Ada berbagai manfaat jus nanas yang dapat Anda rasakan
Jus nanas punya manfaat yang baik bagi tubuh

Apakah Anda menyukai buah nanas? Buah kuning dengan daging yang berair ini tak hanya lezat, namun juga menyegarkan. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah, baik di swalayan ataupun di pasar.

Umumnya, nanas dimakan secara langsung ataupun dijadikan jus. Tak kalah dengan buahnya, manfaat jus nanas juga baik untuk tubuh karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Manfaat jus nanas

Kebanyakan nanas memiliki rasa manis alami sehingga tak perlu lagi ditambahkan gula lagi saat dijus. Satu cangkir jus nanas tanpa pemanis mengandung 130 kalori, 33 mg kalsium, 30 mg magnesium, dan 25 mg vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam jus nanas tbahkan telah memenuhi sepertiga nilai harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan seperempat yang direkomendasikan untuk pria.

Selain itu, jus nanas juga mengandung 0,78 mg zat besi yang memenuhi sekitar 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam jus nanas membuatnya baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat jus nanas untuk kesehatan, di antaranya:

  • Memiliki sifat antiperadangan

Nanas merupakan sumber utama bromelain (enzim proteolitik). Bromelain mengandung sifat antiperadangan yang berguna dalam pengobatan cedera olahraga. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi memar dan pembengkakan, serta membersihkan sel-sel yang rusak.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Jus nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C lebih tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

  • Mencegah katarak

Vitamin C termasuk yang ada dalam jus nanas berperan penting melindungi penglihatan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C lebih tinggi dapat mengurangi risiko katarak, bahkan baik sebagai pencegahan utama penyakit tersebut.

  • Membantu meningkatkan kesuburan

Jus nanas mengandung berbagai vitamin dan mineral bermanfaat, seperti folat, zinc, beta karoten, vitamin C, dan tembaga. Vitamin dan mineral tersebut dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria.

  • Berpotensi sebagai agen antikanker

Bromelain dalam jus nanas berpotensi menjadi agen dalam melawan kanker. Zat ini bahkan dapat bekerja sama dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, jus nanas juga mengandung beta-karoten yang mampu melindungi tubuh dari risiko kanker prostat dan usus besar. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

  • Melawan penuaan dan penyakit

Jus nanas memiliki kandungan mangan yang baik. Nutrisi ini penting untuk melawan penuaan dan penyakit dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan keduanya.

Antioksidan dalam jus nanas juga dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi. Selain itu, zat ini juga mampu meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan, dan memudahkan pembentukan kolagen yang dapat memberi kekuatan pada kulit.

  • Mengurangi sembelit dan kembung

Jus nanas dianggap dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan bromelain dalam jus nanas bisa memecah protein lebih cepat sehingga mempercepat proses pencernaan. Oleh karena itu, masalah pencernaan, seperti sembelit dan kembung, dapat diatasi.

Perhatikan hal ini sebelum minum jus nanas

Meski mengandung vitamin dan mineral, jus nanas ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi sehingga lebih baik jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Anda dapat membuat jus nanas sendiri tanpa pemanis tambahan karena lebih menyehatkan, walaupun rasanya mungkin sedikit asam. Pilihlah buah nanas yang matang karena mengandung paling banyak nutrisi.

Selain itu, hindari mengonsumsi minuman nanas kalengan karena ini biasanya hanya air gula yang diberi perasa. Dikhawatirkan hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah Anda menjadi naik.

Setelah mengonsumsi jus nanas, sebagian orang mungkin akan merasa tidak nyaman di mulut, bibir, atau lidah karena kandungan enzim bromelain. Mengonsumsi bromelain dalam jumlah yang tinggi bahkan dapat menyebabkan ruam, diare, dan muntah.

Bromelain juga dapat mengganggu kerja beberapa jenis obat, seperti antibiotik, pengencer darah, dan antidepresan. Keasaman dalam jus nanas pun bisa memperburuk keadaan penderita GERD.

Orang dengan alergi lateks juga cenderung alergi terhadap nanas. Jika setelah mengonsumsi jus nanas timbul gejala alergi, seperti pembengkakan, sakit tenggorokan, kram perut, atau gejala lainnya, segera periksakan diri Anda pada dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/pineapple-juice-benefits#summary
Diakses pada 18 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317061.php#Diet-tips
Diakses pada 18 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed