Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Adakah Risikonya Bila Dikonsumsi?


Jambu biji merupakan salah satu buah yang aman dan kaya manfaat bagi ibu hamil. Meskipun manfaat jambu biji untuk ibu hamil sangat banyak, mengonsumsinya secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

(0)
Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang juga berguna bagi janin dalam kandunganJambu biji yang sudah matang tergolong aman dikonsumsi pada masa kehamilan
Pada masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah jambu biji. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang juga berguna bagi janin dalam kandungan. Meskipun begitu, ada sejumlah hal terkait efek samping yang ditimbulkan ketika mengonsumsi jambu biji pada masa kehamilan yang perlu dipertimbangkan.

Bolehkah ibu hamil makan jambu biji?

Ibu hamil boleh makan jambu biji. Bahkan, buah dengan nama latin Psidium guajava ini mengandung nutrisi yang penting untuk kehamilan. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini tidak lepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, yakni kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram atau sekitar 1 buah besar jambu biji, mengandung sekitar 87 mg vitamin C. Selain mengandung vitamin C, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi dalam jambu biji yang dibutuhkan selama kehamilan antara lain adalah:
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, tembaga, seng, dan kalium
  • Beta karoten
  • Vitamin C, B1, B2, B3, dan B9
Meskipun mengandung banyak nutrisi penting, Anda harus memastikan bahwa buah yang hendak dikonsumsi benar-benar matang. Selain itu, Anda disarankan untuk tidak makan jambu biji secara berlebihan, yakni memakan hanya dalam porsi kecil (sekitar 100 hingga 125 gram) agar terhindar dari risiko kesehatan yang mungkin bisa ditimbulkan.Baca juga: 11 Sumber Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil dan Standar Kebutuhan Gizi yang Harus Dipenuhi

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Nutrisi dalam jambu biji memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi ibu hamil, jambu biji memberikan manfaat yang spesifik seperti:

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Menurut penelitian, jambu biji dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti peningkatan asam lambung atau GERD, diare, dan sembelit yang sering terjadi selama masa kehamilan. Dalam penelitian disebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji membantu mengurangi keluarnya asam lambung dan mencegah diare. Sayangnya penelitian ini baru dilakukan pada hewan percobaaan.Masih dibutuhkan uji coba lebih lanjut untuk menilai efektivitasnya pada manusia. Di sisi lain, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu mengatasi sembelit. 

2. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil adalah mengurangi risiko tekanan darah tinggi
Ibu hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi yang bisa berisiko sebabkan preklampsia
Beberapa ibu hamil kerap kali mengalami preeklampsia, sebuah komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Preeklampsia kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau hati. Menurut penelitian, senyawa dalam daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko komplikasi dengan menghambat enzim pemicu tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi jambu biji saat hamil dapat meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit.

4. Mengatur kadar gula darah

Kandungan kalium dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan tekanan darah supaya tetap terkendali. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh daun jambu biji juga dapat membantu menurunkan gula darah. Hal ini meminimalkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan antioksidan yang ada dalam jambu biji dapat membantu mencegah kanker pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C dan likopen dalam jambu biji juga dapat membantu detoksifikasi tubuh.

6. Membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi

Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam jambu biji dapat membantu perkembangan otak serta sistem saraf pada bayi. Selain itu, asam folat diketahui juga dapat membantu mencegah bayi mengalami kelainan tabung saraf (spina bifida).Mencukupi nutrisi vitamin B9 atau asam folat saat hamil juga akan mengurangi risiko kecacatan pada otak bayi, seperti anensefali.

7. Mengontrol kolesterol darah

Baik untuk kesehatan jantung, kandungan serat dalam jambu biji membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Tingginya kandungan serat larut yang ada di dalam jambu biji dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

8. Menenangkan pikiran

Selama masa kehamilan, Anda melepaskan kortisol ketika stres. Hal ini bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan anda. Kandungan magnesium yang ada dalam jambu biji membantu melemaskan saraf dan otot sehingga rasa stres Anda pun ikut berkurang.

9. Membantu meningkatkan penyerapan zat besi

Selain dapat menangkal radikal bebas, vitamin C yang tinggi dalam buah jambu biji juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Zat besi adalah salah satu nutrisi yang memiliki peran penting untuk membantu menyuplai oksigen ke janin.Selama kehamilan, zat besi dibutuhkan 2 kali lipat lebih banyak. Jika kekurangan zat besi, ibu hamil berisiko mengalami anemia yang bisa membuat bumil mudah pusing, cepat lelah dan lemas.

10. Membantu perkembangan janin

Kandungan mineral tembaga dalam jambu biji dapat membantu membentuk sel darah merah untuk mencukupi kebutuhan oksigen janin. Bukan hanya itu, mineral ini juga membantu pembentukan jantung, pembuluh darah, serta sistem rangka dan saraf bayi dalam kandungan.

Apa saja risiko mengonsumsi jambu biji pada masa kehamilan?

Jambu biji yang matang aman dikonsumsi ibu  hamil
Pilih jambu biji yang sudah matang dan cuci bersih sebelum dikonsumsi
Manfaat jambu biji untuk ibu hamil memang banyak, namun sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Jika ibu hamil makan jambu biji dalam porsi yang pas, buah ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Sebaliknya, ketika dikonsumsi secara berlebihan, tingginya kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat Anda terkena diare.Sama seperti buah lain, kulit luar jambu biji biasanya mengandung bahan kimia, entah itu dari pestisida atau pengawet. Bahan kimia tersebut berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin jika dikonsumsi secara rutin. Mencuci jambu biji juga dapat menghindarkan dari kontaminasi kuman dari luar. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencuci jambu biji terlebih dahulu hingga bersih sebelum mengonsumsinya.Anda juga bisa mengonsumsi jus jambu biji untuk ibu hamil sebagai menu harian. Namun, pastikan jus yang dibuat tidak mengandung gula berlebihan.Baca juga: Kehamilan Sehat: Ketahui 7 Ciri dan Cara Menjaganya

Catatan dari SehatQ

Jambu biji merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat dan aman dikonsumsi ibu hamil. Meski ibu hamil boleh makan jambu biji dan buah ini mempunyai manfaat yang sangat banyak, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Apabila Anda mengalami masalah kesehatan setelah memakan jambu biji, konsultasikan ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat jambu biji untuk ibu hamil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
nutrisi ibu hamilibu hamildaun jambu biji
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/guava-pregnancy#fertility
Diakses pada 27 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-guava-pregnancy_0022537/
Diakses pada 27 Agustus 2020
FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-guava-fruit-pregnancy-safe/
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait