Segarnya Manfaat Jalan Pagi Ini Tak Bisa Anda Anggap Remeh

Tak hanya untuk kesehatan fisik, jalan pagi memiliki manfaat untuk kondisi psikologis Anda
Tak hanya untuk kesehatan fisik, jalan pagi juga baik untuk kondisi psikologis Anda

Jalan pagi mungkin masih menjadi angan-angan bagi Anda, yang terlalu sulit bangun pagi. Padahal, manfaat jalan pagi untuk kesehatan, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lantas selama ini, apa yang Anda lakukan saat alarm berdering membangunkan? Anda mungkin akan memencet tombol “snooze”, tertidur lagi beberapa saat, atau mungkin terbirit-birit ke kamar mandi.

Namun, kemungkinan sebaliknya pun bisa terjadi. Anda menjalankan beberapa “ritual” pagi yang positif. Misalnya, minum segelas air hangat, menyeruput secangkir kopi, atau berjemur mencari sinar matahari.

Segarnya manfaat jalan pagi berikut tak bisa disepelekan

Selain ritual pagi di atas, jalan pagi berkeliling kompleks juga bisa Anda lakukan agar tubuh senantiasa sehat. Manfaat jalan pagi tersebut, tak hanya untuk organ di tubuh, tapi juga meningkatkan kualitas psikologis Anda.

Ada sejumlah manfaat jalan pagi yang bisa Anda dapatkan. Manfaat tersebut, mulai dari memberikan energi untuk menjalani hari, mengurangi stres, bahkan berpotensi menurunkan berat badan.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat jalan pagi, yang sebaiknya tak Anda lewatkan.

1. Memberikan energi

Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa Anda gunakan, untuk melewati hari tersebut. Beberapa kajian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

Apabila Anda bangun dan merasa lelah, melakukan jalan pagi dapat menjadi aktivitas positif, yang layak dicoba.

2. Melengkapi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas fisik

Sebagai orang dewasa yang sehat, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 150-300 menit, dalam satu minggu. Kebutuhan tersebut, bisa Anda bagi dalam 5 hari, masing-masing 30 menit per hari untuk melakukan jalan pagi.

3. Memperbaiki mood

Tak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis Anda. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas.

Jalan pagi
Jalan pagi dapat membantu memperbaiki mood

Tak hanya itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko Anda untuk terkena kondisi depresi.

4. Menurunkan berat badan

Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori.

Namun harus diingat, penting bagi Anda untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.

5. Membantu Anda menjalani rutinitas harian

Memulai hari dengan melakukan jalan pagi, akan membantu Anda dalam menjalani aktivitas yang hendak dikerjakan. Setelah jalan pagi, pikiran Anda dapat menjadi lebih jernih, tanpa terburu-buru.

Manfaat jalan pagi untuk rutinitas tersebut, misalnya, dapat menginspirasi Anda untuk menyiapkan sarapan yang sehat.

Isi perut sebelum lakukan jalan pagi

Jalan pagi menjadi gaya hidup sehat yang menyenangkan. Sebelum melakukannya, pastikan Anda tidak melakukan jalan pagi dengan perut kosong. Setidaknya, isilah perut Anda dengan camilan maupun minuman sehat, untuk memberikan energi.

Beberapa camilan sehat, yang bisa Anda konsumsi sebelum melakukan jalan pagi, yakni:

  • Kopi susu
  • Jus buah tanpa gula
  • Buah pisang
  • Sepotong roti gandum panggang dengan balutan selai kacang
  • Smoothie buah
  • Seporsi kecil oatmeal
Buah pisang
Konsumsi buah pisang sebelum lakukan jalan pagi, untuk dapatkan sedikit tenaga

Setelah melakukan jalan pagi, Anda bisa menyiapkan sarapan yang juga menyehatkan. Pastikan juga untuk tidak kebablasan dalam mengonsumsi sarapan, terutama jika sedang berusaha menurunkan berat badan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/morning-walking-benefits
Diakses pada 15 Oktober 2019

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/what-and-when-should-i-eat-before-a-morning-walk-3436420
Diakses pada 15 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed