8 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

(0)
15 Jul 2020|Fadli Adzani
Manfaat jagung untuk ibu hamil ternyata masih jarang diketahui banyak orang.Manfaat jagung untuk ibu hamil ternyata sangat beragam.
Manfaat jagung untuk ibu hamil memang jarang diketahui. Namun jangan sekali-kali meremehkan khasiat jagung untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.Sebab, sayuran berwarna kuning ini mengandung banyak nutrisi penting untuk bumil dalam menjaga kesehatan diri dan perkembangan sang anak di dalam rahimnya.Mari mengenal manfaat jagung untuk ibu hamil beserta efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Manfaat jagung untuk ibu hamil

Tidak sedikit bumil yang ngidam jagung saat sedang mengandung. Sebagian dari mereka bertanya-tanya, “Apa saja manfaat jagung untuk ibu hamil? Apakah ada efek sampingnya?”.Tenang saja. Ada berbagai penjelasan ilmiah mengenai manfaat jagung untuk ibu hamil, yang bisa memantapkan keinginan wanita mengonsumsinya tanpa rasa cemas saat sedang mengandung.Berikut ini adalah manfaat jagung untuk ibu hamil yang masih jarang diketahui.

1. Mengurangi risiko cacat lahir

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang sangat penting ialah mengurangi risiko cacat lahir. Tahukah Anda bahwa jagung memiliki kandungan asam folat yang bisa menjaga janin dari cacat lahir?Salah satu penyakit cacat lahir, spina bifida (sumsum tulang belakang gagal berkembang), pun dapat dicegah dengan mengonsumsi jagung saat mengandung.Selain asam folat, manfaat jagung untuk ibu hamil dalam mencegah cacat lahir juga datang dari kandungan zeaxanthin dan asam patogennya.

2. Mengatasi sembelit

Para wanita yang sedang hamil mungkin sudah “akrab” dengan kondisi sembelit. Ya, sembelit menjadi salah satu gejala awal kehamilan yang sangat mengganggu.Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan seratnya. Serat dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan para bumil, sehingga sembelit bisa diatasi.

3. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat jagung untuk ibu hamil tidak hanya menyehatkan fungsi otak sang ibu, tapi juga ampuh dalam membantu perkembangan otak janin.

4. Menyehatkan sistem saraf dan otot

Jagung
Manfaat jagung untuk ibu hamil
Jagung juga bermanfaat dalam mendukung perkembangan sistem saraf dan otot Si Kecil yang masih berada di dalam rahim. Sebab, jagung mengandung tiamin alias vitamin B1, yang bisa membantu perkembangan otot dan sistem saraf.

5. Menjaga imunitas tubuh janin

Kandungan beta karoten yang dimiliki jagung, dapat membantu tubuh Anda memproduksi vitamin A. Salah satu nutrisi terpenting ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan bayi.

6. Meningkatkan kesehatan mata janin

Jagung pun dipercaya ampuh dalam meningkatkan kesehatan mata janin. Sebab, jagung mengandung banyak antioksidan, seperti lutein, yang dianggap mampu menjaga perkembangan mata janin.

7. Mencegah tumor

Munculnya tumor saat kehamilan memang jarang terjadi. Namun bukan berarti tumor tidak bisa tumbuh saat Anda sedang mengandung.Untuk mencegah datangnya tumor itu, konsumsilah jagung. Sebab, sayuran lezat ini mengandung senyawa fenolik seperti asam ferulic yang bisa menurunkan risiko tumor pada bumil.

8. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh bumil bisa meningkat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Bahkan, hal ini bisa terjadi pada bumil yang tidak memiliki kolesterol tinggi sekalipun.Sayangnya, untuk para bumil yang memang punya riwayat kolesterol tinggi, jumlah kolesterol mereka bisa melambung saat hamil.Untungnya, manfaat jagung untuk ibu hamil bisa membantu para wanita menurunkan kadar kolesterol jahatnya (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Efek samping mengonsumsi jagung saat hamil

Jagung
Manfaat jagung untuk ibu hamil
Tidak diragukan lagi, manfaat jagung untuk ibu hamil memang sangat menguntungkan bagi ibu dan bayi di dalam kandungan.Namun ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi jagung saat sedang hamil. Sebab, jagung mengandung asam lemak yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika.Beberapa wanita juga bisa mengalami masalah pencernaan jika mengonsumsi jagung terlalu banyak saat hamil.
Beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan sebelum bumil mengonsumsi jagung:
  • Makanlah jagung sebelum kesegarannya menghilang
  • Simpanlah jagung di dalam wadah yang tertutup rapat di kulkas
  • Pilihlah jagung segar, bukan jagung kaleng atau beku
  • Hindari bumbu pemanis atau penyedap yang ditaburkan pada jagung
Berbagai hal di atas penting membantu Anda mendapatkan manfaat jagung untuk ibu hamil yang maksimal.

Catatan dari SehatQ:

Sama seperti sayuran lainnya, tentu jagung memiliki banyak manfaat untuk kehamilan. Namun ingat, apapun yang baik jika dikonsumsi berlebihan, berpotensi menimbulkan efek samping yang merugikan.Maka dari itu, raihlah manfaat jagung untuk ibu hamil dengan mengonsumsinya sesuai anjuran dokter. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada dokter mengenai makanan lain yang bisa menyehatkan ibu dan janin.
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilanbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-corn-in-pregnancy-is-it-safe/#:~:text=A%20Little%20More%20About%20Corn,-Corn%2C%20also%20called&text=It%20comprises%20of%20vitamin%20C,taste%20of%20sweet%20corn%20appealing.
Diakses pada 1 Juli 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/health-benefits-of-corn-nothing-corny-here-1777137
Diakses pada 1 Juli 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/nutritional-benefits-corn-pregnancy_0085957/
Diakses pada 1 Juli 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/tumorsandpregnancy.html#:~:text=Benign%20tumors%20aren't%20cancer,treatments%20are%20safe%20during%20pregnancy.
Diakses pada 1 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/manage-cholesterol-levels-during-pregnancy
Diakses pada 1 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait