13 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Apa Saja?


Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya sangatlah melimpah. Sebab, kacang almond mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

(0)
15 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya sangat melimpah!Manfaat kacang almond untuk ibu hamil tak lepas dari kandungan nutrisinya.
Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya tidak boleh diremehkan. Sebab, kacang ini mengandung banyak nutrisi yang agar mencapai kehamilan sehat.Ditambah lagi, ibu hamil makan kacang almond ternyata terbukti aman, tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.Mari kenali berbagai manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya ini.

10 manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya

Selain lezat, kacang almond juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Kacang ini bahkan juga bisa dimakan langsung ketika mentah, asalkan dibersihkan terlebih dahulu.Tidak hanya itu, olahan kacang almond untuk ibu hamil bisa berupa dipanggang susu almond untuk ibu hamil. Terlepas dari cara mengonsumsinya, almond kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu dan janin.Berikut manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya yang tidak boleh diremehkan.

1. Mengandung banyak nutrisi

Berbagai manfaat kacang almond untuk ibu hamil tidak lepas dari kandungan nutrisinya. Berikut adalah kandungan nutrisi di setiap 28 gram kacang almond:
  • Serat: 3,5 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 14 gram (9 gram-nya berasal dari lemak tak jenuh tunggal)
  • Vitamin E: 37 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Mangan: 32 persen dari RAH
  • Magnesium: 20 persen dari RAH
Selain itu, kacang almond juga mengandung sedikit mineral tembaga, vitamin B2 (riboflavin), dan juga fosfor.Jadi tidak heran kalau manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya sangat baik.

2. Membantu perkembangan otak bayi

Tahukah Anda kalau kacang almond mengandung asam folat? Senyawa ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan saraf dan otak bayi.Asam folat juga berguna untuk mencegah spina bifida atau cacat tabung saraf pada janin.Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, ibu hamil disarankan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya.Selain mengonsumsi vitamin prenatal yang diberikan dokter, cobalah konsumsi sumber asam folat alami, seperti kacang almond maupun susu almond untuk ibu hamil.

3. Mencegah gangguan metabolisme pada bayi

Kacang almond dipercaya dapat mencegah gangguan metabolisme pada bayi karena mengandung lemak sehat dan juga karbohidrat.Ditambah lagi, kacang almond bisa mencegah risiko munculnya stres oksidatif, peradangan, dan naiknya gula darah.Dalam hal ini, kenaikan gula darah pada ibu dan janin mampu diatasi berkat kandungan magnesium pada almond.Biasanya, risiko gangguan metabolisme pada bayi akan meningkat karena ibunya mengidap obesitas (kelebihan berat badan) dan diabetes selama fase kehamilan.

4. Mencegah naiknya berat badan berlebih saat hamil

Bagi bumil yang takut berat badannya naik drastis, manfaat kacang almond yang satu ini tentu sangat menggiurkan.Perlu diketahui, kacang almond dipercaya dapat menurunkan hormon ghrelin (hormon yang mengatur rasa lapar). Ditambah lagi, kacang ini juga bisa meningkatkan kadar hormon leptin yang mampu mencegah naiknya nafsu makan. Dengan begitu, berat badan pada masa kehamilan tidak akan naik.

5. Mengandung zat besi

manfaat kacang almond untuk ibu hamil tak lepas dari kandungan zat besinya
Manfaat kacang almond untuk ibu hamil tak lepas dari kandungan zat besinya
Dalam setiap 28 gram kacang almond, terdapat 1,1 miligram atau sekitar 6 persen dari RAH zat besi di dalamnya.Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memproduksi sel darah merah yang lebih banyak.Saat ibu hamil tidak mendapatkan pasokan zat besi yang cukup, risiko anemia pada ibu hamil bisa meningkat. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berbahaya.

6. Mencegah anak dari alergi

Menurut sebuah studi terbitan Journal of Allergy and Clinical Immunology, mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang almond, dapat melindungi anak dari alergi ketika ia sudah lahir. Jadi tidak ada salahnya menyisipkan kacang-kacangan ke dalam menu makan Anda selama hamil.

7. Mencegah asma

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya ini datang dari kandungan vitamin E dan zinc-nya.Menurut sebuah penelitian dari American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, kedua nutrisi ini dipercaya dapat mencegah bayi dari penyakit asma saat ia sudah terlahir ke dunia.

8. Memberikan stamina untuk ibu hamil

Bila Anda memilih almond sebagai cemilan ibu hamil merupakan keputusan yang tepat.Kacang almond mengandung protein yang cukup tinggi. Perlu diingat, protein memiliki peran penting untuk menyediakan energi dan stamina bagi ibu hamil.Selain itu, ibu hamil membutuhkan stamina yang kuat untuk menyambut proses persalinan.Protein yang dikandung kacang almond juga bisa mendukung perkembangan bayi dan mencegah kenaikan berat badan pada ibu hamil.Jadi, almond dapat dikategorikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil, termasuk bila diolah dalam bentuk susu almond untuk ibu hamil.

9. Mengatasi sembelit

Sembelit saat hamil adalah gejala umum yang bisa dirasakan. Untungnya, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dapat mencegah keluhan ibu hamil yang satu ini.Kacang ini mengandung kadar serat yang cukup tinggi sehingga masalah pencernaan dapat teratasi.

10. Memperkuat tulang janin

Di dalam setiap 28 gram kacang almond, terdapat 75 miligram kalsium di dalamnya. Peran mineral ini sangat penting untuk ibu hamil karena dapat memperkuat tulang janin.

11. Mengontrol tekanan darah

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil lainnya adalah mengontrol tekanan darah agar tidak terjadi hipertensi dalam kehamilan hingga menyebabkan preeklampsia.Preeklampsia adalah masalah kehamilan yang menimbulkan risiko kesehatan bagi janin. Kandungan kalsium dalam kacang almond untuk ibu hamil terbukti mampu mengontrol tekanan darah.

12. Kaya antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Rupanya, vitamin E bekerja sebagai antioksidan.Vitamin E ini tidak hanya merawat kesehatan kulit ibu, tapi juga kulit bayi.Kulit ibu pun tidak rentan terhadap stretch mark saat hamil karena kelembapan kulit pun terjaga karena asupan vitamin E dari kacang almond.

13. Menjaga fungsi jantung janin

Rupanya, manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga berguna untuk meningkatkan fungsi jantung janin.Hal ini dikarenakan kacang almond kaya akan zat besi. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi dalam bentuk utuh maupun diolah menjadi susu almond untuk ibu hamil.

Efek samping kacang almond selama kehamilan

manfaat kacang almond untuk ibu hamil memang melimpah, namun hati-hati dengan efek sampingnya
Hati-hati, kacang almond juga bisa menimbulkan efek samping
Meskipun terdapat banyak manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya, ada sejumlah efek samping yang harus diwaspadai.

1. Meningkatkan berat badan

Saat dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kacang almond dapat membantu ibu hamil menjaga berat badannya.Namun, jika dikonsumsi berlebihan, kacang almond malah bisa meningkatkan berat badan karena mengandung kalori dan lemaknya yang cukup tinggi.

2. Meningkatkan risiko kelahiran prematur

Kacang almond mengandung mineral mangan yang cukup tinggi, sekitar 0,6 miligram. Menurut sebuah studi terbitan Global Journal of Health Science, jika mangan dikonsumsi berlebihan, mineral ini dapat menyebabkan kelahiran prematur.

3. Reaksi alergi

Memang benar kacang almond aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, jika ibu hamil punya alergi terhadap kacang, jangan sekali-kali mencoba mengonsumsi kacang almond karena bisa menyebabkan reaksi alergi, seperti ruam dan sulit bernapas.

Catatan dari SehatQ

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janinnya sangatlah melimpah. Tapi ingat, ketika dikonsumsi berlebihan, akan ada efek samping yang malah merugikan.Untuk mengetahui seputar kacang almond maupun susu almond untuk ibu hamil, Anda bisa konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan sehatmenjaga kehamilanhidup sehatbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/a-quick-guide-to-eating-almonds-while-pregnant/
Diakses pada 1 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 1 Oktober 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/amazing-benefits-of-eating-almonds-during-pregnancy_0087519/
Diakses pada 1 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait