Manfaat Kabocha, Labu Kuning Jepang Kaya Vitamin untuk MPASI Si Kecil

0,0
18 Dec 2020|Azelia Trifiana
MPASI labu kuning atau kabocha menjadi pilihan menu makanan yang tepat dan bernutrisiMPASI labu kuning atau kabocha bisa menjadi menu sumber vitamin A
Kabocha atau labu jepang termasuk primadona menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak-anak karena rasanya yang manis dan teksturnya lembut. Tak hanya itu, memberikan menu MPASI labu kuning kabocha juga merupakan pilihan yang tepat karena buah ini mengandung tinggi vitamin A, vitamin C, dan juga magnesium. Dibandingkan dengan ubi dan labu, kabocha memiliki indeks glikemik lebih rendah. Artinya, mengonsumsinya tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam.
Lantas apa saja manfaat kabocha dan bagaimana cara mengolah kabocha untuk menu MPASI labu kuning bayi? Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan nutrisi kabocha untuk bayi

Dalam 245 gram kabocha matang, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,2 gram
  • Sodium: 2,5 mg
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: 2,7 gram
  • Gula: 5,1 gram
  • Protein: 1,8 gram
Selain itu, dikutip dari One Green Planet, kabocha kaya akan antioksidan beta-karoten yang juga dikenal dengan vitamin A. Satu porsi MPASI labu kuning kabocha bisa memberikan Anda 70 persen kebutuhan vitamin A harian.Kulit labu kabocha juga kaya akan serat dan juga sumber zat besi, vitamin C dan sejumlah vitamin B. Kadar kalori dan karbohidrat dari labu jepang ini bergantung pada bagaimana proses pengolahannya. Menambahkan butter, gula, atau sirup akan menambah kadar kalorinya.

Manfaat labu kuning kabocha untuk kesehatan

menyuapi bayi
Kabocha baik untuk MPASI bayi
Berikut ini beberapa manfaat labu kuning jepang atau kabocha untuk kesehatan si kecil, yaitu:

1. Kaya vitamin dan mineral

Jika mencari karbohidrat yang bisa menjadi sumber vitamin A, kabocha jawabannya. Di dalamnya ada kandungan vitamin A yang sudah memenuhi 300% kebutuhan harian. Tak hanya itu, labu jepang ini juga mengandung zat besi, kalsium, potasium, dan magnesium. Selain vitamin A, ada pula vitamin B dan vitamin C di dalamnya.

2. Baik untuk kesehatan mata

Untuk bisa berfungsi secara optimal, tubuh memerlukan vitamin A. Tak terkecuali pada anak-anak yang memerlukan cukup asupan vitamin demi menjaga kesehatan mata mereka. Tak hanya itu, menu MPASI labu kuning kabocha bisa menjadi sumber zeaxanthin dan lutein, jenis karoten yang bisa menjaga kesehatan mata.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pada buah dan sayuran berwarna kuning, terdapat betakaroten yang meningkatkan imunitas. Vitamin A di dalamnya juga bisa melindungi bayi dari infeksi. Jangan lupakan pula ada kandungan vitamin C yang bisa membantu mencegah terjadinya komplikasi saat anak terkena demam.

4. Melancarkan pencernaan

Apabila si kecil tidak BAB selama beberapa hari, coba berikan variasi menu dengan olahan labu jepang di dalamnya. Kandungan serat sebanyak 7 gram dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus mencegah konstipasi. Jangan lupa berikan pula pijat saat bayi kembung untuk membuat mereka merasa nyaman.

5. Memperkuat tulang

Labu jepang mengandung 17% kebutuhan mangan harian. Mineral ini membantu menjaga kesehatan struktur tulang dan memaksimalkan kemampuan tubuh menyerap kalsium. Tak hanya itu, vitamin C juga membantu produksi kolagen yang bisa memperkuat massa tulang.

6. Sumber energi

MPASI labu kuning kabocha bisa menjadi sumber energi berkat kandungan potasium di dalamnya. Tak hanya itu, potasium juga memaksimalkan fungsi otot si kecil yang sedang aktif bergerak. Di setiap fase pertumbuhan anak seperti saat merangkak hingga belajar berjalan, mereka perlu energi yang cukup untuk mengimbangi aktivitasnya.

7. Tinggi antioksidan

Adanya betakaroten dalam kabocha bisa menjadi sumber antioksidan bagi tubuh si kecil. Ini penting untuk menyeimbangkan zat radikal bebas dalam tubuhnya. Tak hanya itu, betakaroten juga bisa diproses menjadi vitamin A yang tak kalah bermanfaat.Semua manfaat labu jepang ini bisa diperoleh dengan memberikannya dalam menu MPASI. Sebagian besar anak menyukai rasanya yang manis dengan tekstur lembut. Cukup olah kabocha sesuai selera hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan, sesuai dengan usia anak.

Cara mengolah kabocha untuk menu MPASI labu kuning bayi

Cara mengolah labu kuning untuk MPASI sangat mudah dilakukan, yakni bisa dengan cara dipanggang atau direbus. Adapun langkah pembuatan MPASI kabocha dengan cara di panggang dan direbus adalah seperti berikut.Jika ingin memanggang basah kabocha, langkahnya ada sebagai berikut:
  • Belah labu kuning menjadi dua bagian kemudian cuci dan bersihkan dari bijinya
  • Isi loyang panggang dengan air kurang lebih 2,5 cm
  • Letakan labu di atas loyang yang berisi air dengan bagiann daging buah menghadap ke bawah
  • Panggang dengan suhu 110 derajat Celsius selama 40 menit atau sampai kulit labu kuning mengerut
  • Setelah matang, pisahkan daging dengan kulit labu
  • Haluskan daging buah hingga lumat
Sedangkan, jika ingin mengolah kabocha untuk menu MPASI labu kuning dengan cara direbus, langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Kupas kabocha dan ambil daging secukupnya kurang lebih 50 gram untuk satu porsi MPASI
  • Cuci daging buah hingga bersih dari bijinya dan kemudian potong dadu
  • Masukan potongan labu ke dalam panci dan tambahkan air sampai seluruh buah terendam
  • Rebus hingga lunak
  • Setelah dingin, haluskan rebusan kabocha dengan susu atau ASI
Jika ingin dikukus, Anda cukup meletakkan labu kuning pada panci dan kukus kurang lebih 10-15 menit. Setelah dingin, Anda juga bisa menghaluskannya dengan ASI atau susu formula.

Saat pertama kali memberikan labu kabocha untuk bayi 6 bulan, pastikan apakah ada reaksi alergi atau tidak dari si kecil. Labu jepang termasuk dalam family Cucurbita seperti labu dan melon yang bisa memproduksi zat beracun disebut cucurbitacins. Ciri-ciri dari zat beracun ini adalah rasanya pahit dan apabila termakan dapat menyebabka diare. Meski demikian, riwayat kasus keracunan akibat konsumsi MPASI labu kuning masih sangat jarang terjadi.Penasaran apa lagi menu MPASI yang kaya nutrisi dan memiliki rasa manis seperti labu jepang? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
makanan sehatmenjaga kesehatanpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/how-many-calories-in-kabocha-squash-2507121
Diakses pada 6 Desember 2020
Raised Real. https://www.raisedreal.com/blog/the-benefits-of-butternut-squash-for-babies/
Diakses pada 6 Desember 2020
Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/kabocha-squash-nutrition/
Diakses pada 6 Desember 2020
One green planet. https://www.onegreenplanet.org/vegan-food/all-about-kabocha/ Diakses pada 5 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait