Manfaat Ikan Dori Lokal untuk Kesehatan yang Tidak Perlu Diragukan


Manfaat ikan dori untuk kesehatan sangatlah beragam. Berita mengenai bahaya ikan dori idealnya perlu dicek kembali faktanya. Pasalnya, ikan dori lokal telah terbukti menyehatkan.

(0)
14 Feb 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Banyak manfaat ikan dori lokal untuk kesehatan yang sayang dilewatkan.Daging ikan dori yang sudah di-fillet
Manfaat ikan dori untuk kesehatan sempat menjadi perdebatan, beberapa tahun lalu. Pasalnya, ikan yang banyak diimpor dari Vietnam ini terbukti mengandung zat-zat berbahaya, seperti zat kimia pemutih tripolifosfat jenis sodium tripolyphosphate (STTP) yang melebihi standar.Ikan dori yang dimaksud bukanlah ikan berwarna biru yang menjadi bintang dalam serial animasi Finding Nemo dan Finding Dory. Tokoh dori dalam animasi itu adalah jenis ikan regal blue tang yang hidup di laut.Dori di sini juga bukanlah ikan john dory yang hidup di laut. Namun, dori yang dibahas dalam artikel ini adalah jenis ikan air tawar yang menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia sebetulnya sama dengan ikan patin (Pangasius).

Jeli dalam memilih ikan dori lokal

Seperti ikan berdaging putih pada umumnya, ikan dori memiliki jumlah kalori yang sedikit sehingga cocok dijadikan menu diet pada orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebaliknya, ikan dori kaya akan protein dan lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega 3 (meski jumlahnya tidak sebanyak yang terdapat pada ikan salmon atau makarel). Bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, Anda dapat memaksimalkan manfaat dori untuk diet, lho.Hingga saat ini, KKP belum membuka lagi kran impor ikan dori, terutama yang berasal dari Vietnam. Jika Anda menemukan produk fillet ikan dori di pasaran, pastikan ikan tersebut merupakan dori lokal (alias patin) yang relatif lebih aman dikonsumsi.Salah satu cara membedakan dori impor dan lokal ialah dari warna dagingnya. Pada dori impor, warna daging ikannya sangat putih, sedangkan dori lokal memiliki daging yang agak merah muda.Selain itu, harga dori impor justru relatif lebih murah dibanding dori lokal. Bagi beberapa pedagang yang menjual dori impor wajib menyatakannya dalam label kemasan.Membedakan dori lokal dengan impor ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan manfaat ikan dori untuk kesehatan, bukan sebaliknya.

Manfaat ikan dori untuk kesehatan

Saat ini, jenis ikan dori lokal (patin) yang beredar juga banyak macamnya. Mereka di antaranya adalah patin Siam (Pangasius hypopthalmus), Jambal (Pangasius djambal Bleeker), Pasupati, Nasutus, serta hasil silangan Siam dan Nasutus (hibrid Nasutus).Dari sisi kandungan nutrisinya, patin Siam mengandung asam amino esensial paling tinggi dibanding patin alias dori lokal lainnya. Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat ikan dori untuk kesehatan, antara lain:
  • Menyehatkan janin dan bayi

Berdasarkan studi, manfaat ikan dori bisa dinikmati oleh siapa saja, tak terkecuali ibu hamil dan janinnya. Ikan dori lokal mengandung nutrisi berupa Docosahexaeonic acid (DHA) yang dapat mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan.Ikan dori juga merupakan salah satu pilihan protein yang baik dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI) bayi. Pasalnya, DHA dikenal sebagai zat yang dapat meningkatkan kemampuan otak serta kesehatan mata anak. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa manfaat ikan dori untuk bayi sangatlah menguntungkan.
  • Menstabilkan kadar kolesterol

Mengonsumsi ikan dori lokal secara reguler dipercaya dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darahkarena kandungan lemak tak jenuh yang bisa mencapai 50 persen dari total nilai gizi yang dikandungnya. Untuk merasakan manfaat ikan dori ini, Anda sebaiknya memasak ikan dori bukan dengan cara digoreng.
  • Menyehatkan jantung

Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan dori juga mampu mengurangi kandungan lemak jenuh yang menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, jantung koroner, dan stroke.
  • Menyehatkan otot

Seperti disebutkan sebelumnya, ikan patin kaya akan protein sehinga sangat baik untuk memperkuat, mengencangkan, dan menambah massa otot. Manfaat ikan dori dilihat dari kadar proteinnya juga dapat menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, serta menambah kekuatan tubuh secara keseluruhan.
  • Menyehatkan tulang dan gigi

Manfaat ikan dori lainnya datang dari kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Kedua zat ini terbukti bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi dan menurunkan risiko Anda terkena osteoporosis.

Resep ikan dori rumahan

Jika Anda familier dengan menu fish and chips yang sering kali disajikan di restoran-restoran, bahan utama dari hidangan tersebut adalah ikan dori, lho. Di samping itu, ikan dori lokal dapat juga diolah sebagai menu rumahan, seperti hidangan ikan patin asam manis.

Bahan-bahan

  • 3 siung bawang merah yang diiris
  • 1/2 kg ikan patin
  • 2 buah cabe merah (dipotong)
  • 2 buah tomat (dipotong)
  • 6 cabe rawit (dipotong)
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih yang diiris
  • beberapa potongan buah nanas (opsional)

Cara membuat resep ikan patin asam manis

  • Potong-potong ikan patin dalam ukuran yang tidak terlalu besar maupun kecil.
  • Baluri ikan patin dengan perasan jeruk nipis agar bau amis hilang, lalu diamkan hingga 5 menit
  • Goreng ikan patin, lalu tiriskan
  • Tumis semua bahan-bahan yang disebutkan dan tambahkan gula, garam, serta lada bubuk sesuai selera
  • Masukkan ikan patin yang telah dimasak
  • Sajikan hidangan dan nikmati selagi hangat

Satu hidangan asam manis ini memiliki sekitar:

  • 196 kalori
  • 3.96 gram lemak
  • 6.62 gram protein
  • 2548 mg sodium
Tak perlu takut mengonsumsi ikan dori lokal karena manfaat ikan dori untuk kesehatan sangatlah banyak. Sebagai tindakan preventif, Anda sebaiknya memastikan ikan ini dimasak hingga matang sehingga menghilangkan bakteri yang mungkin ada di dalamnya. Selain itu, pilihlah resep ikan dori dan olahan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan pastikan asupan gizi hidangan tidak melebihi satuan konsumsi yang dianjurkan.
makanan sehat
Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. https://news.kkp.go.id/index.php/bkipm-entikong-gagalkan-penyelundupan-dori-vietnam/
Diakses pada 13 Februari 2020
Litbang KKP. https://www.bbp4b.litbang.kkp.go.id/jurnal-jpbkp/index.php/jpbkp/article/view/419
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/basa-fish
Diakses pada 13 Februari 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/dha-for-children-89181
Diakses pada 13 Februari 2020
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. https://dkp.jatimprov.go.id/index.php/2018/08/24/7-manfaat-dan-keunggulan-ikan-patin/
Diakses pada 13 Februari 2020
Kumparan. https://kumparan.com/kumparanbisnis/kkp-dori-itu-sama-dengan-ikan-patin-1GpX2s
Diakses pada 13 Februari 2020
Detikcom. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3676694/perhatikan-ini-beda-patin-lokal-dan-patin-vietnam-yang-berbahaya
Diakses pada 13 Februari 2020
Craftlog Indonesia. https://craftlog.com/id/memasak/ext-resep-ikan-patin-nenas-asam-manis-3wvRH
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait