9 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

(0)
21 Jun 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat jeruk untuk ibu hamil.Manfaat jeruk untuk ibu hamil salah satunya menjadi sumber asam folat yang lezat.
Buah-buahan merupakan asupan penting yang tidak boleh dilupakan saat hamil. Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah jeruk. Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, simaklah berbagai manfaat jeruk untuk ibu hamil berikut ini.

9 manfaat jeruk untuk ibu hamil yang tidak boleh disepelekan

Salah satu alasan mengapa ibu hamil patut mengonsumsi jeruk secara rutin adalah kandungan asam folatnya. Nutrisi ini dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin.Bagi Anda yang penasaran mengenai manfaat jeruk untuk ibu hamil, intip penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Memperkuat sistem imun

Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil yang tak boleh diremehkan adalah memperkuat sistem imun. Sebab, buah sitrus ini mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu kamil dan janinnya.Mengonsumsi jeruk selama kehamilan juga dianggap mampu menurunkan risiko alergi. Selain itu, buah sitrus ini diyakini bisa mendukung perkembangan pembuluh darah, tulang, jaringan tubuh, dan tulang rawan janin.

2. Mendukung perkembangan otak janin

Tahukah Anda kalau mengonsumsi jeruk selama kehamilan dapat mendukung perkembangan otak janin? Manfaat jeruk bagi ibu hamil ini datang dari kandungan vitamin B6 dan asam folatnya.Selain itu, berbagai kandungan dalam buah jeruk bisa mencegah cacat tabung saraf yang dapat menyebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang janin.Asam folat yang dikandung buah jeruk juga dapat mendukung pembentukan sel darah, merangsang pertumbuhan jaringan baru, dan menyehatkan plasenta.Meski demikian, Anda perlu berhati-hati karena mengonsumsi asam folat berlebihan dapat menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan berlebih.The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi setidaknya 600 mikrogram asam folat per hari.

3. Mencegah sembelit

Sembelit termasuk salah satu gejala kehamilan yang sering terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi buah jeruk secara rutin.Buah jeruk mengandung serat (larut dan tidak larut) sekaligus selulosa yang bisa membantu mengatur pergerakkan usus sehingga masalah sembelit dapat dicegah.Kandungan serat pada buah ini juga bisa meredakan masalah lambung dan perut kembung.

4. Mengontrol tekanan darah

Mengonsumsi buah jeruk secara rutin juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah ini dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah pada ibu hamil dan meredakan hipertensi (tekanan darah tinggi).

5. Menghidrasi tubuh

Menghidrasi tubuh adalah manfaat jeruk untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui. Sebab, jeruk adalah buah yang mengandung banyak air.Ditambah lagi, buah jeruk mengandung natrium dan kalium yang bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Potensi manfaat jeruk untuk ibu hamil lainnya adalah menyehatkan kulit selama kehamilan. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam jeruk. Selain itu, jeruk dipercaya dapat menjaga kekencangan dan kelembapan kulit yang dapat berkontribusi dalam mencegah jerawat.

7. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi medis yang ditandai dengan rendahnya sel darah merah. Penyakit ini dapat mengganggu kemampuan sel darah merah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi.Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang tinggi, buah ini mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi dari sistem pencernaan.Ketika Anda mengonsumsi jeruk bersama dengan makanan yang mengandung zat besi, maka anemia dapat dicegah.

8. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung juga termasuk salah satu manfaat jeruk untuk ibu hamil. Sebab, jeruk mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.Sebuah studi yang dirilis dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, mengonsumsi air perasan jeruk selama empat minggu dapat membantu mengencerkan darah dan meredakan tekanan darah secara signifikan.Selain itu, kandungan serat pada jeruk dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

9. Mencegah munculnya batu ginjal

Potensi manfaat jeruk bagi ibu hamil lainnya adalah membantu mencegah munculnya batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang dimiliki jeruk dipercaya bisa mencegah pembentukan batu ginjal.Dokter biasanya akan memberikan obat kalium sitrat untuk pasien batu ginjal. Namun, dilansir dari sebuah penelitian dalam The Journal of Urology, sitrat yang dimiliki jeruk memiliki efek yang sama dengan obat-obatan tersebut.

Efek samping jeruk untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan

Meski bermanfaat, mengonsumsi buah jeruk secara berlebihan dapat mengundang berbagai macam efek samping bagi ibu hamil, di antaranya:
  • Kandungan asam sitrat pada jeruk dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan mengikis enamel gigi jika dikonsumsi berlebihan.
  • Kandungan serat jeruk bisa menyebabkan kram perut dan diare jika dikonsumsi berlebihan.
  • Karena jeruk mengandung asam, mengonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan nyeri ulu hati pada ibu hamil yang menderita gastroesophageal reflux disease (GERD).
  • Kelebihan vitamin C di dalam tubuh dipercaya bisa mengundang kelahiran prematur.
Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi 85 miligram vitamin C per hari. Kadar tersebut bisa didapatkan dengan hanya mengonsumsi tiga buah jeruk saja.

Catatan dari SehatQ

Manfaat jeruk untuk ibu hamil sangat beragam dan bisa menguntungkan kesehatan ibu dan janinnya. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi jeruk dan buah-buahan lainnya secara rutin.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
jus jerukmenjaga kehamilanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#nutritious-fruits
Diakses pada 7 Juni 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-oranges-during-pregnancy-how-safe-is-it/
Diakses pada 7 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges#benefits
Diakses pada 7 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait