4 Manfaat Ikan Tongkol, Si Daging Merah Penuh Nutrisi

Termasuk golongan tuna, manfaat ikan tongkol pun berlimpah
Ikan tongkol segar yang banyak dijual di pasaran

Bagi orang Indonesia, ikan tongkol adalah sumber protein yang mudah didapat. Ikan ini memiliki harga yang cukup terjangkau, serta rasanya juga gurih. Selain dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, manfaat ikan tongkol untuk kesehatan juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Banyak orang bilang ikan tongkol (Euthynnus affinis) adalah ikan tuna lokal karena kemiripan dagingnya yang sama-sama tebal dan berwarna merah tua. Klaim ini tidak sepenuhnya salah karena ikan tongkol dan tuna sama-sama datang dari keluarga yang sama, yakni Scrombidae.

Bedanya, ukuran ikan tongkol lebih kecil dengan berat tubuh yang lebih ringan dari tuna biasa. Di Indonesia, ikan tongkol juga dijual dalam bentuk pindang, yakni terlebih dahulu diolah dengan cara dikukus agar lebih awet dan memiliki rasa yang lebih gurih karena sudah digarami.

Kandungan nutrisi pada ikan tongkol

Meski relatif terjangkau, kandungan nutrisi dalam ikan tongkol cukup banyak sehingga ikan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menyebut ikan ini kaya akan protein, lemak, mineral, dan kadar abu yang tinggi.  

Kandungan lemak yang paling banyak terdapat pada ikan tongkol adalah asam omega-3 yang baik untuk kesehatan. Selain itu, ia juga mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin D, B6, B12, serta zat besi.

Meski demikian, ikan dari keluarga tuna merupakan jenis makanan laut yang mengandung sedikit karbohidrat, gula, dan serat. Hal ini membuatnya kurang mengenyangkan sehingga Anda perlu mengonsumsinya bersamaan dengan nasi atau sayur untuk melengkapi kandungan gizinya.

Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan berlemak yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan tongkol bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan usai mengonsumsinya:

  • Menyehatkan otak dan mata

Manfaat ikan tongkol ini berhubungan dengan kandungan omega-3 DHA di dalam dagingnya. Pada anak-anak, omega-3 yang satu ini dapat memaksimalkan fungsi otaknya. Sedangkan pada orangtua, omega-3 ini dapat menjaga kesehatan mata.

  • Menjaga kesehatan jantung

Pada ikan tongkol juga terdapat omega-3 EPA yang fungsinya menjaga kesehatan jantung agar selalu berdetak secara normal. Asam lemak baik ini dapat menurunkan kandungan trigliserida di dalam pembuluh darah sehingga Anda memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami aritmia (ketidakteraturan irama jantung) maupun penumpukan lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

  • Melindungi saluran cerna

Manfaat ikan tongkol ini juga datang dari kandungan omega-3 di dalam dagingnya. Makan ikan tongkol dipercaya dapat mencegah munculnya sel kanker di organ pencernaan maupun pada bagian ovarium wanita.

Meski demikian, manfaat ini baru sebatas klaim dan sugesti dari masing-masing orang yang memakan ikan tongkol. Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan hubungan makan ikan tongkol dengan pencegahan kanker.

  • Memperkuat otot

Manfaat ikan tongkol lainnya datang dari kandungan protein sehingga dapat Anda jadikan sebagai alternatif daging merah dari hewan darat. Protein pada ikan tongkol dipercaya dapat memperkuat dan meningkatkan massa otot, menambah daya tahan tubuh, dan mengikat lemak sehingga baik untuk diet.

Jangan berlebihan saat makan ikan tongkol

Karena ikan tongkol merupakan ikan laut, ada kemungkinan dagingnya mengandung merkuri. Orang dengan kondisi lebih rentan (misalnya ibu hamil dan anak-anak) sebaiknya membatasi konsumsi ikan ini hingga maksimal 170 gram per minggu.

Meski demikian, kandungan logam berat dalam ikan tongkol biasanya hanya sedikit dan tidak membahayakan kesehatan manusia. Anda pun tidak perlu takut makan ikan yang satu ini karena manfaat ikan tongkol lebih banyak dibanding efek buruknya bagi kesehatan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/7671/3/BL201180.pdf
Diakses pada 23 Februari 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/tuna-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114019
Diakses pada 23 Februari 2020

Pemkab Buleleng. https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/10-manfaat-ikan-tongkol-bagi-kesehatan-68
Diakses pada 23 Februari 2020

Dairy Council of California. https://www.healthyeating.org/Healthy-Eating/All-Star-Foods/Protein/Article-Viewer/Article/89/Health-Benefits-of-Tuna-and-Salmon
Diakses pada 23 Februari 2020

Artikel Terkait