Kandungan Gizi Ikan Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan


Manfaat ikan laut datang dari kandungan omega-3 yang kaya. Omega-3 ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk berbagai penyakit kronis.

(0)
makan ikan laut punya banyak manfaat untuk kesehatan jantungManfaat ikan laut yang terkenal adalah kaya asam lemak omega-3 yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh
Manfaat ikan laut sudah dikenal sejak lama karena kandungan protein yang tinggi dan kalori yang rendah. Tidak heran, ikan laut sering kali menjadi salah satu menu makanan untuk program diet, dan kerap direkomendasikan para ahli untuk menjaga kesehatan.  

Kandungan gizi ikan laut yang sayang untuk Anda lewatkan

Selain tinggi protein dan rendah kalori, ikan laut juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, serta lemak jenuh yang diperlukan tubuh untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harianBerdasarkan Delaware Sea Grant College Program, manfaat makan makanan laut, seperti ikan dan kerang dalam setiap porsi (3 ons) mampu menyediakan sekitar 30-40% jumlah protein yang direkomendasikan setiap harinya. Berikut ini beberapa kandungan gizi ikan laut yang bermanfaat bagi tubuh:
  • Protein
  • Asam lemak omega-3 
  • Rendah kolesterol
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin D
  • Vitamin A
  • Selenium
  • Seng (zinc)
  • Yodium
  • Zat besi

Manfaat ikan laut bagi kesehatan

Manfaat ikan laut yang utama adalah berkat kandungan gizi omega-3 di dalamnya
Manfaat ikan laut yang utama adalah berkat kandungan gizi omega-3 di dalamnya
Berbagai  kandungan gizi ikan laut di atas, membuat sumber pangan hewani yang satu ini memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Salah satu manfaat makan ikan laut datang dari tingginya kandungan omega-3 di dalamnya yang baik untuk jantung.Ikan laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Omega-3 yang diturunkan dari eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Omega-3 juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sudah menjadi rahasia umum bahwa kolesterol jahat merupakan pencetus berbagai penyakit termasuk penyakit jantung dan stoke. Bahkan, The American Heart Association merekomendasikan konsumsi 1.000 mg EPA/DHA per hari bagi pasien penyakit jantung koroner. Selain itu, anjuran untuk mengonsumsi ikan atau makanan laut dua kali dalam seminggu turut menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu “pembunuh diam-diam” yang kerap kali dikaitkan dengan penyakit jantung dan stoke. Nah, makan ikan laut atau seafood lainnya bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Lagi-lagi, manfaat yang satu ini datang berkat kandungan omega-3 dalam ikan laut. Omega-3 diketahui terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Asal, selama proses memasaknya Anda tidak menambahkan terlalu banyak garam.

3. Menurunkan risiko obesitas

Salah satu manfaat makan makanan laut (seafood) dapat mencegah obesitas karena rendah lemak
Salah satu manfaat makan makanan laut (seafood) dapat mencegah obesitas karena rendah lemak
Ikan dan seafood lainnya memiliki kandungan lemak yang cenderung rendah, yakni kurang dari 5 persen. Sebagian besar lemak pada makanan laut juga termasuk lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan, seperti asam lemak omega-3.Ikan dan makanan laut juga tidak luput dari kandungan kolesterol. Namun, hampir semua makanan laut kandungan kolesterolnya tidak lebih dari 100 mg per porsi (3 ons). Memakannya dalam batas wajar tentu tidak akan membuat kadar kolesterol Anda melonjak drastis. Selain itu, protein dari ikan laut biasanya lebih mudah dicerna sehingga nutrisinya terserap sempurna. Jika Anda sedang dalam program menuju berat badan ideal, tidak ada salahnya menjadikan ikan laut sebagai salah satu menu makanan Anda sehari-hari. Anda bisa mengolahnya dengan cara dikukus, rebus, atau dipepes untuk membantu proses diet Anda

4. Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Selama masa kehamilan, ibu direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan laut karena kandungan omega-3 dan mineral seng (zinc) di dalamnya. Omega-3 dan zinc diketahui baik untuk perkembangan otak dan penglihatan pada janin, serta pertumbuhan sel.Selain itu, ikan laut memiliki kandungan protein lengkap dengan kandungan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal janin, serta perkembangan saraf bayi.

5. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Kandungan gizi ikan laut, yakni vitamin B kompleks, sejak lama dikaitkan dengan perkembangan sistem saraf dan kesehatan otak. Kandungan selenium pada ikan laut yang bersifat antioksidan juga dapat mencegah kerusakan sel. Bahkan, banyak ahli menyatakan bahwa omega-3 pada ikan laut berperan menurunkan risiko depresi, ADHD, Alzheimer, hingga demensia. Selenium juga berperan melawan efek negatif merkuri yang berbahaya bagi kesehatan, termasuk kesehatan otak. Kandungan merkuri sendiri kerap kali ditemukan pada ikan laut pemangsa, seperti hiu dan king mackerel. Selain itu, proses industri pada makanan laut kalengan juga turut memengaruhi kandungan merkuri pada ikan

6. Menjaga kesehatan mata

VItamin A dalam ikan membantu menjaga kesehatan mata
VItamin A dalam ikan membantu menjaga kesehatan mata
Salah satu manfaat ikan laut yang juga bisa Anda dapatkan adalah menjaga kesehatan mata. Ini karena kandungan vitamin A yang terkandung dalam ikan laut. Bukan hanya vitamin A, kandungan omega-3 lagi-lagi juga bermanfaat untuk perkembangan visual dan kesehatan retina mata, serta mencegah mata kering. 

