12 Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan Tubuh

(0)
30 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat jus pisang tidak boleh diremehkan. Selain manis, jus pisang menawarkan banyak manfaat kesehatan.Manfaat jus pisang sangat beragam, salah satunya menurunkan berat badan.
Pisang adalah salah satu buah yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Kelezatan dan kandungan nutrisinya juga tidak perlu diragukan lagi. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi jus yang lezat. Ditambah lagi, ada segudang manfaat jus pisang yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat yang bisa kita nikmati?

12 manfaat jus pisang  yang menyehatkan

Jus pisang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan, kesehatan jantung, dan membantu menurunkan berat badan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah berbagai manfaat jus pisang untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga tekanan darah

Jus pisang mengandung kalium, yaitu sebuah mineral yang dipercaya ampuh menjaga tekanan darah. Manfaat ini didapatkan berkat peran kalium sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah.Selain itu, kalium yang dikandung jus pisang diyakini mampu menjaga tubuh dari hipertensi, serangan jantung, stroke, serta aterosklerosis.Dilansir dari Organic Facts, satu buah pisang sudah mengandung 10 persen angka kecukupan gizi (AKG) kalium harian Anda.

2. Mengatasi stres dan gangguan kecemasan

Manfaat jus pisang lainnya yang tidak boleh diremehkan adalah mengatasi stres dan gangguan kecemasan.Selain kalium, jus pisang juga mengandung triptofan. Saat kalium dan triptofan bekerja sama, keduanya dapat meningkatkan suasana hati Anda sehingga meredakan gejala stres dan gangguan kecemasan.

3. Meningkatkan energi tubuh

Sedang merasa lesu dan tidak bertenaga? Cobalah konsumsi jus pisang. Menurut sebuah riset, terdapat beberapa jenis gula alami di dalam jus pisang yang bisa langsung diproses oleh tubuh menjadi energi.Artinya, satu buah pisang sudah bisa memberikan energi bagi tubuh Anda. Bayangkan jika Anda mengonsumsi 2-3 pisang di dalam satu jusnya.

4. Membuang racun dari dalam tubuh

Jus pisang dipercaya ampuh untuk membersihkan tubuh dari racun. Manfaat jus pisang ini berasal dari kandungan seratnya yang baik untuk sistem pencernaan dan vitamin B6 yang dianggap ampuh untuk mengontrol kadar racun di dalam tubuh. Kedua faktor ini membuat jus pisang dipercaya bisa mendetoksifikasi tubuh kita.Ditambah lagi, jus pisang juga dinilai mampu merangsang fungsi hati dan ginjal sehingga garam, racun, dan lemak dapat dikeluarkan dari tubuh.

5. Memperkuat sistem imun

Menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan berbagai vitamin B di dalam jus pisang dapat membantu memperkuat sistem imun.Vitamin C yang dikandung jus pisang bahkan juga mampu merangsang produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif serta radikal bebas di dalam tubuh.

6. Meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang

Beberapa jenis gula yang dikandung jus pisang dipercaya bisa membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh, terutama mineral.Selain mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, mangan, dan kalium, manfaat jus pisang diyakini bisa meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang dan mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

7. Mempercepat proses pemulihan setelah olahraga

Manfaat jus pisang selanjutnya datang dari kandungan elektrolitnya. Jus pisang cukup populer di kalangan atlet yang sedang menjalani masa pemulihan atau cedera karena jus lezat ini mengandung elektrolit dalam bentuk kalium.Saat kadar kalium di dalam tubuh tidak tercukupi, fungsi dan perkembangan otot akan terganggu. Selain itu, keseimbangan cairan di dalam tubuh dan fungsi sistem saraf juga bisa terganggu.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Tahukah Anda bahwa manfaat jus pisang juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur?Kandungan triptofan di dalam jus pisang dianggap sebagai obat sedatif alami yang dapat merangsang pelepasan hormon kebahagiaan alias serotonin. Hormon ini dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.

9. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki jus pisang diyakini baik untuk sistem pencernaan. Sebab, serat akan merangsang pergerakkan peristaltik yang mampu meningkatkan pelepasan cairan lambung dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi dari usus Anda.

10. Berpotensi menurunkan berat badan

Manfaat jus pisang untuk diet juga dianggap ampuh karena buah ini memiliki kalori yang relatif rendah, tapi cukup mengenyangkan.Sebuah studi bahkan membuktikan bahwa konsumsi serat dari jus pisang dipercaya bisa menurunkan berat badan.Meski terlihat menjanjikan, belum ada studi yang bisa membuktikan manfaat jus pisang untuk menurunkan berat badan secara langsung.

11. Menjaga kesehatan ginjal

Lagi dan lagi, kandungan kalium dalam jus pisang menawarkan manfaat untuk kesehatan. Kali ini, dipercaya bisa menjaga kesehatan ginjal.Sebuah studi berdurasi 13 tahun membuktikan, wanita yang mengonsumsi pisang sebanyak 2-3 kali dalam seminggu mampu menurunkan risiko penyakit ginjalnya sebanyak 33 persen.Studi lain juga membuktikan, mereka yang mengonsumsi pisang sebanyak 4-6 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit ginjal sebanyak 50 persen.

12. Menyehatkan jantung

Selain menjaga tekanan darah, manfaat jus pisang lainnya yang potensial adalah menyehatkan organ jantung. Kandungan kaliumnya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.Sebuah penelitian membuktikan, mereka yang rutin mengonsumsi kalium dalam pola makannya mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 27 persen.Selain itu, manfaat jus pisang ini juga datang dari kandungan magnesiumnya karena mineral ini juga berperan penting untuk kesehatan jantung.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jus pisang secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas. Namun, untuk mendapatkan manfaat jus pisang yang optimal, buatlah jus ini semurni mungkin tanpa campuran gula.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas
Diakses pada 15 April 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/banana-juice.html
Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait