logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Beragam Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

open-summary

Manfaat jambu biji untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan trombosit ketika demam berdarah, mengatasi diare, meringankan nyeri haid, hingga mendukung penurunan berat badan. Jambu biji termasuk buah yang tinggi vitamin C sehingga baik untuk meningkatkan sistem imun.


close-summary

9 Agt 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat jambu biji untuk kesehatan antara lain mendukung penurunan berat badan, meringankan nyeri haid, dan mengatasi diare

Manfaat jambu biji untuk kesehatan ada beragam

Table of Content

  • Kandungan gizi jambu biji
  • Manfaat jambu biji untuk kesehatan
  • Cara menikmati manfaat jambu biji
  • Apakah boleh minum jus jambu setiap hari?
  • Catatan dari SehatQ

Salah satu manfaat jambu biji untuk kesehatan yang paling dikenal adalah sebagai obat alami demam berdarah. Namun tahukah Anda jika ternyata masih sangat banyak manfaat lain yang bisa didapatkan.

Advertisement

Manfaat jambu biji juga tidak hanya bisa diperoleh dari buah tapi juga daunnya. Daun jambu biji dipercaya bisa meredakan diare dan mengurangi nyeri haid.

Berikut penjelasan lebih lanjut seputar manfaat jambu biji dan kandungan gizinya yang baik untuk tubuh.

Kandungan gizi jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin c yang lebih tinggi dari jeruk
Kandungan gizi jambu biji sangat berlimpah

Jambu biji adalah salah satu buah yang tinggi vitamin dan mineral, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram buah jambu biji terkandung: 

  • Air: 86 gram
  • Energi: 49 kal
  • Protein: 0.9 gram
  • Lemak: 0.3 gram
  • Karbohidrat: 12.2 gram
  • Serat: 2.4 gram
  • Abu: 0.6 gram
  • Kalsium: 14 miligram
  • Fosfor: 28 miligram
  • Zat besi: 1.1 miligram 
  • Natrium: 10 miligram
  • Tembaga: 0.02 gram
  • Zinc: 0.3 miligram
  • Beta karoten: 27 microgram
  • Vitamin B1 (Thiamin): 0.02 miligram
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0.03 miligram
  • Niasin: 0,8 gram
  • Vitamin C: 87 miligram

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji bahkan melebihi kadar vitamin C pada jeruk. Tak tanggung-tanggung, kandungan tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C sekitar 206%.

Jambu biji juga mengandung vitamin A dan vitamin B9 atau asam folat. Kadar vitamin A tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 7%.

Sementera itu, setiap 55 gram daging buah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B9 hingga 7%. Kandungan jambu merah lainnya adalah vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B3, hingga vitamin B6.

Baca juga: Manfaat Jambu Mete yang Baik untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Berikut ini manfaat jambu biji untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Membantu mengobati demam berdarah

Gambar manfaat jambu biji untuk demam berdarah
Manfaat jambu biji untuk demam berdarah didapatkan dari kandungan tanin dan vitamin C

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah sebagai buah untuk menanggulangi demam berdarah. Manfaat ini bukan muncul tanpa alasan, karena kandungan tanin, flavonoid, dan vitamin C yang ada pada jambu biji bisa membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh.

Selain itu, dengan makan jambu biji selama sakit demam berdarah, maka daya tahan tubuh bisa membaik dan mengurangi risiko penyebaran virus demam berdarah dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Jambu biji adalah salah satu buah yang mengandung banyak air dan rendah kalori. Karena itu, banyak orang menganggap manfaat jambu biji untuk menurunkan berat badan bukan lah isapan jempol belaka. 

Tidak hanya berkalori rendah, jambu biji juga berserat tinggi dan membuat cepat kenyang, sehingga cocok dijadikan camilan sehat. 

3. Meringankan nyeri haid

Nyeri haid pada wanita kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi ekstrak daun jambu biji ditemukan mampu meringankan rasa nyeri saat sedang menstruasi.

manfaat jambu biji merah dalam menanggulangi nyeri haid ditemukan pada studi ini. Hasilnya mendapati bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji sebanyak enam miligram per hari mampu menurunkan rasa sakit akibat menstruasi melebihi obat antinyeri.

4. Menurunkan tekanan darah

Jambu biji juga mengandung antioksidan dan diyakini mampu menurunkan risiko tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Serupa dengan jus jambu berguna untuk mengobati kanker, potensi jambu biji merah dalam menanggulangi hipertensi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C dalam jambu biji baik untuk dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh. Jambu biji bukan hanya bisa dijadikan sumber serat, tetapi juga sumber vitamin C.

Selain itu, manfaat jus jambu merah dalam menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berasal dari kandungan vitamin C-nya, tapi juga dari kandungan antimikroba yang mampu melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

6. Mengatasi diare

Gambar daun jambu biji untuk mengobati diare
Daun jambu biji bisa mengobati diare

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah mengatasi diare. Namun, manfaat jambu biji merah dalam mengobati diare terletak pada bagian daunnya.

Ekstrak daun jambu biji dapat dijadikan obat diare karena bisa mengurangi intensitas dan durasi dari diare. Daun ini juga mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare.

7. Menjaga kesehatan kulit

Ingin terlihat menawan dan awet muda? Anda dapat mempertimbangkan mengonsumsi jambu biji. Manfaat jambu biji merah untuk kecantikan adalah melindungi kulit melalui kandungan vitamin dan antioksidannya yang dapat mencegah penuaan dini serta mencegah keriput.

Selain itu, Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan daun jambu biji yang memiliki senyawa antiradang dan antimikroba.

Namun, studi tambahan masih dibutuhkan untuk melihat lebih jauh manfaat jambu biji terhadap kulit.

8. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat jambu biji merah dalam menurunkan kadar gula darah berasal dari daunnya. Daun jambu biji ditemukan dapat menjaga gula darah dan dinilai efektif untuk pengobatan diabetes tipe 2 pada tikus .

Daun jambu biji yang dijadikan teh ternyata juga efektif dalam menurunkan gula darah pada penderita gejala diabetes.

9. Menyehatkan pencernaan

Jambu biji termasuk sebagai salah satu buah yang tinggi serat, sehingga  mampu mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Jus jambu merah juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan tidak menyebabkan maag.

10. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih dan menurunkan kolesterol jahat.

Studi menemukan bahwa terdapat penurunan kolesterol pada tikus yang diberikan jambu biji merah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. 

11. Meringankan gejala osteoarthritis

Gejala osteoarthritis dapat diringankan dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji.

Pada sebuah penelitian, manfaat jambu biji merah dalam mengatasi gejala osteoarthritis ditemukan dapat melindungi jaringan tulang rawan pada tikus yang menderita osteoartritis.

Namun, riset terhadap manfaat jambu biji terhadap osteoarthritis pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

12. Mengobati flu

Manfaat jambu biji untuk kesehatan adalah menyembuhkan flu
Manfaat jambu biji untuk kesehatan salah satunya menyembuhkan flu

Flu adalah salah satu penyakit yang dipercaya bisa mereda dengan konsumsi jambu biji. Penelitian menunjukkan bahwa teh jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus flu.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat jambu biji untuk mengobati flu, tetapi Anda bisa mengonsumsi jambu biji selama sakit sebagai salah satu asupan sehat karena buah ini tinggi vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  

13. Meredakan batuk

Sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Ethnopharmacology menyatakan, daun jambu mengandung senyawa anti-batuk dan antimikroba. Jadi tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi juga daunnya. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat jambu biji yang satu ini.

14. Meningkatkan kesehatan mulut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jambu adalah buah yang serba guna. Sebab, tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tapi juga daunnya.

Dipercaya, ekstrak daun jambu dipercaya dapat menghilangkan plak pada gigi. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jambu ini.

15. Baik untuk otak

Manfaat jambu biji selanjutnya ialah baik untuk kesehatan otak. Sebab, buah yang rasanya lezat ini mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Hal ini diyakini mampu merangsang fungsi kognitif dan membuat saraf menjadi rileks.

16. Berpotensi mengobati kanker

Manfaat jambu biji yang cukup mencengangkan adalah sebagai obat antikanker. Manfaat ini ditemukan pada bagian daunnya yang dipercaya dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menelusuri manfaat jambu biji sebagai obat antikanker.

Baca juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Cara menikmati manfaat jambu biji

Jus jambu biji bisa memberikan manfaat jambu biji untuk kesehatan
Manfaat jambu biji bisa didapatkan dari jus jambu biji

Anda bisa mendapatkan manfaat jambu biji dengan mengonsumsi buahnya langsung ataupun dijadikan jus.Untuk membuat jus jambu biji yang lezat bergizi, sebaiknya Anda tidak menggunakan terlalu banyak pemanis.

Adapun bahan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah jambu biji merah
  • 1 gelas air
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara membuat:

  • Kupas buah jambu biji kemudian potong kecil
  • Masukan buah yang sudah dipotong ke dalam blender kemudian campurkan dengan air dan gula
  • Saris jus jambu hingga halus dan sajikan di gelas
  • Tambahkan es batu di atasnya agar lebih segar

Pastikan Anda tidak membuat jus buah dengan terlalu banyak pemanis buatan. Jika ingin menambah rasa, Anda bisa tambahkan bahan alami, seperti madu, kayu manis, hingga daun mint. 

Apabila Anda ingin mengonsumsi daun jambu biji, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai cara konsumsi yang paling baik. Beberapa suplemen dan obat ada yang sudah mengandung daun jambu biji yang bisa dibeli bebas. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan ikuti instruksi yang ada di kemasan.

Apakah boleh minum jus jambu setiap hari?

Minum jus jambu setiap hari sebenarnya diperbolehkan, asal tidak berlebihan. Namun, tetap perhatikan asupan gula dalam jus buah yang jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan. 

Buah mengandung gula dalam bentuk fuktosa yang hanya bisa diolah oleh organ hati. Jika mengonsumsi jus buah berlebihan, asupan gula yang dikonsumsi dari jumlah buah dan gula atau susu kental manis bisa membuat hati mengolah terlalu banyak fruktosa dalam tubuh.

Akibatnya, sebagian gula akan diubah menjadi lemak dan kalori jus jambu menjadi bertambah. Jika dikonsumsi berlebihan, jus buah juga dapat berdampak buruk bagi orang yang obesitas atau memiliki penyakit metabolik lainnya, seperti kencing manis, karena kandungan gula berlebih dalam tubuh dapat memperburuk kondisi penyakit tersebut.

Baca juga: Sari Buah Jus vs Minuman Rasa Buah, Lebih Sehat yang Mana?

Catatan dari SehatQ

Manfaat jambu biji tidak hanya untuk mengobati diare dan demam berdarah, tetapi juga mendukung penurunan berat badan bahkan mengobati flu. Jambu biji secara umum pun aman untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda tertarik untuk memanfaatkan jambu biji sebagai pengobatan alternatif, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

Jika ingin berkonsultasi secara langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

buah dan sayurandaun jambu biji

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved