9 Manfaat Jus Buah Bit, Si Merah yang Menyegarkan

(0)
19 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jus buah bit baik untuk kesehatan, bisa cegah kanker dan penyakit jantungJus buah bit kaya akan antioksidan sehingga bisa cegah berabagai penyakit
Buah bit seringkali digunakan sebagai campuran dalam salad. Namun tahukah Anda kalau buah ini juga segar jika diminum dalam bentuk jus? Selain segar, jus buah bit ternyata juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.Manfaat jus buah bit berasal dari kandungan beragam mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Tidak tanggung-tanggung, jus buah yang satu ini dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga mencegah kanker.

Manfaat jus buah bit yang menarik untuk diketahui

Jus buah bit adalah salah satu minuman sehat yang saat ini sedang naik daun. Sehingga tidak heran jika minuman ini seringkali masuk sebagai menu di berbagai gerai makanan dan minuman sehat yang ada. Berikut ini adalah ragam manfaat jus buah bit yang membuat minuman ini banyak diburu.

1. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi jus buah bit secara teratur setiap hari dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, minuman ini juga dinilai baik untuk fungsi lapisan pembuluh darah.

2. Meningkatkan stamina

Jus buah bit juga sering dijadikan salah satu asupan rutin untuk para atlet. Sebab, buah ini dipercaya bisa membantu meningkatkan stamina. Mengonsumsi jus buah ini secara teratur terbukti bisa meningkatkan daya tahan fisik, memperlambat munculnya rasa lelah, dan melancarkan aliran oksigen di tubuh.

3. Meredakan peradangan atau inflamasi

Rutin emngonsumsi jus buah bit dinilai bermanfaat untuk orang yang mengalami obesitas, karena buah ini bisa bantu turunkan inflamasi atau peradangan yang terjadi di tubuh. Tingginya inflamasi di tubuh adalah salah satu faktor yang membuat kita rentan terserang penyakit seperti diabetes serta penyakit jatung.

4. Mencegah keparahan demensia

Jus buah bit mengandung nitrat yang sudah terbukti bisa meningkatkan aliran oksigen ke otak. Dengan begitu, kemampuan kognitif akan tetap terjaga dan keparahan penyakit demensia yang bisa membuat penderitanya mengalami gangguan daya ingat atau pikun, bisa dicegah.

5. Menjaga berat badan ideal

Jika tidak ditambahkan dengan gula maupun pemanis lainnya, jus buah bit adalah minuman yang rendah kalori dan tanpa lemak. Sehingga, Anda bisa menjadikan jus buah bit sebagai kudapan harian tanpa harus khawatir akan bertambahnya berat badan.

6. Mencegah kanker

Buah bit mendapatkan warna merah menyalanya dari komponen yang bernama betalaine. Komponen ini termasuk sebagai salah satu antioksidan yang punya kemampuan untuk bantu cegah kanker dengan cara menyingkirkan radikal bebas dan menghancurkan sel-sel rusak di tubuh.

7. Baik untuk organ hati

Jus buah it mengandung antikosidan, vitamin A, vitamin B6, dan zat besi. Keempat komponen tersebut merupakan komponen yang dapat melindungi organ hati dari peradangan dan stres oksidatif, sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang racun berbahaya.

8. Mengurangi kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, konsumsi ekstrak buat bit terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Para ahli berpendapat, manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan flavonoid yang ada di dalam buah bit.

9. Mencegah anemia atau kurang darah

Kandungan zat besi yang banyak terdapat di jus buah bit, membuat minuman ini ideal untuk Anda yang mengalami anemia atau kurang darah. Sebab, kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab anemia yang paling umum terjadi.

Efek samping minum jus buah bit

Efek samping ringan dan paling mudah terlihat apabila Anda rutin minum jus buah bit adalah adanya perubahan warna lidah, bibir, urine dan tinja menjadi kemerahan. Buah bit juga mengandung oksalat dalam jumlah yang tinggi. Pada beberapa orang, oksalat bisa memicu terbentuknya batu ginjal.Selain itu, konsumsi jus buah bit juga bisa berpengaruh pada efek obat-obatan tertentu yang sedang rutin dikonsumsi. Sehingga, jika ingin mengonsumsi jus buah bit secara teratur sebagai usaha untuk menyehatkan tubuh tapi di saat yang bersamaan juga sedang rutin mengonsumsi obat, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter yang memantau kondisi Anda.

Cara membuat jus buah bit

Untuk menjamin kebersihan dan kesegaran jus buah bit, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan blender, food processor, atau juicer. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Potong bagian atas buah bit, biarkan kulitnya untuk menambah kandungan nutrisi.
  • Cuci buah bit yang sudah dipotong hingga benar-benar bersih .
  • Potong kecil-kecil.
  • Masukkan ke blender, juicer, atau food processor.
  • Haluskan hingga mencapai tekstur yang diinginkan.
  • Untuk menambah rasa, campurkan dengan buah-buahan lain seperti apel, jeruk, madu, atau daun mint.
  • Tuangkan ke gelas sambil disaring jika Anda tidak menyukai jus dengan ampas.
Jus buah bit bisa langsung diminum. Namun Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu lalu menyajikannya dingin agar lebih nikmat.Menambahkan jus buah bit sebagai salah satu tambahan untuk mendapatkan nutrisi merupakan cara yang mudah dan lezat, bahkan bagi anak-anak. Anda juga bisa menambahkan jus buah bit ke dalam saus pasta atau adonan roti sebagai pewarna alami yang menyehatkan, sebagai variasi.
makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/beetroot-juice-benefits
Diakses pada 5 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324898
Diakses pada 5 Juni 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/beet-juice-what-should-i-know-about-it-89698
Diakses pada 5 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait