Ini Manfaat Jus Jeruk untuk Mengobati Batu Ginjal

Manfaat jus jeruk bisa dilihat pada penurunan kemunculan kembali batu ginjal
Salah satu manfaat jus jeruk yang bisa Anda rasakan adalah, menangkal batu ginjal.

Segelas jus jeruk sehari, bisa membuat batu ginjal pergi. Sebuah studi menunjukkan, manfaat jus jeruk bisa dilihat pada penurunan kemunculan kembali batu ginjal. Kemungkinan keberhasilannya bahkan lebih tinggi dibanding lemon, yang selama ini dipercaya sebagai penangkal alami batu ginjal. Bagaimana cara kerja jus jeruk untuk menangkal batu ginjal?

Manfaat Jus Jeruk dan Lemon untuk Ginjal

Selama ini, banyak orang meyakini air perasan semua jenis sitrus berefek positif untuk mencegah pembentukan batu ginjal, termasuk lemon dan jeruk nipis. Pandangan ini tidak salah. Namun, berdasarkan hasil penelitian terbaru, tidak semua sitrus memiliki dampak yang sama dalam melindungi penderita dari rasa sakit akibat batu ginjal.

Saat kambuh, batu ginjal menimbulkan rasa sakit luar biasa pada perut bagian samping. Sebagian pasien menggambarkan rasa sakitnya serupa dengan saat melahirkan.

Dokter biasanya menyarankan pengobatan menggunakan potasium sitrat untuk mencegah pembentukan kembali batu ginjal. Masalahnya, banyak orang yang mengalami gangguan gastrointestinal, atau sistem pencernaan bagian atas, sebagai efek samping obat dengan potasium sitrat.

Hasi Penelitian Jus Jeruk untuk Tangkal Batu Ginjal

Sebagai pengganti, banyak dokter dan peneliti kesehatan yang merekomendasikan jus jeruk, air perasan lemon atau buah sitrus lainnya. Berikut ini penelitian yang membuktikan manfaat jus jeruk dalam menangkal batu ginjal.

1. Jeruk Miliki Kadar Sitrat Tinggi

Lemon, jeruk nipis, dan kawan-kawan memiliki kadar sitrat tinggi. Sitrat menghalangi pembentukan batu ginjal dan mengurangi kadar keasaman di urine.

Penelitian terbaru membandingkan efek orange juice dan lemonade pada 13 orang yang memiliki masalah batu ginjal dan tidak. Secara acak, para partisipan itu diminta meminum 13 ons air yang telah disuling, air jeruk, atau air lemon 3 kali sehari selama sepekan.

Praktik ini dilakukan sebanyak 3 tahap dengan jeda 3 pekan, untuk setiap tahapnya. Partisipan juga menjalani pola makan yang direkomendasikan untuk penderita batu ginjal.

2. Jus Jeruk Kurangi Batu Ginjal

Hasilnya, partisipan yang minum air jeruk, memiliki urine dengan kadar sitrat lebih tinggi dan keasaman lebih rendah, kondisi yang mereduksi pembentukan batu ginjal. Air lemon tidak memiliki efek sebagus itu.

3. Jus Jeruk Jadi Alternatif Pengobatan 

"Orange juice berperan penting bagi pengobatan batu ginjal dan menjadi alternatif bagus bagi pasien yang tidak tahan potasium sitrat," kata Clarita Odvina, profesor pembantu kedokteran penyakit dalam di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, Amerika Serikat.

Hindari Jus Jeruk dalam Kemasan

Dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk membuat sendiri air jeruk, ketimbang mengonsumsi orange juice dalam kemasan. Odvina mengatakan berbagai bahan tambahan di minuman dalam kemasan memiliki dampak bagi batu ginjal. Misalnya, sitrat di air lemon dan jus cranberry, dibarengi proton. Odvina menjelaskan, proton menghalangi efek penurunan asam pada urine.

Penelitian ini dimuat di jurnal kedokteran Clinical Journal of the American Society of Nephrology. Sebagian peneliti menyatakan, riset yang dilakukan University of Texas Southwestern Medical Center masih dalam skala kecil. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian dalam skala lebih besar untuk lebih meyakinkan manfaat jeruk dalam pencegahan pembentukan batu ginjal.

Namun, tidak ada salahnya untuk menjalankan praktik seperti yang dilakukan dalam penelitian itu. Seandainya kesimpulan mereka meleset sekalipun, tubuh kita akan mendapat banyak manfaat dengan minum jus jeruk setiap hari. Vitamin C dalam jeruk diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, juga mendukung kesehatan kulit.

Penyebab Batu Ginjal 

Batu ginjal terbentuk saat mineral dan zat-zat kimia lain di urine menjadi sangat pekat. Seiring waktu, terjadi pengkristalan dan terbentuklah semacam batu di ginjal. Meski bisa dihancurkan lewat pengobatan dan operasi, batu ginjal memiliki kecenderungan untuk muncul kembali. Maka, dokter menyarankan para pasien untuk menjaga pola makan dan menjalankan pola hidup sehat.

WebMD.
https://www.webmd.com/kidney-stones/news/20060907/orange-juice-fights-kidney-stones#1
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/article/print/18030700007/cegah-dan-kendalikan-penyakit-ginjal-dengan-cerdik-dan-patuh.html
Diakses pada 14 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed