Rutin Minum Jus Sirsak, Ini Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat jus sirsak bagi kesehatan dapat mencegah kanker, meringankan nyeri ketika sakit, menurunkan gula darah, menstabilkan tekanan darah, hingga mengobati herpes
Jus sirsak memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh

Sebagai tanaman yang tumbuh subur di lingkungan tropis seperti Indonesia, buah sirsak mudah ditemui dan dapat diolah menjadi berbagai bentuk, salah satunya menjadi minuman berupa jus. Selain menyegarkan, terdapat berbagai manfaat jus sirsak bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan.

Sirsak, yang juga dikenal dengan nama graviola, adalah tumbuhan yang berasal dari benua Amerika. Buahnya memiliki kulit berwarna hijau dan berduri halus, sedangkan dagingnya berwarna putih dengan tekstur lembut dan memiliki rasa tajam, seperti nanas atau stroberi.

Daging buah sirsak dapat dimakan begitu aja atau dihancurkan menjadi jus sirsak. Selain buahnya, bagian tanaman sirsak lainnya yang memiliki khasiat bagi kesehatan adalah daun dan batang yang banyak diolah menjadi suplemen, teh herbal, maupun dijadikan obat oles topikal.

Manfaat jus sirsak bagi kesehatan

Sirsak adalah buah yang rendah kalori, namun kaya akan serat dan vitamin C, sehingga cocok Anda jadikan salah satu menu dalam diet Anda. Selain itu, sirsak juga mengandung karbohidrat, potasium, magnesium, thiamine, dan niacin, riboflavin, folate, serta zat besi.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, berikut manfaat jus sirsak bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan:

  • Mencegah kanker

Jus sirsak mengandung zat antioksidan, seperti tanin, saponin, pitosterol, flavonoid, dan antraquinone, yang dapat menangkal radikal bebas sehingga sel-sel di tubuh Anda tetap sehat. Radikal bebas sendiri sering dikaitkan sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit di tubuh Anda, termasuk kanker.

Penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat melawan beberapa tipe kanker, seperti kanker payudara dan kanker pankreas.

Meski demikian, para ahli menyarankan Anda tidak menjadikan jus sirsak, ekstrak, maupun suplemen yang mengandung sirsak sebagai satu-satunya obat kanker yang Anda konsumsi karena sirsak saja tidak mampu menghancurkan sel tumor yang menjadi penyebab kanker itu sendiri.

  • Meredakan peradangan

Jus sirsak disebut memiliki sifat antiperadangan yang dapat meringankan nyeri yang Anda rasakan. Berdasarkan percobaan awal, konsumsi jus sirsak terbukti dapat menghalangi saraf merasakan sakit ketika Anda mengalami peradangan tertentu pada tubuh.

  • Menurunkan kadar gula darah

Bagi Anda yang menderita diabetes, manfaat jus sirsak yang satu ini adalah kabar baik. Studi menunjukkan bahwa konsumsi jus sirsak secara rutin dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah secara signifikan, sekalipun Anda makan atau minum lebih sedikit dari biasanya.

  • Menstabilkan tekanan darah

Jika Anda pernah mendengar salah satu manfaat jus sirsak untuk menurunkan tekanan darah tinggi, hal itu mungkin ada benarnya.

Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan di tahun 2012 memang menunjukkan bahwa konsumsi sirsak dapat menurunkan tekanan darah tanpa membuat denyut jantung terganggu. Ketika tekanan darah Anda normal, maka kesehatan jantung akan lebih terjamin.

  • Mengurangi nyeri akibat luka lambung

Kabar baik bagi para penderita penyakit asam lambung atau maag, konsumsi jus sirsak dapat meringankan nyeri saat maag Anda kambuh. Selain itu, kandungan antioksidan pada jus sirsak juga dapat mencegah radikal bebas, yang dapat mengakibatkan penyakit pada sistem saluran cerna Anda.

  • Mengobati herpes

Herpes adalah infeksi virus pada area kelamin atau mulut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Selain menjalani pengobatan dengan konsumsi obat dari dokter, Anda dapat membantu proses pengobatan dengan meminum jus sirsak secara rutin. 

Perlu diketahui bahwa herpes tipe 2 tidak dapat sembuh, namun dengan konsumsi sirsak dapat mengurangi potensi munculnya kekambuhan.

Manfaat jus sirsak ini disebabkan oleh adanya zat antivirus, terutama antiherpes untuk jenis virus herpes simpleks 2 alias HSV-2.

Meskipun demikian, manfaat jus sirsak di atas masih didasarkan atas penelitian awal pada tikus laboratorium. Hingga saat ini, sebagian besar dari penelitian tersebut belum diujicobakan pada manusia sehingga manfaat jus sirsak tersebut sangat bergantung pada kondisi tubuh Anda sendiri.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits
Diakses pada 14 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php
Diakses pada 14 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed