5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Berkilau dan Bebas Ketombe


Manfaat jeruk nipis untuk rambut berasal dari kandungan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi di dalamnya. Namun, pastikan cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut dilakukan dengan aman dan benar agar risiko efek sampingnya bisa dihindari.

(0)
Manfaat jeruk nipis untuk rambut berasal dari kandungan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi di dalamnyOleskan air perasan jeruk nipis pada helaian rambut agar rambut sehat berkilau
Manfaat jeruk nipis untuk rambut sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Ya, baik air jeruk nipis dan kulitnya dipercaya dapat menawarkan berbagai macam khasiat yang baik untuk rambut Anda. Memang, apa saja khasiat jeruk nipis untuk rambut?

Manfaat jeruk nipis untuk rambut

Jeruk nipis merupakan buah berbentuk kecil nan mungil yang menawarkan beragam nutrisi. Jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C yang tinggi.Di samping itu, karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, vitamin B6, thiamin, kalium, riboflavin, niacin, folat, fosforus, dan magnesiumDari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dan asam sitrat dipercaya paling bermanfaat bagi kecantikan rambut.Adapun berbagai manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah mengatasi ketombe
Manfaat jeruk nipis untuk ketombe berkat kandungan asam sitrat
Salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah mengatasi ketombe.Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum dialami oleh banyak orang.Penyebab ketombe muncul bisa disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang mengelupas secara berlebihan.Nah, jeruk nipis untuk ketombe dipercaya efektif dalam mengatasi ketombe.Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung di dalamnya.Kandungan asam sitrat pada buah-buahan citrus, termasuk lemon dan jeruk nipis, dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pada akar rambut.

2. Mengurangi rambut berminyak

Manfaat jeruk nipis untuk rambut berikutnya adalah mengurangi rambut berminyak.Rambut berminyak dapat terjadi akibat produksi minyak berlebih atau sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea.Akibatnya, tampilan rambut menjadi berminyak, terasa lengket, dan tampak kusam.Sifat air jeruk nipis yang mampu menyerap minyak mampu membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Membuat rambut jadi lebat adalah manfaat jeruk nipis untuk rambut
Jeruk nipis untuk rambut lebat berkat kandungan vitamin C
Merangsang pertumbuhan rambut agar lebih lebat juga jadi manfaat jeruk nipis untuk rambut.Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi.Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut, penipisan rambut, hingga kebotakan, tak ada salahnya untuk melakukan perawatan dengan jeruk nipis ini.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Tahukah Anda kalau manfaat jeruk nipis untuk rambut berkilau ada nyatanya?Ya, hampir semua perempuan tentu ingin memiliki rambut sehat yang berkilau.Untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan jeruk nipis secara teratur.Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut ini bisa diperoleh dengan mengoleskannya secara langsung pada helaian rambut, atau menambahkan air jeruk nipis pada sampo yang biasa Anda gunakan.

5. Mencerahkan warna rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut lainnya adalah mencerahkan warna rambut.Jeruk nipis merupakan zat pencerah alami yang mampu mengubah warna rambut menjadi lebih cerah.Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan asam sitrat yang berperan sebagai zat pencerah alami atau zat pengoksidasi.Air jeruk nipis dapat mencerahkan warna rambut dengan cara mengurangi pigmen warna rambut atau melanin.Ketika rambut terpapar sinar matahari, asam sitrat mampu mempercepat proses perubahan warna tersebut.Akan tetapi, manfaat jeruk nipis buat rambut ini akan terasa maksimal pada warna rambut yang lebih terang, seperti warna rambut pirang dan cokelat muda.Sedangkan, warna rambut lebih gelap mungkin tidak terlalu merasakan manfaat ini secara maksimal.Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Sudah Pernah Coba?

Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut yang aman

Penting diketahui bahwa keefektifan manfaat jeruk nipis untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Bagi Anda yang ingin memperoleh sejumlah manfaat jeruk nipis bagi rambut di atas, sah-sah saja untuk mencoba di rumah.Namun, sebelum menggunakannya pada area rambut dan kulit kepala, alangkah baiknya Anda melakukan tes pada kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan air perasan jeruk nipis pada area kulit siku bagian dalam.Jika tidak terjadi reaksi negatif, seperti kulit gatal, kulit kemerahan, atau pembengkakan, maka Anda cenderung aman menggunakan jeruk nipis untuk rambut.Sebaliknya, bila muncul reaksi negatif pada kulit, segera bilas kulit dan hindari pemakaiannya pada area rambut dan kulit kepala.Jika Anda aman menggunakannya, lakukan berbagai cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut yang bisa dicoba di bawah ini.

1. Cara menggunakan jeruk nipis untuk ketombe

Selalu cuci jeruk nipis sebelum coba manfaat jeruk nipis untuk rambut
Irisan jeruk nipis bisa dioleskan pada permukaan kulit kepala
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah menggosokkan irisan jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala.Selain itu, cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis lainnya adalah membilas rambut menggunakan air yang telah dicampur air perasan jeruk nipis.Terkadang, penggunaan jeruk nipis bisa membuat kulit kepala jadi kering.Untuk mencegahnya, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond.

2. Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut berminyak

Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut berminyak adalah gosokkan irisan jeruk nipis pada kulit kepala selama beberapa menit.Cara lainnya, Anda bisa membilas rambut dengan air yang sudah dicampurkan 1-2 sendok makan air perasan jeruk nipis.Kedua langkah tersebut diyakini dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala.

3. Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut berkilau

Manfaat jeruk nipis untuk rambut bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun
Campurkan air perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun
Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut berkilau adalah dengan menambahkan 2 sendok makan cuka apel dan air perasan jeruk nipis.Kemudian, oleskan pada helaian rambut Anda secara merata. Diamkan selama beberapa menit sebelum menggunakan kondisioner dan membilasnya hingga bersih.Anda juga bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan minyak zaitun secukupnya.Lalu, oleskan pada helaian rambut Anda sampai merata, sebelum keramas.Selain itu, Anda juga bisa menambahkan air jeruk nipis pada sampo yang biasa digunakan.Selanjutnya, oleskan pada helaian rambut Anda secara merata.

4. Cara menggunakan jeruk nipis untuk warna rambut lebih cerah

Cara menggunakan jeruk nipis untuk warna rambut yang lebih cerah bisa dilakukan dengan melarutkan air perasan jeruk nipis segar ke dalam segelas air. Kemudian, oles atau bilas pada rambut Anda.Anda juga bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis secara langsung pada helaian rambut secara merata.Apa pun metode yang digunakan, pastikan Anda mendiamkan rambut yang sudah diolesi air jeruk nipis terpapar sinar matahari. Anda bisa duduk di bawah paparan sinar matahari selama 1 jam.Jika sudah, bilas rambut dengan air dan sampo seperti biasa. Langkah ini dipercaya dapat membuat warna rambut Anda 2-3 kali lebih terang dari warna sebelumnya.Pastikan Anda selalu mencuci bersih jeruk nipis, terutama area kulitnya, sebelum menggosokkannya pada kulit kepala.Cara tersebut dapat mencegah perpindahan bakteri pada kulit buah ke area jeruk nipis bagian dalam.

Efek samping menggunakan jeruk nipis untuk rambut

Pada beberapa orang, penggunaan jeruk nipis untuk rambut dapat menimbulkan efek samping tertentu.Beberapa efek samping menggunakan jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Iritasi kulit

Salah satu efek samping menggunakan jeruk nipis untuk rambut adalah iritasi kulit.Kondisi ini dapat terjadi terutama pada orang-orang yang mengalami eksim atau psoriasis.Kadar asam sitrat yang terkandung pada jeruk nipis mungkin terlalu tinggi sehingga rentan menyebabkan penderita eksim atau psoriasis mengalami iritasi kulit.Jika Anda mengalami efek samping satu ini yang dimulai dengan munculnya kulit kemerahan, tanda-tanda iritasi, serta rasa gatal, segera hentikan pemakaian dan bilas kulit sampai bersih menggunakan air.

2. Reaksi phytophotodermatitis

Efek samping penggunaan jeruk nipis untuk rambut lainnya adalah reaksi phytophotodermatitis.Phytophotodermatitis adalah kondisi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu berinteraksi dengan sinar matahari.Kondisi tersebut ditandai dengan adanya peradangan dan lepuhan, serta munculnya bintik hitam atau pigmentasi berwarna gelap pada kulit selama beberapa hari.Meski tidak langsung menimbulkan efek pada rambut, phytophotodermatitis dapat muncul pada kulit kepala, terutama bila terpapar langsung oleh sinar matahari.Perlu diketahui bahwa kandungan asam sitrat pada jeruk nipis bisa membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.Jadi, berhati-hatilah bila Anda harus beraktivitas di luar ruangan setelah mengoleskan air jeruk nipis untuk rambut.Anda bisa mengoleskan sunscreen atau tabir surya pada rambut dan area kulit kepala yang lebih banyak terpapar sinar matahari.Gunakan sunscreen mengandung zinc oxide yang dapat melindungi kulit kepala dan warna rambut Anda dari bahaya sinar ultraviolet (UV).

Catatan dari SehatQ

Pastikan untuk berhati-hati sebelum menggunakan produk atau bahan alami apa pun pada area kulit, termasuk jeruk nipis.Alangkah lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan jeruk nipis untuk rambut.Dengan demikian, manfaat jeruk nipis untuk rambut bisa Anda dapatkan secara aman dan optimal.Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat jeruk nipis untuk rambut dan cara menggunakannya yang aman, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikankesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/lemon-for-hair
Diakses pada 15 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes#nutrition
Diakses pada 15 Februari 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lime.html
Diakses pada 15 Februari 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-lime-for-skin-hair-and-health/#hair-benefits-of-lime
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait