8 Manfaat Jus Lidah Buaya yang Bisa Anda Nikmati

(0)
14 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jus lidah buaya memiliki manfaat untuk kesehatan karena bernutrisi tinggi.Kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan jus lidah buaya minuman yang menyehatkan.
Selama ribuan tahun lamanya, lidah buaya telah digunakan untuk menyembuhkan luka dan mempercantik kulit. Selain menggunakan gelnya secara langsung, Anda juga bisa mengolah lidah buaya menjadi jus sehat untuk mendapatkan khasiatnya. Sama seperti tanamannya, jus lidah buaya juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan

Jus lidah buaya dibuat dengan cara menggiling daunnya dengan blender. Setelah itu, cairannya akan disaring terlebih dahulu sebelum disajikan. Berikut adalah berbagai manfaat jus lidah buaya yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi sembelit

Saat sembelit melanda, jus lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai obat laksatif alami berkat komponen antrakuinon-nya yang ada di bagian luar tanaman ini.Jika Anda baru pertama mencoba jus lidah buaya, mulailah dari porsi yang sedikit dulu (1 cangkir atau 29 mililiter) karena Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) belum menganggap jus lidah buaya sebagai obat alami yang aman untuk mengatasi sembelit.Lebih baik Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba jus lidah buaya untuk mengatasi sembelit.

2. Menghidrasi tubuh

Jus lidah buaya mengandung banyak air sehingga dapat menghidrasi tubuh. Selain itu, jus ini juga tidak mengandung kalori yang tinggi. Satu gelas jus lidah buaya hanya mengandung 36 kalori.Namun, sebelum membeli jus lidah buaya yang sudah jadi di swalayan, cek dulu kandungan nutrisinya. Beberapa produk dapat mengandung gula, kalori, dan karbohidrat tambahan yang tinggi.

3. Menjaga fungsi hati

Mengonsumsi jus lidah buaya adalah salah satu cara menjaga kesehatan hati. Fungsi hati akan semakin maksimal saat tubuh mendapatkan asupan cairan yang dibutuhkan, misalnya dari jus lidah buaya. Selain itu, jus ini juga mengandung fitonutrien yang baik untuk kesehatan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Karena sifatnya yang menghidrasi, jus lidah buaya juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah jerawat, meredakan gejala psoriasis hingga dermatitis. Berbagai manfaat untuk kulit ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin yang dikandung oleh lidah buaya.Selain itu, jus lidah buaya juga mengandung senyawa yang bisa menetralisir efek radiasi ultraviolet (UV), menyembuhkan luka akibat sinar UV, dan mencegah kerutan.

5. Bernutrisi tinggi

Jus lidah buaya memiliki banyak manfaat kesehatan karena bernutrisi tinggi
Jus lidah buaya mengandung nutrisi yang melimpah
Jus lidah buaya mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin B, C, E, dan asam folat, jus lidah buaya juga mengandung:
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Natrium
  • Selenium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Mangan
  • Zinc.
Tidak hanya itu, jus lidah buaya juga menjadi salah satu sumber vitamin B-12 dari tumbuhan. Bagi Anda yang vegan dan vegetarian, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B-12 dari jus ini.

6. Meredakan nyeri ulu hati

Mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu Anda saat terserang nyeri ulu hati. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mengontrol sekresi asam di dalam lambung. Efek ini juga dipercaya dapat mengatasi tukak lambung.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Jus lidah buaya mengandung berbagai enzim yang dapat memecah gula dan lemak sehingga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.Selain itu, jus lidah buaya juga bisa meredakan iritasi pada lambung dan usus. Jus ini bahkan dianggap mampu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit peradangan pada usus.Sebuah studi membuktikan, 33 pasien IBS mengalami penurunan gejala nyeri dan tidak nyaman setelah mengonsumsi jus lidah buaya. Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

8. Mengatasi peradangan gusi

Sebuah penelitian menemukan, berkumur dengan obat kumur yang mengandung jus lidah buaya dapat mengurangi peradangan gusi pada orang yang baru saja menjalani perawatan untuk menghilangkan plak.Para ahli percaya, kandungan antimikroba dan antibakteri yang terkandung di dalamnya membuat jus lidah buaya dapat mengatasi peradangan gusi.

Efek samping mengonsumsi jus lidah buaya

Hati-hati dalam mengonsumsi jus lidah buaya karena berpotensi menimbulkan efek samping
Jus lidah buaya berpotensi timbulkan efek samping
Meskipun manfaat jus lidah buaya sangat beragam, Anda harus berhati-hati karena ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan.
  • Gangguan pencernaan
Mengonsumsi jus lidah buaya juga berpotensi menyebabkan sakit perut dan ketidakseimbangan elektrolit. Jika Anda mengalami keduanya, segeralah berhenti mengonsumsi jus lidah buaya.
  • Mengganggu kinerja obat
Jus lidah buaya dinilai dapat mengganggu kinerja beberapa obat-obatan yang dianggap sebagai substrat dari Cytochrome P450 3A4 dan CYP2D6. Konsultasikan pada dokter mengenai konsumsi jus lidah buaya jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.Selain itu, hindari jus lidah buaya jika Anda sedang minum obat sevoflurane karena dapat meningkatkan risiko perdarahan selama operasi.

Catatan dari SehatQ

Manfaat jus lidah buaya cukup beragam, mulai dari menghidrasi tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga mengontrol gula darah. Meski begitu, konsultasikan dengan dokter jika Anda berniat mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin supaya efek sampingnya bisa dihindari.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranlidah buaya
Web MD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#1
Diakses pada 27 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 27 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/benefits-of-aloe-vera-juice#treating-constipation
Diakses pada 27 Desember 2020
P65 Warnings. https://www.p65warnings.ca.gov/fact-sheets/aloe-vera-non-decolorized-whole-leaf-extract
Diakses pada 27 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait