7 Manfaat Jagung Ungu, Benarkah Lebih Sehat dari Jagung Biasa?


Manfaat jagung ungu untuk kesehatan bisa beragam. Mulai dari menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, mengurangi risiko obesitas, hingga menjaga kesehatan otak.

0,0
Jagung ungu mengandung banyak serat dan gizi yang baik untuk kesehatanManfaat jagung ungu untuk kesehatan salah satunya adalah menurunkan tekanan darah
Jagung ungu adalah salah satu jenis jagung yang banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan. Selain dimakan langsung, jagung ini juga sering dipakai sebagai bahan pewarna makanan dan minuman.
Jagung bisa memiliki warna ungu pekat karena mengandung banyak antosianin. Senyawa ini mengatur warna biji, seperti ungu, violet, dan merah, yang banyak terkandung dalam sayur maupun buah.Kandungan antosianin inilah yang nantinya membuat jagung ungu mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat jagung ungu untuk kesehatan

Sama seperti jagung biasa, jagung warna ungu juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah itu?
Gambar pembuluh darah sehat, menggambarkan manfaat jagung ungu untuk pembuluh darah
Jagung ungu baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah

1. Baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah

Antosianin yang ada pada jagung ungu memiliki sifat antioksidan. Dengan ini, senyawa ini bisa mencegah terjadinya aterosklerosis atau penyakit penyumbatan pembuluh darah.Zat sntosianin juga dapat melindungi sel-sel yang ada di dinding pembuluh darah, sehingga risiko kerusakan bisa lebih rendah.

2. Menurunkan retensi insulin

Resistensi insulin adalah gangguan penggunaan hormon insulin di tubuh, yang bisa berujung pada menumpuknya kadar gula darah. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami obesitas maupun diabetes.Jagung ungu dipercaya berpotensi membantu dalam menurunkan resistensi insulin di tubuh, sehingga bisa membantu untuk menstabilkan kadar gula darah.U.S Department of Agriculture (USDA) menyebutkan bahwa pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, pemberian antosianin yang terdapat pada jagung ungu mampu menurunkan resistensi insulin sebanyak 29-64%.Penelitian lebih lanjut memang masih perlu dilakukan untuk melihat manfaat tersebut pada manusia. Namun hal ini membuktikan bahwa jagung ungu berpotensi sebagai salah satu bahan untuk memperbaiki kadar resistensi insulin.

3. Baik untuk kesehatan otak

Manfaat jagung ungu selanjutnya adalah sebagai makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak.
Sebagai organ vital, otak sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif. Tapi risiko ini bisa dikurangi bila Anda banyak mengonsumi makanan bergizi, salah satunya jagung ungu.
Kandungan antosianin dalam jagung ungu kembali menjadi jagoan dalam hal ini. Senyawa ini dapat mencegah zat perusak otak bernama tirosin dalam melakukan nitrasi.Nitrasi dari nitrosin telah terbukti menjadi penyebab utama kerusakan otak, penyakit degeneratif otak, dan trauma otak.
Gambar alat ukur tensi karena jagung ungu bisa bantu menurunkan tekanan darah
Manfaat jagung ungu salah satunya menurunkan tekanan darah

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jagung ungu dalam menurunkan tekanan darah sudah pernah diteliti di hewan uji maupun manusia. Kedua riset ini menunjukkan hal serupa, yaitu terjadinya penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, penurunan tekanan darah terjadi signifikan.Sementara riset kecil yang dilakukan pada 30 orang Peru, menunjukkan bahwa jagung ungu bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi tahap awal, dengan angka tekanan darah 139/88 mmHg menjadi 132/81 mmHg.

5. Mencegah kanker

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Institute of Food Technologies mengenai manfaat kesehatan jagung ungu, menyebutkan bahwa tanaman ini dapat bertindak sebagai zat anticarcinogenic.Artinya, jagung ungu dianggap berpotensi untuk membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti:

6. Mencegah penyakit yang berkaitan dengan obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit yang disebut sebagai sindrom metabolik. Penyakit yang termasuk dalam sindrom ini meliputi diabetes tipe 2, hiperglikemia, hipertensi, hiperlipidemia, dan penyakit jantung.Jagung ungu sudah beberapa kali diteliti bisa membantu untuk mencegah terjadinya sindrom metabolik. Bahkan, hasil penelitian pada hewan uji menunjukkan bahwa tanaman ini bisa mencegah obesitas.

7. Alternatif pewarna makanan yang lebih alami

Sebagian besar pewarna makanan yang tersebar di pasaran memang sudah lulus uji keamanan. Namun penggunaannya tetap saja perlu dibatasi.Sebagai pengganti pewarna makanan tersebut, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat warna makanan lebih menarik.Sebagai contoh, daun pandan sudah sering dipakai di Indonesia untuk mendapatkan warna hijau. Namun sebagai alternatif baru guna memperoleh warna ungu atau merah alami, Anda bisa memanfaatkan jagung ungu.Selain memberikan warna ungu, kandungan antosianin dalam jagung ini akan sekaligus membuat tubuh Anda lebih sehat berkat manfaat baiknya.

Catatan dari SehatQ

Jagung ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari mencegah obesitas, hipertensi, hingga kanker. Meski tanaman ini belum banyak dikembangkan di Indonesia, Anda bisa mulai menjadikannya sebagai alternatif karbohidrat yang sehat.Namun supaya bisa mendapatkan khasiat jagung ini secara maksimal, Anda juga perlu mengolahnya dengan cara yang sehat. Jangan lupa juga untuk menyertakan konsumsi makanan sehat serta olahraga teratur demi tubuh yang sehat.Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat jagung ungu untuk kesehatan maupun bahan makanan lain yang baik sesuai kondisi kesehatan Anda, diskusikan secara langsung pada dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di Appstore maupun Google Play.
makanan sehatseratbuah dan sayurankarbohidrat
U.S Department of Agriculture. https://www.usda.gov/media/blog/2019/08/01/purple-corn-offers-benefits-inside-and-out
Diakses pada 16 November 2021
AKG FKM UI. https://akg.fkm.ui.ac.id/jagung-ungu-sumber-karbohidrat-berwarna-unik-dan-berkhasiat-tinggi/
Diakses pada 16 November 2021
Institute of Food Technologist. https://ift.onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/1541-4337.12249
Diakses pada 16 November 2021
Badan Litbang Kementerian Pertanian RI. http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/jagung-ungu/
Diakses pada 16 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait