Aneka Manfaat Jeruk yang Telah Mendunia untuk Kebaikan Hidup

Manfaat jeruk sangat beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga kesehatan kulit
Jeruk, si buah populer, sangat kaya dengan nutrisi dan khasiat kesehatan

Siapa yang tak kenal buah jeruk? Dari sudut desa hingga gedung metropolitan, buah ini sangat populer dan boleh jadi yang paling terkenal. Selain rasanya yang menyegarkan, buah sitrus ini juga kaya dengan manfaat. Intip manfaat jeruk dan nutrisinya di artikel ini.

Ragam manfaat jeruk yang untuk menyegarkan hari

Buah jeruk adalah buah kaya khasiat. Ini manfaat jeruk agar kita lebih rutin mengonsumsinya:

1. Memelihara kesehatan jantung

Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin. Kandungan ini dipercaya memiliki efek protektif terhadap jantung. Kandungan serat dalam buah ini pun diyakini memiliki efek yang sama. Konsumsi buah jeruk dengan rutin berpotensi untuk menjaga jantung senantiasa sehat.

2. Mencegah batu ginjal

Mungkin manfaat inilah yang menjadi ciri khas dari kebaikan buah-buah sitrus seperti jeruk. Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Oleh sebab itulah, sitrat dalam bentuk kalium sitrat sering diresepkan dokter untuk mengatasi batu ginjal pada pasiennya. Obat ini memiliki efek yang hampir sama dengan buah jeruk.

3. Mengendalikan tekanan darah

Buah jeruk tidak mengandung mineral natrium, sehingga berpotensi untuk membantu kita agar tak terlalu banyak mengonsumsi mineral ini. Mengendalikan asupan natrium penting untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Selain, konsumsi jus jeruk juga membantu meningkatkan konsumsi kalium. Mencukupkan kebutuhan tubuh terhadap kalium sama pentingnya dengan mengurangi natrium, untuk pengendalian tekanan darah.

4. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga menurunkan kemampuannya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Seringkali, kondisi anemia dipicu oleh kekurangan zat besi.

Buah jeruk merupakan sumber yang baik untuk vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Kedua asam ini membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

Buah jeruk
Buah jeruk kaya dengan asam sitrat dan vitamin C

Rutin konsumsi makanan sumber zat besi diiringi dengan buah jeruk, boleh jadi menjauhkan kita dari anemia.

5. Berpotensi untuk menurunkan risiko diabetes

Satu buah jeruk dengan berat 131 gram memberikan kita serat pangan sebanyak 3,14 gram. Jumlah ini hampir mencukupi 10% kebutuhan serat harian orang dewasa. Berbagai penelitian menemukan, konsumsi serat yang cukup membantu meredakan faktor risiko diabetes.

Tubuh juga mencerna serat lebih lambat dibandingkan saat mencerna nutrisi lain. Hal ini diharapkan dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga berpotensi untuk menjaga berat badan. Pengendalian berat badan juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jeruk tanya untuk pencegahan penyakit kronis. Buah ini pun membantu menjaga kesehatan kulit, karena kaya dengan vitamin C. Vitamin C berkontribusi terhadap produksi kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang paling banyak membentuk bagian tubuh, termasuk struktur kulit.

Vitamin C juga berperan dalam pemulihan luka, serta membantu meningkatkan kekuatan kulit.

Manfaat jeruk ada pada nutrisinya ini

Buah jeruk merupakan buah yang mudah dicari sekaligus kaya dengan nutrisi. Beberapa kandungan buah jeruk tersebut, yaitu:

1. Zat gizi makro

Jeruk sebagian besar tersusun atas karbohidrat dan air, dengan sangat sedikit lemak dan protein. Karbohidrat pada jeruk sebagian besar berupa gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Gula inilah yang memberikan rasa manis pada buah jeruk.

Walau tinggi gula, indeksi glikemik buah jeruk tergolong rendah, yakni berkisar 31-51. Makanan dengan rendah indeksi glikemik dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Buah jeruk juga mengandung serat, sepert pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Mencukupkan kebutuhan serat penting untuk memelihara kesehatan tubuh.

2. Vitamin dan mineral

Manfaat buah jeruk juga bersumber dari zat gizi mikronya, yakni vitamin dan mineral. Beberapa kandungan mikro yang terdapat pada buah jeruk yaitu:

  • Vitamin C. Satu buah jeruk yang besar bahkan berpotensi mencukupkan kebutuhan harian kita terhadap vitamin C.
  • Thiamin atau vitamin B1.
  • Folat atau vitamin B9.
  • Kalium, jenis mineral yang dikaitkan dengan pengendalian tekanan darah.

3. Senyawa tumbuhan

Selain zat gizi makro dan mikro di atas, jeruk juga mengantongi beragam senyawa tumbuhan. Senyawa tumbuhan pada buah jeruk utamanya terbagi atas dua golongan, yaitu golongan fenolik dan karotenoid.

Baik fenolik maupun karotenoid sama-sama memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam pengendalian radikal bebas. Beberapa contoh senyawa fenolik yaitu hesperidin dan antosianin, dan contoh dari karotenoid yaitu likopen dan beta-cryptoxanthin.

Selain itu, seperti yang disampaikan di atas, buah jeruk juga mengandung asam sitrat dan sitrat.

Jeruk utuh dengan jus jeruk, mana yang lebih sehat?

Mengolah buah jeruk menjadi jus memang pilihan yang menyegarkan, terlebih di siang yang terik. Perbedaan jus jeruk dengan jeruk utuh adalah jus jeruk mengandung serat yang lebih rendah dibandingkan buah jeruk utuh, sehingga tak terlalu mengenyangkan.

Buah jeruk dan jus jeruk
Mengonsumsi buah jeruk langsung lebih sehat dibandingkan mengolahnya menjadi jus

Terlalu banyak mengonsumsi jus jeruk dapat menimbulkan kenaikan berat badan, terutama jus jeruk yang terlalu banyak diberi gula tambahan (seperti dalam jus jeruk kemasan).

Mengonsumsi jus jeruk sewajarnya berpotensi baik untuk kesehatan. Namun, apabila dibandingkan, mengonsumsi buah jeruk utuh jauh lebih baik.

Adakah efek samping konsumsi buah jeruk?

Tidak banyak efek negatif konsumsi buah jeruk yang dilaporkan. Beberapa orang memang melaporkan adanya reaksi alergi, walau terbilang langka.

Selain itu, karena buah jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C, konsumsi jeruk berisiko membuat gejala heartburn memburuk.

Catatan dari SehatQ

Buah jeruk menjadi buah yang mungkin sangat populer di belahan dunia manapun. Mengonsumsinya jauh lebih sehat jika dimakan langsung, walau jus jeruk bisa bermanfaat jika tak dikonsumsi berlebihan serta tanpa gula tambahan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/collagen
Diakses pada 25 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges
Diakses pada 25 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/272782
Diakses pada 25 Februari 2020

Artikel Terkait