almond mengandung vitamin, mineral, protein, dan serat yang berguna bagi tubuh. Adapun khasiat kacang almond bagi kesehatan adalah:

1. Mengurangi berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan mengganti cemilan? Cobalah kacang almond sebagai kudapan sehat Anda. 

Ada beberapa riset yang mengkaji manfaat kacang almond untuk diet. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond membantu memberikan rasa kenyang sehingga menurunkan asupan makan. Penelitian ini melibatkan 32 responden perempuan sehat.

Penelitian lainnya dalam jurnal International Journal of Obesity juga melaporkan, responden yang mengonsumsi kacang almond berhasil mengalami penurunan berat badan dengan persentase yang lebih tinggi dibandingkan kelompok responden non-almond. 

Manfaat kacang almond untuk diet dikembalikan pada efeknya yang mengenyangkan dan berpotensi mencegah binge eating.

Kacang almond juga mengandung lemak baik sekaligus membantu metabolisme lemak yang dapat mendukung program penurunan berat badan Anda.

Namun, hati-hati jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan. Kacang almond memiliki kandungan kalori yang tinggi.

2. Menambah libido pria

Siapa sangka kacang ini bisa meningkatkan libido pria. Asam lemak dalam kacang almond membantu memacu produksi hormon yang mengatur hasrat seksual.

3. Membantu tidur lebih cepat

Manfaat kacang almond salah satunya adalah membantu tidur lebih nyenyak
Makan kacang almond membantu Anda tidur lebih cepat

Sulit menutup mata saat malam hari? Konsumsi kacang almond untuk membuat Anda tidur lebih cepat. Protein dan magnenisum dalam almond mampu membuat Anda tetap tertidur di malam hari.

4. Tinggi vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer, kanker, dan penyakit jantung.

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu Anda terhindar dari tekanan darah tinggi yang menjadi asal muasal dari gagal ginjal, stroke, dan penyakit jantung.

6. Mengontrol gula darah

Kacang almond bisa menjadi cemilan ideal bagi penderita diabetes. Manfaat kacang almond untuk diabetes berasal dari kandungan almond yang kaya akan karbohidrat yang rendah serta serat, protein, dan lemak baik yang tinggi.

Manfaat kacang almond dalam menurunkan kadar gula darah juga terbantu karena kandungan magnesium di dalamnya. Senyawa magnesium membantu kinerja insulin dan mengurangi resistensi insulin.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang almond lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan menjaga tingkat kolesterol baik HDL. Tidak hanya itu, kacang almond juga mampu mencegah oksidasi dari kolesterol LDL yang dapat berujung ke penyakit jantung.

8. Baik untuk jantung

Manfaat kacang almond untuk jatung berasal dari kandungan lemak sehatnya. Selain lemak baik, ada juga kandungan serat, antioksidan flavonoid, dan vitamin E yang berkontribusi dalam melindungi organ vital Anda.

9. Menjaga kesehatan tulang

Kacang almond mengandung kalsium, fosfor mangan, magnesium, vitamin K, protein, zinc, dan tembaga yang dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang Anda.

10. Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi kacang almond berpotensi untuk memperkecil peluang Anda mengalami kanker payudara. Akan tetapi, riset masih dibutuhkan untuk mengkonfirmasi manfaat kacang almond dalam mengurangi risiko kanker payudara.

11. Berdampak untuk kesehatan mental

Uniknya, menghancurkan kacang almond membantu mengurangi agresivitas dan membuat Anda menjadi lebih rileks. Tidak hanya menghancurkan kacang almond, mengonsumsinya dapat mengurangi depresi dan kecemasan.

12. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E pada kacang almond bukan hanya baik untuk jantung, tapi juga dapat menyehatkan kulit. Antioksidan dalam kacang almond dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya dan sehat. 

Kandungan protein dan vitamin pada almond juga dapat mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga akan membuat kulit tampak lembut dan lembut.

Baca juga: Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh, Lezat dan Tinggi Nutrisi

Berapa banyak konsumsi kacang almond per hari?

Manfaat kacang almond bisa didapatkan asal Anda mengonsumsi secukupnya
Kacang almond mengandung kalori yang cukup tinggi

Cobalah untuk membatasi asupan kacang almond sebesar 1 ons atau sekitar 23 butir kacang. Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu ons kacang almond mengandung:

  • 164 kalori
  • 6 gram protein
  • 3,5 gram serat

Meskipun terdapat berbagai manfaat kacang almond yang menggiurkan bagi kesehatan, Anda tetap harus mengonsumsi kacang almond secukupnya. Beberapa butir kacang almond sudah membuat perut terasa kenyang. 

Efek samping konsumsi kacang almond

Mengonsumsi kacang almond secara berlebih berpotensi membuat Anda mengalami kenaikan berat badan akibat konsumsi kalori dan lemak yang tinggi. Kandungan tinggi seratnya juga bisa memicu sembelit jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Risiko efek samping lainnya adalah mengalami interaksi obat. Pasalnya, kacang almond mengandung mangan, yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu interaksi dengan obat tertentu.

Anda juga berisiko mengalami overdosis vitamin E yang dapat memicu sakit kepala, kelelahan, penglihatan mengabur, dan diare. Konsumsi kacang almond terlalu banyak juga dapat membuat Anda kembung dan sembelit karena konsumsi serat yang berlebih.

Selain itu, kacang almond juga bisa memicu reaksi alergi, seperti pembengkakan pada area tubuh, gatal-gatal, hingga sulit bernapas. 

Pesan dari SehatQ

Hindari mengonsumsi kacang almond jika Anda mengonsumsi obat tekanan darah, antibiotik, obat pencahar, antasida, atau obat antipsikotik. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi kacang almond jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehathidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved