logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan, Mulai dari Kaya Vitamin C hingga untuk Kecantikan

open-summary

Jeruk nipis punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang cukup tinggi. Bahkan, jeruk nipis juga bisa berguna bagi kecantikan.


close-summary

16 Sep 2022

| Rena Widyawinata

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Ada banyak manfaat jeruk nipis, mulai dari kesehatan hingga kecantikan

Table of Content

  • Kandungan nutrisi jeruk nipis
  • Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
  • Efek samping mengonsumsi jeruk nipis berlebihan 
  • Catatan dari SehatQ

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis, membuatnya bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit berbahaya.

Advertisement

Simak selengkapnya khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dalam artikel ini.

Kandungan nutrisi jeruk nipis

Sama seperti jenis jeruk lainnya, salah satu kandungan utama dari ejruk nipis yang paling tinggi adalah vitamin C. Dalam 60 gram atau setara satu buah ukuran sedang, jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa memenuhi 22% kebutuhan harian tubuh.

Selain tinggi vitamin C, berikut kandungan nutrisi jeruk nipis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh: 

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Zat besi: 2% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium: 2% dari kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin B6: 2% dari kebutuhan harian tubuh
  • Thiamin: 2% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalium: 1% dari kebutuhan harian tubuh

Kalori jeruk nipis terbilang rendah, sehingga baik untuk program diet. Tak heran, banyak yang memakai jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah yang satu ini juga tinggi serat.

BACA JUGA: Apa Manfaat Minum Madu dan Jeruk Nipis untuk Tubuh?

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Meremajakan kulit

Salah satu khasiat jeruk nipis yang diamini banyak orang adalah untuk kecantikan. Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan antara lain berguna untuk meremajakan kulit. Ini tak lepas dari kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C adalah salah satu kandungan jeruk nipis yang paling tinggi. Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang. 

Tak hanya itu, jeruk nipis juga kaya antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

2. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk diet adalah membantu menurunkan berat badan. Ini berasal dari kandungan asam sitrat di dalamnya yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Untuk bisa menurunkan berat badan dengan jeruk nipis, Anda bisa minum segelas air jeruk nipis di pagi hari atau mengisap potongan jeruk nipis sebelum makan. Namun, apabila Anda memiliki GERD, sebaiknya berhati-hati.

Makanan yang terlalu asam justru dapat membuat asam lambung Anda naik.

3. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Ini jeruk nipis dapat membantu air liur dalam memecah makanan.

Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat merangsang produksi sekresi cairan pencernaan dan aktivitas usus.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Itu sebabnya, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin bisa jadi salah satu cara untuk mencegah flu.

Selain itu, daya tahan tubuh yang kuat juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit.

5. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi sangatlah penting untuk kesehatan. Mineral ini dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.

Vitamin C sendiri dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh lebih baik. Itu sebabnya, mengonsumsi vitamin C dari jeruk nipis juga dapat membantu mencegah anemia.

6. Menghambat pertumbuhan bakteri

Kandungan jeruk nipis yang bernama limonen dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berjenis Streptococcus. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi di rongga mulut dan saluran pernapasan.

7 . Mencegah kerusakan sel tubuh

Jeruk nipis mengandung antioksidan dapat mencegah kerusakan sel-sel di tubuh, yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, dan demensia.

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal Nutrients, walaupun suplemen vitamin C belum terbukti dapat memperbaiki gejala klinis, peluang bertahan hidup, dan kualitas hidup pada sebagian besar penderita kanker, minum vitamin C oral dapat membantu meningkatkan imunitas.

Banyak pasien kanker yang menjalani kemoterapi intensif kekurangan vitamin C. Vitamin C merangsang produksi dan aktivasi sel kekebalan. Pengobatan dengan vitamin C mungkin aman, dengan hampir tidak ada efek samping yang serius dan efek samping ringan yang minimal, bahkan dengan suplementasi intravena dosis tinggi.

8. Mengurangi peradangan

Berbagai penyakit salah satunya seperti rematik, asam urat, dan masalah sendi lainnya, disebabkan oleh peradangan atau inflamasi yang terjadi di tubuh. Jeruk nipis diketahui sebagai salah bahan alami yang bermanfaat menurunkan kadar asam urat.

Selain tiu, sebuah penelitian dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases meneliti konsumsi vitamin C beberapa orang. Hasilnya, orang yang paling sedikit mengonsumsi vitamin C 3 kali lebih tinggi berisiko mengalami artritis.

9. Menurunkan kadar gula darah

Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, manfaat jeruk nipis juga sangat berguna bagi orang yang memiliki diabetes. Sebab, orang diabetes juga rentan mengalami peradangan.

Belum lagi, jeruk nipis termasuk ke dalam buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Ini tidak akan membuat gula darah melonjak tinggi, terutama setelah mengonsumsinya.

10. Menjaga kesehatan jantung

Jeruk nipis kaya akan kandungan magnesium dan kalium. Kedua mineral inilah yang membuat jeruk nipis bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Kalium dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah. Dengan demikian, risiko serangan jantung dan stroke pun dapat berkurang.

Selain itu, kandungan limonin dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan angka kolesterol. 

11 . Mengurangi risiko kanker

Manfaat lain dari jeruk nipis, dan buah-buah sitrus lainnya, adalah menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu flavonoid. Jadi, sistem imun tubuh lebih kuat, sekaligus dapat membantu menangkal radikal bebas.

12 . Baik untuk otak

Jeruk nipis memiliki zat kimia khusus yang bermanfaat menjaga kesehatan sel otak dari zat beracun. Zat tersebut juga dapat membantu melawan kerusakan dan peradangan sel otak.

Hal ini bermanfaat untuk mencegah Anda dari beberapa penyakit otak dan saraf, seperti seperti Alzheimer dan Parkinson.

13 . Mencegah penyakit gusi

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan suatu kondisi yang disebut scurvy. Penyakit ini ditandai dengan gusi yang bengkak, terjadinya perdarahan, dan gigi goyang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air jeruk nipis hangat rutin setiap pagi. Mengonsumsi jeruk nipis yang kaya akan kandungan vitamin C bisa menjadi jalan Anda untuk mencegah penyakit gusi ini.

14. Mengatasi bau ketiak

Siapa sangka bahwa jeruk nipis juga bisa bermanfaat untuk masalah bau badan. Beberapa orang menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu cara menghilangkan bau badan.

Ini karena kandungan antioksidan dan antibakteri yang dapat mengurangi bau badan. 

Selain itu, aroma jeruk nipis yang kuat bisa membantu menyamarkan bau keringat berlebih pada tingkat tertentu. Namun, efek ini biasanya bersifat sementara dan bisa hilang setelah beberapa saat.

BACA JUGA: Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Cara Menggunakannya yang Aman

Efek samping mengonsumsi jeruk nipis berlebihan 

Secara umum, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Namun, Anda tetap perlu waspada karena asam yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Misalnya saja, jika Anda menempelkan jeruk nipis di luka terbuka, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, atau jerawat, Anda bisa merasakan sensasi perih yang amat sangat.

Selain itu, jika dikonsumsi berlebihan, kandungan asam yang tinggi juga dapat memicu adanya gangguan pencernaan, seperti sakit maag pada orang yang memiliki riwayat penyakit GERD. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, jeruk nipis juga dapat merusak gigi dan membuatnya mudah berlubang.

Pada beberapa orang, mengonsumsi jeruk nipis bisa menyebabkan munculnya gejala alergi seperti bentol-bentol yang terasa gatal, bengkak, dan sesak napas. Jika hal ini terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Catatan dari SehatQ

Jeruk nipis sering kali digunakan sebagai pengobatan alami mengingat manfaatnya yang sangat banyak. Meski demikian, menjadikan jeruk nipis sebagai pengobatan utama bagi masalah kesehatan Anda bukanlah hal tepat.

Jeruk nipis bisa dijadikan pendamping, tapi tidak sebagai pengobatan utama. Akan tetapi, jika Anda mencari makanan dengan sumber vitamin C tinggi, jeruk nipis adalah pilihan tepat.

Pasalnya, penyerapan vitamin C yang berasal dari makanan jauh lebih baik ketimbang suplemen. Apabila Anda bingung soal seberapa banyak atau amannya Anda mengonsumsi jeruk nipis atau efek sampingnya, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

jus jerukhidup sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved