Sederet Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui


Selain sebagai salah satu sumber zat besi, manfaat jambu air untuk ibu hamil, yaitu membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, hingga mengontrol diabetes.

(0)
25 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kaya akan kandungan nutrisi baik, manfaat jambu air untuk ibu hamil sangat beragamJambu air kaya akan vitamin A yang baik untuk ibu hamil
Selama kehamilan, Anda disarankan banyak makan makanan bergizi seperti buah dan sayur untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Mungkin Anda bertanya, di antara banyak jenis buah dan sayuran, apakah ibu hamil boleh makan jambu air? Nyatanya, jambu air adalah salah satu buah yang baik untuk kehamilan. Mengonsumsi jambu air memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat jambu air untuk ibu hamil adalah menjadi sumber zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan.Selain mengandung tinggi zat besi, jambu air juga mengandung banyak air. Jambu jenis ini juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Selain itu, berikut berbagai nutrisi lain yang menjadikan manfaat jambu air untuk ibu hamil sayang untuk dilewatkan.

Kandungan jambu air

Jambu air memiliki bentuk menyerupai lonceng dengan daging buah yang berserat. Jambu ini memiliki sejumlah varietas warna, mulai dari putih, hijau, merah muda, hingga merah. Rasa jambu air cenderung manis dan lembut sehingga bisa Anda santap secara langsung. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jambu air, antara lain:
  • 93 gram air
  • 25 kalori
  • 0,6 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 5,7 gram karbohidrat
  • 29 mg kalsium
  • 0,07 mg zat besi
  • 5 mg magnesium
  • 8 mg fosfor
  • 123 mg kalium
  • 0,06 mg zinc
  • 0,02 mg tembaga
  • 0,03 mg mangan
  • 339 IU vitamin A
  • 22,3 mg vitamin C
  • 0,02 mg tiamin
  • 0,03 mg riboflavin
  • 0,8 mg niacin
Selain itu, jambu air juga mengandung senyawa organik tumbuhan, seperti jambosine, betulinic acid, dan friedel lactone. Khusus untuk ibu hamil, kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam buah ini dapat memberikan manfaat bagi ibu dan janin yang dikandungnya.Baca juga: 11 Sumber Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil dan Standar Kebutuhan Gizi yang Harus Dipenuhi

Manfaat jambu air untuk ibu hamil

Jambu air mengandung tinggi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. WHO berpendapat bahwa vitamin A dalam jambu biji berperan penting untuk menjaga kesehatan penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, sekaligus pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan air dalam jambu ini juga dapat membuat tubuh ibu hamil tetap terhidrasi meski dilanda gejala kehamilan seperti sering buang air kecil. Selain beberapa khasiat di atas, manfaat jambu air untuk ibu hamil lainnya yang tak kalah baik, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Ibu hamil lebih rentan mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Jambu air dapat menjadi solusi masalah ini karena kandungan serat makanan yang ada di dalamnya dapat mencegah sembelit dan kembung, sekaligus menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. 

2. Mengendalikan diabetes

Sebagian ibu hamil memiliki risiko mengalami diabetes gestasional, yakni jenis diabetes yang secara khusus terjadi selama kehamilan. Namun, senyawa organik jambosine yang terdapat dalam jambu air terbukti efektif dalam mengendalikan diabetes. Selain itu, jambu air juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Berbagai nutrisi dan kandungan serat makanan yang tersedia dalam jambu air dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dan kalium yang terkandung dalam buah ini mampu mengendalikan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah guna mencegah penyakit kardiovaskular. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu air dapat meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin dan mineral yang di dalamnya. Vitamin C dalam jambu air mampu melindungi tubuh dari infeksi mikroba, sementara vitamin A mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif. Nutrisi penting lainnya, seperti zat besi dan kalsium, bisa menjaga tubuh tetap kuat dan sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dalam jambu air berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga sel-sel kulit tetap sehat dan melindunginya dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kandungan tinggi vitamin C juga dapat membantu mencegah masalah kehamilan.

6. Sumber zat besi

Salah satu manfaat jambu air baik untuk ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin dalam tubuh yang diperlukan saat mengandung. Zat besi dapat membantu memproduksi lebih banyak darah, mengantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, menekan risiko keguguran, dan mencegah kelahiran prematur.Baca juga: 8 Buah yang Mengandung Zat Besi

Tips mengonsumsi buah jambu air untuk ibu hamil

Jambu air umumnya bisa dimakan begitu saja dalam kondisi segar, bahkan tidak lama setelah dipetik dari pohonnya. Jambu air, baik yang berwarna merah atau putih, bisa Anda jadikan sebagai salah satu buah pada rujak yang dicocol sambal kacang atau garam, maupun pada rujak Betawi dan jenis rujak lainnya.Tak hanya itu, buah jambu air juga dapat dikonsumsi secara rutin dengan menjadikannya campuran pada sajian salad dalam koktail buah. Meski tidak terlalu populer, jambu air juga bisa diolah menjadi sirup, jeli, selai, atau produk awetan lainnya, seperti asinan dan manisan.Meski ada banyak manfaat jambu air untuk ibu hamil, sebaiknya Anda jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Pasalnya, bahaya jambu air bagi ibu hamil yang dikonsumsi melewati batasan dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk. Ibu hamil makan jambu air sebaiknya sewajarnya saja dan pastikan untuk mencuci buah ini terlebih dahulu sebelum menyantapnya untuk menghilangkan kuman-kuman atau pestisida yang menempel.Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
nutrisi ibu hamilhamilkehamilanmakanan untuk hamilibu hamil
WHO. https://www.who.int/elena/titles/vitamina_pregnancy/en/
Diakses pada 11 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/baby/are-you-getting-enough-iron#1
Diakses pada 11 Agustus 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/rose-apples.html
Diakses pada 11 Agustus 2020
Medindia. https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-rose-apple.htm
Diakses pada 11 Agustus 2020
Purdue University. https://hort.purdue.edu/newcrop/morton/rose_apple.html
Diakses pada 31 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait