Tidak Membuat Gemuk, Ini 9 Manfaat Jus Alpukat bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat jus alpukat bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan
Jus alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi jus alpukat dapat membuat gemuk karena buah berwarna hijau itu kaya akan lemak. Tetapi, ada pula yang beranggapan manfaat jus alpukat justru dapat menurunkan berat badan.

Lalu, mana klaim yang benar? Serta, adakah manfaat jus alpukat bagi kesehatan selain yang berhubungan dengan berat badan?

Kandungan jus alpukat

Tidak seperti buah lainnya yang banyak mengandung air, alpukat justru mengandung banyak lemak. Hampir 15 persen dari berat satu buahnya merupakan lemak, bahkan 77 persen dari total kalori yang ada pada alpukat bersumber dari lemak ini.

Meski demikian, kandungan lemak yang terdapat pada alpukat mayoritas merupakan jenis lemak tidak jenuh (monounsaturated fat). Lebih spesifik, lemak tak jenuh yang dimaksud adalah jenis asam oleic yang juga ditemukan pada buah dan minyak zaitun.

Manfaat jus alpukat juga datang dari kandungannya yang lain, yakni serat. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap karena mengandung vitamin K, C, dan E, begitu pula folat, potasium, hingga sejumlah zat antioksidan.

Manfaat jus alpukat bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan-kandungan alpukat yang sudah diutarakan sebelumnya, manfaat jus alpukat untuk kesehatan Anda, di antaranya:

  • Menyehatkan jantung

Alpukat mengandung sterol tumbuhan alami yang bernama beta-sitosterol. Mengonsumsi beta-sitosterol atau sterol tumbuhan lainnya terbukti dapat menurunkan level kolesterol yang akan menyehatkan jantung Anda.

  • Membuat Anda kenyang lebih lama

Makanan yang kaya akan lemak atau serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pasalnya, lemak dan serat memperlambat pengeluaran makanan dari lambung sehingga Anda tidak lekas merasa lapar.

  • Mengontrol berat badan

Anggapan yang menyatakan makan alpukat membuat berat badan naik sepertinya perlu direvisi. Pasalnya, salah satu manfaat jus alpukat yang telah terbukti secara ilmiah justru dapat mengontrol berat badan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut mengonsumsi alpukat saat menjalani program penurunan berat badan.

Manfaat ini datang dari kandungan monounsaturated fat dalam alpukat itu sendiri yang dipercaya mampu membakar kalori lebih cepat dibanding jenis lemak lainnya. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh ini juga dapat mempercepat metabolisme sekaligus menekan nafsu makan.

  • Mencegah osteoporosis

Manfaat jus alpukat yang satu ini ditimbulkan oleh kandungan vitamin K dalam alpukat. Vitamin K mampu meningkatkan kemampuan tulang untuk menyerap kalsium sekaligus mencegah kalsium banyak terbuang melalui urine.

  • Membantu dalam penyembuhan kanker

Alpukat mengandung folat yang terbukti dapat menurunkan risiko kanker usus besar, perut, pankreas, dan serviks. Selain itu, kandungan senyawa kimia tumbuhan dalam alpukat juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel akibat konsumsi obat kanker jenis cyclophosphamide.

  • Mencegah cacat pada bayi

Ibu hamil wajib mengonsumsi folat agar dapat menurunkan risiko melahirkan bayi dengan cacat bawaan lahir, seperti kelainan tabung saraf. Meski demikian, kandungan folat dalam alpukat saja dikhawatirkan tidak cukup sehingga ibu hamil juga disarankan mendapat asupan folat dari suplemen asam folat.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam alpukat yang mencapai 6-7 gram setiap setengah buahnya, membuat minuman ini mampu menyehatkan sistem pencernaan. Konsumsi makanan yang kaya akan serat dapat mencegah Anda terkena konstipasi hingga kanker usus.

  • Melindungi dari penyakit kronis

Penelitian membuktikan manfaat jus alpukat lainnya adalah mencegah penyakit kronis menghinggapi tubuh Anda karena kandungan seratnya yang tinggi. Penyakit yang dimaksud, yakni jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit gastrointestinal.

Banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti jus alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta menaikkan sensitivitas insulin yang berguna bagi penderita diabetes.

  • Menyehatkan penglihatan

Alpukat mengandung antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang terbukti mampu meminimalisir kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet pada mata.

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat juga dipercaya mampu mempercepat penyerapan antioksidan lain, seperti beta-karoten, yang dapat menurunkan risiko Anda terkena gangguan penglihatan akibat usia yang bertambah tua.

Jangan berlebihan dalam mengonsumsi alpukat

Meski manfaat jus alpukat sangat banyak, Anda tetap disarankan untuk memerhatikan takaran dalam mengonsumsinya.

Ahli gizi menyarankan makan setengah hingga satu buah alpukat per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dari alpukat, sedangkan sisanya didapat dari makanan lain.

Selain itu, perhatikan juga bahan tambahan yang Anda gunakan dalam jus alpukat. Manfaat jus alpukat bisa ‘tercemar’ jika Anda terlalu banyak menggunakan pemanis tambahan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/avocados-and-weight
Diakses pada 10 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406.php
Diakses pada 10 November 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/can-you-eat-too-much-avocado/
Diakses pada 10 November 2019

Artikel Terkait