7. Membangun jaringan dan otot

Protein merupakan zat pembangun organ tubuh. Hampir sebagian besar penyusun komponen sel tubuh adalah protein. Untuk itu, sebagai sumber protein yang tinggi, ikan laut juga dapat menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk membangun jaringan dan otot. Selain itu, kandungan mineral seperti seng juga turut membantu dalam proses pembentukan sel dan jaringan tubuh. Itulah sebabnya, ikan matang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. 

8. Menjaga kesehatan tulang

Selain kaya akan asam lemak omega-3, kandungan gizi ikan laut yang juga terkenal adalah sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.Vitamin D berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Dalam hal ini, ikan kecil yang dimakan utuh bersama tulang, seperti ikan teri dan sarden, merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk tulang. 

9. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Seng (zinc) yang terkandung dalam ikan laut merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan sel. Sebagaimana dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, zinc memengaruhi berbagai aspek dari sistem imun dan membantu perkembangan fungsi sel. Itu sebabnya, manfaat makan ikan laut salah satunya adalah menjaga sistem imun tubuh.Tak hanya itu, zinc pada makanan laut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas penyebab kanker.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat makan ikan laut juga dapat menjaga kesehatan kulit
Manfaat makan ikan laut juga dapat menjaga kesehatan kulit
Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A dalam ikan laut juga berfungsi menjaga kesehatan kulit.  Tidak hanya itu, peran mineral selenium dalam ikan laut yang bersifat antioksidan juga dapat mencegah kulit dari paparan radikal bebas. 

11. Menjaga kesehatan pada penderita gangguan tiroid

Yodium memiliki peran penting dalam produksi dan regulasi hormon tiroid. Konsumsi yodium melalui makanan perlu mendapat perhatian khusus. Melansir British Journal of Cancer, kekurangan dan kelebihan yodium sama-sama memberikan efek buruk bagi kelenjar tiroid. Bagi penderita hipotiroid, ikan laut mungkin saja dianjurkan karena mengandung yodium yang dibutuhkan. Berbeda halnya dengan penderita hipertiroid, makanan tinggi yodium justru perlu dihindari. Selain yodium, kandungan zat besi, vitamin D, vitamin B, kalsium, dan selenium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tiroid. 

12. Menjaga kesehatan pada penderita anemia 

Bagi penderita anemia, tidak ada salahnya memasukkan ikan laut atau seafood ke dalam menu makanan Anda. Pasalnya, ikan laut juga bisa menjadi salah satu makanan penambah darah karena kandungan zat besinya. Zat besi diketahui dapat berperan dalam membantu produksi sel darah merah. 

Catatan dari SehatQ

Konsumsi ikan laut sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi, menjaga kesehatan tubuh, hingga mencegah penyakit kronis. Anda dapat memasukkan ikan laut dan seafood lainnya dalam menu makanan Anda. Pada prinsipnya, sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Potensi adanya paparan merkuri pada makanan laut juga perlu diwaspadai.Itulah sebabnya, The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan sebanyak dua kali seminggu pada orang sehat, yakni dengan ukuran 3,5 ons per porsinya. Jumlah ini dapat berbeda pada orang dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil, anak-anak, lansia, atau orang dewasa yang memiliki penyakit tertentu. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terkait konsumsi ikan dan makanan laut lainnya agar tidak memperburuk kondisi kesehatan Anda, serta manfaat makan seafood dapat diperoleh dengan optimal.Anda juga bisa berkonsultasi tentang manfaat ikan laut dan makanan laut yang cocok dengan kondisi Anda menggunakan fitur chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
makanan sehatmakanan peningkat kalsiummakanan mengandung omega 3hidup sehat
Delaware Sea Grant. https://www.seafoodhealthfacts.org/seafood-nutrition/healthcare-professionals/seafood-nutrition-overview
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Washington State Department of Health. https://www.doh.wa.gov/communityandenvironment/food/fish/healthbenefitsAmerican Heart Association. https://www.heart.org/HEARTORG/General/Fish-and-Omega-3-Fatty-Acids_UCM_303248_Article.jsp
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Seafood Nutrition Partnership. https://www.seafoodnutrition.org/advice/reasons-seafood-should-be-on-your-table/
Diakses tanggal 14 Juni 2021
British Heart Foundation. https://www.bhf.org.uk/what-we-do/news-from-the-bhf/news-archive/2020/february/fish-oils-and-blood-pressure-powers
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes#eggs
Diakses tanggal 14 Juni 2021
British Journal of Cancer. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2375394/
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326275
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hypothyroidism-diet#foods-to-eat
Diakses tanggal 14 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait