Dari Mengobati Diare hingga Kanker, Ini 6 Manfaat Jus Mangga

Ada banyak manfaat jus mangga bagi kesehatan
Mangga yang berwarna kuning kehijauan biasanya paling enak untuk dijus

Mangga memiliki bentuk, jenis, rasa, dan aroma yang berbeda-beda, namun buah ini sama-sama menyegarkan ketika diolah menjadi jus mangga. Tahukah Anda bahwa manfaat jus mangga bukan hanya menyejukkan tenggorokan, namun juga bisa menyehatkan mata hingga jantung?

Ya, buah yang memiliki nama Latin Mangifera indica ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam satu buah mangga, misalnya, terdapat protein dan serat bersamaan dengan sedikit kalori, karbohidrat, dan gula alami.

Kandungan vitamin C pada mangga bahkan bisa mencukupi lebih dari setengah kebutuhan harian Anda per hari. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, B6, K, folat, dan zat antioksidan yang dapat dimaksimalkan demi kebutuhan Anda sehari-hari.

Manfaat jus mangga untuk kesehatan

Ketika mangga diolah menjadi jus, sebagian besar kandungan serat pada buah tersebut akan hilang bersamaan dengan proses pengolahannya. Meski demikian, Anda tetap bisa meminumnya dan mendapatkan manfaat jus mangga sebagai berikut.

  • Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin A dan C dalam buah mangga akan membuat sistem imun Anda bekerja lebih optimal. Sistem imun akan memproduksi lebih banyak darah putih bila diperlukan untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Mangga juga mengandung vitamin K, E, dan B yang juga memiliki fungsi pada imunitas yang sama dengan vitamin A dan C.

  • Menyehatkan jantung

Manfaat jus mangga ini datang dari kandungan magnesium dan potasium di dalamnya. Kedua mineral ini diperlukan tubuh untuk membuat pembuluh darah bekerja dengan lebih rileks sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Mangga juga mengandung zat antioksidan unik bernama mangiferin yang terbukti dapat melindungi jantung dari peradangan serta stres oksidatif. Mangiferin juga disebut dapat menurunkan kolesterol dalam darah dengan mengurangi trigliserida, tapi klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

  • Menyehatkan pencernaan

Kandungan enzim amilase dalam buah mangga menjadikan manfaat jus mangga sebagai penyehat saluran pencernaan. Enzim ini dapat memecah makanan yang berujuran besar sehingga nutrisi dalam makanan tersebut lebih cepat diserap oleh tubuh.

Fungsi yang sama juga bisa disebabkan oleh kandungan air dan serat pada mangga. Keduanya terbukti dapat menurunkan risiko Anda terkena masalah pencernaan, seperti konstipasi maupun diare.

  • Mencegah kerusakan mata

Kandungan utama mangga yang menghadirkan manfaat jus mangga yang satu ini adalah zat antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin. Pada retina, lutein dan zeaxanthin memiliki fungsi mirip dengan tabir surya, yaitu menyerap sinar berlebih sehingga cahaya tersebut tidak merusak mata Anda.

Kandungan vitamin A pada mangga juga berfungsi mencegah mata kering dan mengalami rabun ayam. Dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin A ini dapat mengakibatkan luka pada kornea mata.

  • Merangsang produksi kolagen pada kulit

Produksi kolagen dapat dirangsang dengan banyak mengonsumsi vitamin C, salah satunya dalam bentuk jus mangga. Kolagen adalah protein yang dapat memberi kekuatan pada kulit agar tidak cepat kendur maupun keriput.

  • Menurunkan risiko kanker tertentu

Manfaat jus mangga yang terakhir, tapi tidak kalah penting adalah menurunkan risiko kanker tertentu. Pasalnya, buah mangga mengandung polifenol yang dapat memerangi salah satu penyebab munculnya sel kanker, yakni stres oksidatif.

Dalam percobaan pada hewan, polifenol pada mangga dapat menghentikan perkembangan sel kanker darah putih (leukemia), kanker usus, paru-paru, prostat, dan kanker payudara. Fungsi yang sama juga didapat dari mangiferin, yang bukan hanya mampu menghentikan perkembangan sel kanker, tapi juga membunuh sel yang telah ada.

Meskipun demikian, manfaat jus mangga dan kandungan polifenol di dalamnya tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut.

Jangan minum jus mangga berlebihan

Manfaat jus mangga untuk kesehatan memang menggiurkan, tapi bukan berarti Anda dapat meminumnya tanpa batasan. Para ahli kesehatan beranggapan minum jus buah secara berlebihan dapat mengakibatkan munculnya diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan sebagian besar serat dalam buah sudah hilang dalam proses penghalusan buah sehingga hanya gula yang terserap. Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan untuk tidak menambah gula pada jus serta minum jus mangga maksimal 150 ml per hari.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275921.php
Diakses pada 5 Desember 2019

BBC. https://www.bbc.com/future/article/20181231-is-juicing-actually-good-for-you
Diakses pada 5 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mango
Diakses pada 5 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed