10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan Tubuh Anda

(0)
11 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat jus kentang tak lepas dari kandungan nutrisi kentang yang melimpah.Manfaat jus kentang dinilai dapat mengatasi sembelit.
Kentang adalah salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain digoreng atau direbus, tahukah Anda kalau kentang bisa diolah menjadi jus? Faktanya, manfaat jus kentang dinilai baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Manfaat jus kentang yang baik untuk kesehatan

Mulai dari protein, kalsium, zat besi, vitamin C, hingga magnesium. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki kentang menjadikannya sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan. Saat dijadikan jus, manfaatnya pun tetap sama.

1. Bernutrisi tinggi

Manfaat jus kentang tak lepas dari kandungan nutrisi kentang yang melimpah
Manfaat jus kentang tak lepas dari kandungan nutrisinya
Di dalam 100 gram kentang yang direbus dengan kulitnya, terdapat berbagai kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 94
  • Lemak: 0,15 gram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Karbohidrat: 21,08 gram
  • Serat pangan: 2,1 gram
  • Protein: 2,10 gram
  • Kalsium: 10 miligram
  • Zat besi: 0,64 gram
  • Magnesium: 27 miligram
  • Fosfor: 75 miligram
  • Kalium: 544 miligram
  • Vitamin C: 12,6 miligram
  • Vitamin B6: 0,211 miligram
  • Folat: 38 mikrogram.

2. Meningkatkan sistem imun

Jus kentang mengandung vitamin C, nutrisi yang dapat mencegah berbagai infeksi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi jus kentang secara rutin dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Meningkatkan energi

Satu cangkir jus kentang mengandung 40 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian vitamin B1, vitamin B3, dan sedikit vitamin B2. Berbagai macam vitamin B ini dapat membantu tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa sehingga energi tubuh akan terjaga.Tidak hanya itu, sederet vitamin B yang dikandung jus kentang juga bisa menyehatkan fungsi otak, sistem saraf, kulit, dan hati.

4. Mengandung kalium yang tinggi

Kentang menjadi salah satu sayuran yang mengandung kalium paling tinggi. Satu kentang saja sudah mengandung 1.467 miligram kalium atau setara dengan 31 persen AKG harian.Kalium merupakan elektrolit yang dapat mengatur cairan di dalam tubuh dan mendukung fungsi otot. Selain itu, mineral ini juga bisa membantu ginjal menyaring pasokan darah.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Jus kentang mengandung vitamin C yang tinggi. Selain dapat melawan infeksi dan memperkuat sistem imun, vitamin C juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka dan pemulihan jaringan tubuh.

6. Mengatasi sembelit

Manfaat jus kentang dipercaya dapat mengatasi sembelit
Jus kentang dipercaya dapat atasi sembelit
Saat sembelit menyerang, cobalah konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti kentang. Serat adalah senyawa yang bisa mengatasi sembelit dan membersihkan sistem pencernaan kita.Minumlah jus kentang dengan ampasnya untuk membantu meredakan gejala sembelit dan membersihkan sistem pencernaan.

7. Sumber kalsium yang tinggi

Kekurangan kalsium dapat mengganggu proses pembekuan darah, mengancam kesehatan tulang, dan melemahkan gigi.Untuk mencegah berbagai masalah ini, konsumsilah makanan yang mengandung kalsium seperti kentang. Anda juga bisa mengonsumsi jus kentang sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

8. Mencegah kanker

Sebuah studi dari 2016 menyatakan bahwa berbagai macam jenis kentang memiliki senyawa antikanker. Studi itu membuktikan, pertumbuhan sel kanker dapat dihambat dengan mengonsumsi kentang.Ditambah lagi, kentang juga mengandung senyawa kimia bernama glycoalkaloids yang bersifat antitumor.

9. Mencegah pennyakit kardiovaskuler

Manfaat jus kentang selanjutnya adalah mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler. Kentang mengandung antioksidan dan antiradang yang bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

10. Membantu turunkan berat badan

Vitamin C yang dikandung jus kentang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi saja. Penelitian membuktikan, vitamin C juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dipercaya bisa membantu turunkan berat badan.Meminum jus kentang setelah makan dinilai dapat menghambat produksi hormon lapar (ghrelin dan leptin) sehingga Anda tidak makan berlebihan.Itulah tadi berbagai manfaat jus kentang untuk kesehatan yang tidak boleh diremehkan. Di samping minum jus buah-buahan, tidak ada salahnya untuk mencoba jus kentang yang kandungan nutrisinya juga melimpah.Bagi Anda yang ingin bertanya seputar masalah kesehatan, bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280579#nutritional_profile
Diakses pada 28 Desember 2020
Style Craze.
https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-potato-juice-for-skin-hair-and-health/
Diakses pada 28 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/potato-juice#b-vitamins
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait