Manfaat Jeruk Baby sebagai MPASI, Tingkatkan Imunitas hingga Redakan Sembelit


Manfaat jeruk baby untuk si Kecil sangat beragam. Konsumsi buah ini membantu meningkatkan imunitas, memperkuat tulang, mencegah anemia, hingga mendukung proses tumbuh kembang anak.

(0)
Tingkat keasaman jeruk baby berbeda dari jeruk biasaJeruk baby memiliki rasa lebih manis dan cocok untuk MPASI
Saat bayi telah mencapai usia 6 bulan, orangtua umumnya akan mulai mengombinasikan ASI dengan buah-buahan untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Salah satu buah yang kerap dijadikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah jeruk baby.Pemberian jeruk baby sebagai MPASI dapat membantu proses tumbuh kembang dan menjaga kesehatan anak. Manfaat jeruk baby untuk si Kecil ini tak lepas dari kandungan beragam nutrisi, vitamin, dan mineral yang  terdapat di dalamnya.

Kandungan nutrisi dalam jeruk baby

Kandungan nutrisi yang ada dalam jeruk baby kurang lebih sama dengan jeruk pada umumnya. Bedanya, jeruk ini mempunyai tingkat keasaman yang lebih rendah sehingga membuat rasanya lebih manis.Berikut ini nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam 154 gram jeruk manis, termasuk jeruk baby:
  • Kalori: 70
  • Serat: 7 gram
  • Gula: 14 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Vitamin A: 30 mikrogram
  • Vitamin C: 78 miligram
  • Kalsium: 60 miligram
  • Zat besi: 0,4 miligram

Manfaat jeruk baby untuk kesehatan si Kecil

Konsumsi jeruk baby sebagai MPASI memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Beberapa potensi manfaat jeruk baby yang bisa didapatkan oleh buah hati Anda, antara lain:

1. Meredakan sembelit

Ketika mulai mengonsumsi MPASI, bayi kerap mengalami sembelit karena minim konsumsi makanan yang mengandung serat. Jeruk baby dapat memberi asupan serat yang dibutuhkan oleh si Kecil. Serat bisa membantu meredakan masalah sembelit yang diderita oleh buah hati Anda.

2. Memperkuat tulang

Jeruk bayi merupakan buah yang kaya akan kandungan mineral seperti kalsium serta fosfat. Kedua mineral tersebut berperan penting dalam proses pembentukan dan penguatan tulang. Selain itu, asupan kalsium dan fosfat yang cukup dapat membantu mencegah serangan penyakit seperti rakhitis pada anak. Penyakit ini mengakibatkan pelemahan tulang serta pelunakan sendi.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C di dalam jeruk baby membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Ketika sistem imunitas bayi Anda kuat, risiko terserang penyakit seperti demam dan batuk tentunya akan semakin berkurang.

4. Mencegah anemia

Konsumsi jeruk baby secara rutin sebagai MPASI dapat membantu mencegah bayi Anda mengalami anemia. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk baby.Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk mendukung proses penyerapan zat besi. Zat besi merupakan mineral yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga risiko anemia pada bayi bisa dikurangi.

5. Dukung tumbuh kembang anak

Sumber vitamin dan mineral yang baik, konsumsi jeruk baby sebagai MPASI turut membantu proses tumbuh kembang anak. Buah ini bermanfaat untuk tahun pertama perkembangan bayi, yang merupakan salah satu periode kritis untuk tumbuh kembang si Kecil. 

6. Meningkatkan kesehatan mata

Jeruk baby merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan flavonoid. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai macam fitonutrien seperti alfa dan beta-karoten, lutein, serta cryptoxanthin.Vitamin dan fitonutrien tersebut berguna untuk meningkatkan kesehatan mata bayi Anda. Tak hanya membuat fungsi penglihatan menjadi lebih optimal, nutrisi-nutrisi yang ada dalam buah ini turut mengurangi risiko glaukoma (kerusakan saraf mata) ketika anak tumbuh dewasa.

Kapan bayi boleh mengonsumsi jeruk sebagai MPASI?

Bayi sudah boleh mengonsumsi jeruk baby ketika usianya memasuki 6 bulan. Anda dapat memeras jeruk baby dan memberikan sarinya pada si Kecil. Saring dulu perasan air jeruk untuk memastikan tidak ada biji jeruk yang berpotensi membuat anak tersedak.Untuk memulainya, Anda bisa memberi bayi Anda jeruk dengan jumlah sedikit terlebih dahulu. Dua atau tiga hari setelahnya, periksa apakah konsumsi jeruk baby menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, bengkak, muntah, atau sesak napas pada anak.Jika tidak menunjukkan adanya tanda-tanda alergi atau masalah kesehatan, Anda bisa terus memberikan jeruk baby sebagai MPASI. Sebaliknya, apabila konsumsi jeruk mengakibatkan gangguan kesehatan pada anak, segera bawa si Kecil ke dokter. 

Catatan dari SehatQ

Konsumsi jeruk baby untuk MPASI memberikan beragam manfaat untuk bayi Anda. Manfaat jeruk baby untuk kesehatan si Kecil antara lain meningkatkan imunitas, memperkuat tulang, mencegah anemia, hingga mendukung proses tumbuh kembang anak.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai manfaat jeruk baby untuk kesehatan si Kecil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tumbuh kembang bayimpasimakanan bayi
Healthline. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-my-baby-eat-oranges_1368511
Diakses pada 23 Februari 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-my-baby-eat-oranges_1368511
Diakses pada 23 Februari 2021
Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/oranges-for-babies-benefits-and-recipes/
Diakses pada 23 Februari 2021
Parenting Healthy Babies. https://parentinghealthybabies.com/5-health-benefits-of-orange-in-baby-food/
Diakses pada 23 Februari 2021
Eat This Much. https://www.eatthismuch.com/food/nutrition/sweet-oranges,2286429/
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait