Manfaat Jogging Bukan Cuma Meningkatkan Kebugaran dan Stamina

Manfaat jogging bisa didapatkan dengan optimal bila dilakukan secara rutin
Jogging bisa dilakukan sambil mendengarkan musik agar lebih menyenangkan

Jogging adalah salah satu jenis olahraga aerobik. Kata aerobik berarti ‘dengan oksigen’. Jadi, olahraga aerobik merupakan aktivitas fisik yang mendapatkan energi dari kombinasi penggunaan oksigen dengan gula darah atau lemak tubuh.

Sebagai salah satu oahraga aerobik, manfaat jogging yang utama adalah meningkatkan kondisi kesehatan jantung dan paru-paru. Jogging dan lari sebetulnya serupa, perbedaannya hanya soal intensitas.

Pada olahraga lari, tubuh bergerak lebih cepat, menggunakan lebih banyak energi, dan membutuhkan kerja lebih keras dari jantung, paru-paru, dan otot tubuh jika dibandingkan dengan jogging.

Melakukan jogging secara rutin bisa menjadi latihan ketahanan tubuh sebelum meningkatkan intensitas olahraga menjadi lari. 

Manfaat jogging dari segi fisik

Sama seperti jenis-jenis olahraga aerobik yang lain, manfaat jogging bagi tubuh secara umum meliputi:

  • Meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh.
  • Menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus dan beberapa jenis kanker.
  • Memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Membantu dalam mengendalikan kondisi medis kronis, untuk meningkatkan kualitas hidup.

Jogging mempunyai nilai lebih dibanding olahraga aerobik lainnya, seperti berenang dan bersepeda. Pasalnya, jogging adalah olahraga weight bearing (sambil menahan beban tubuh) dengan benturan (impact) berulang.

Olahraga weight bearing dan impact sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang, terutama pada tubuh bagian bawah. 

Saat kita melakukan jogging, kedua kaki akan menahan seluruh bobot tubuh. Sementara pada tiap langkah, terjadi benturan dengan permukaan aspal atau tanah.

Kedua hal tersebut tidak terjadi pada olahraga renang dan bersepeda. Walau dampaknya terhadap jantung dan paru-paru bisa serupa, olahraga jogging adalah pilihan lebih baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

 

Manfaat jogging bagi kesehatan mental

Manfaat jogging tak hanya terbatas pada kesehatan secara fisik, tapi juga kesehatan mental. Berikut penjelasannya: 

  • Membuat perubahan pada otak

Selain melatih fisik, manfaat jogging dan lari juga akan melatih mental. Saat jogging, seseorang mesti fokus dan memiliki tekad tinggi untuk pantang menyerah pada kelelahan otot dan halangan lain.

Setiap tambahan jarak yang berhasil dilalui akan menambah kepercayaan diri akan kemampuan dalam mengatasi tantangan. 

Latihan mental untuk tetap fokus dan pantang menyerah tersebut menyebabkan perubahan pada otak. Para pakar menemukan bahwa para pelari jarak jauh memiliki lebih banyak koneksi antara jaringan frontal-parietal dengan bagian-bagian otak lain yang, berkaitan dengan kemampuan kontrol diri dan memori pembelajaran.

Jogging dan lari juga diyakini memiliki manfaat untuk membantu perkembangan sel-sel otak yang baru. Olahraga adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan pertumbuhan neuron baru di otak atau neurogenesis. 

  • Meningkatkan harga diri dan percaya diri

Berlatih jogging dan olahraga lari membuat si pelari merasakan pencapaian personal, peningkatan kemampuan, dan keyakinan diri setiap kali berhasil mencapai target latihan, baik target jarak maupun waktu. Olahraga ini membangkitkan rasa yakin karena berhasil menaklukkan tantangan. 

Para peneliti menemukan bahwa berpartisipasi dalam aktivitas olahraga, seperti jogging atau lari, mempunyai kaitan langsung dengan harga diri yang lebih baik. Olahraga rutin akan membuat seseorang memiliki persepsi lebih baik soal citra tubuh dan kondisi kebugarannya. Inilah yang membuat penilaian terhadap diri sendiri turut meningkat. 

Mengalami peningkatan kemampuan olahraga dalam soal jarak, waktu, atau ketahanan bisa memberikan motivasi berprestasi dan meningkatkan rasa percaya diri. 

  • Sebagai cara melepas stres yang positif

Mengurangi stres adalah manfaat jogging dan olahraga lari yang sangat penting nilainya. Selama melakukan jogging, Anda bisa melupakan masalah beberapa waktu saat merasa stres, sehingga bisa memperbaiki kondisi mood.

Perbaikan suasana hati tidak hanya berlangsung dalam jangka pendek, tapi juga bisa berangsung untuk jangka panjang jika jogging dilakukan secara rutin. 

Rutin jogging saat sedang dilanda masalah dapat membangun ketangguhan mental. Ini berarti, Anda bisa lebih kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam hidup. 

Olahraga lari dan jogging juga memicu pelepasan hormon endorfin oleh tubuh, sehingga timbul rasa senang mirip euforia saat selesai berlari. Peningkatan mood sebagai dampak dari pelepasan endorfin bermanfaat mengurangi stres. 

Sebagai olahraga yang mudah, murah dan bisa dilakukan di mana saja, manfaat jogging ternyata cukup lengkap bagi fisik dan mental. Jika ingin mencoba olahraga satu ini, mulailah perlahan-lahan, kemudian tingkatkan intensitas latihan secara bertahap untuk hasil yang optimal.

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/the-mental-benefits-of-jogging-2911666
Diakses pada 14 Oktober 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/531257-the-effects-of-jogging-every-day/
Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed