logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Manfaat Hula Hoop Begitu Menggoda untuk Dicoba, Apa Saja?

open-summary

Manfaat hula hoop ternyata begitu banyak untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Mulai dari membakar kalori hingga meningkatkan keseimbangan, semuanya terlalu sayang untuk dilewatkan.


close-summary

0

28 Nov 2020

| Maria Yuniar

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat hula hoop antara lain mengecilkan lingkar pinggang

Manfaat hula hoop untuk kesehatan antara lain mengurangi risiko penyakit jantung

Table of Content

  • Manfaat hula hoop untuk kesehatan dan kebugaran
  • Tips bermain hula hoop untuk pemula
  • Catatan dari SehatQ

Manfaat hula hoop tidak hanya layak dinikmati oleh anak-anak sebagai permainan sekaligus olahraga. Sebagai orang dewasa, Anda pun bisa merasakan manfaatnya. Bagaimana tidak? Dengan perlengkapan yang cukup sederhana, Anda sudah bisa berolahraga dengan menyenangkan.

Advertisement

Menemukan kegiatan yang menyenangkan sebagai bentuk olahraga adalah kunci untuk membuat Anda berkomitmen melakukannya. Selain termotivasi, Anda pun bisa menunjukkan kemajuan dalam melakukannya.

Akan lebih bagus lagi jika aktivitas tersebut mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda. Saat mencari jawaban untuk semua persyaratan tadi, bermain hula hoop pun jadi pilihan yang tepat.

Manfaat hula hoop untuk kesehatan dan kebugaran

no caption
Bermain hula hoop mampu membakar kalori

Berdasarkan penelitian, berolahraga menggunakan hula hoop bisa membakar kalori per menit dengan jumlah yang sama, ketika Anda melakukan latihan aerobik, boot camp, maupun jalan cepat.

Apa saja kehebatan hula hoop bagi tubuh Anda? Berikut ini manfaat melakukan olahraga yang menyenangkan ini.

1. Membakar kalori

Memastikan defisit kalori merupakan tujuan terpenting ketika Anda sedang menurunkan berat badan. Namun selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik menyenangkan, yang juga bisa membakar kalori.

Ternyata, bermain hula hoop bisa disejajarkan dengan menari salsa, swing, maupun belly dancing, dalam hal membakar kalori. Dengan bermain hula hoop selama 30 menit, wanita bisa membakar 165 kalori. Sementara itu untuk porsi latihan yang sama, pria dapat membakar 200 kalori.

2. Mengecilkan lingkar pinggang dan pinggul

Dengan olahraga membakar kalori serta diet yang tepat, Anda pun bisa mengurangi lemak tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, bermain hula hoop pun efektif mengurangi lingkar pinggang dan pinggul.

Sebuah riset yang melibatkan 13 wanita membuktikan, bermain hula hoop selama 6 minggu, berhasil mengurangi lingkar pinggang rata-rata 3,4 cm dan 1,4 cm untuk lingkar pinggul.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Latihan kardio atau yang juga dikenal sebagai aerobik, berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sekaligus memperlancar sirkulasi oksigen dari dan keluar tubuh. Hasilnya, risiko penyakit jantung dan diabetes pun menurun.

Selain itu, latihan tersebut dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi stres. Saat mampu melakukan olahraga hula hoop dengan ritme yang stabil, detak jantung akan meningkat dan paru-paru bekerja lebih keras, sehingga sirkulasi darah pun meningkat.

4. Melatih otot-otot inti

Kalau pernah memainkannya, Anda tentu tahu ‘kan, ‘perjuangan’ untuk menggerakkan pinggul agar si hula hoop tidak terjatuh? Anda perlu otot inti alias core yang kuat serta keterampilan menggerakkan pinggul, untuk tetap membuat hula hoop berputar.

Kemampuan ini bisa Anda peroleh dengan berlatih secara rutin. Dengan begitu, Anda pun sebenarnya sedang melatih otot-otot perut dan pinggul.

5. Meningkatkan keseimbangan

Memiliki keseimbangan yang baik akan membantu Anda mengontrol pergerakan tubuh. Selain itu, keseimbangan tubuh tentu membantu memperbaiki postur, sehingga memungkinkan Anda berolahraga dengan gerakan yang tepat.

Setiap aktivitas fisik yang mengharuskan Anda menjaga postur tubuh tetap stabil, seperti ketika bermain hula hoop, bisa membantu menjaga dan meningkatkan keseimbangan.

6. Menggerakkan otot tubuh bagian bawah

Melakukan hula hoop bukan hanya bermanfaat bagi otot-otot inti. Berbagai otot di tubuh bagian bawah seperti quadriceps (paha depan), hamstrings (paha belakang), bokong, dan betis, juga ikut bergerak.

Untuk membantu hula hoop tetap berputar ke depan, belakang, serta samping, Anda harus melibatkan otot-otot kaki dan bokong, untuk menambah tenaga.

Baca Juga

  • Prinsip FITT, 4 Kunci Olahraga Efektif Sesuai Kondisi Tubuh
  • Segudang Manfaat Latihan Aerobik untuk Kesehatan Anda
  • Manfaat Detox atau Detoksifikasi untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Tips bermain hula hoop untuk pemula

no caption
Pilihlah hula hoop dengan ukuran yang lebih lebar

Anda memang hanya membutuhkan hula hoop dan ruang yang memadai untuk bergerak. Namun, sebaiknya Anda juga mengikuti tips di bawah ini, jika baru mulai belajar bermain hula hoop.

  • Pilih ukuran yang sesuai

    Ukuran hula hoop sangat memengaruhi kesuksesan Anda dalam memainkannya. Sebagai pemula, Anda disarankan memilih ukuran yang lebar. Sebab, pinggul pun masih bergerak relatif pelan. Sebisa mungkin cobalah hula hoop sebelum membelinya.
  • Pilih berat yang pas

    Jika ingin memilih hula hoop yang dilengkapi pemberat, mulailah dengan berat 0,5-1 kilogram. Saat tubuh sudah semakin kuat, Anda bisa beralih pada hula hoop yang lebih berat.
  • Belajar dari video

    Anda bisa menemukan berbagai video di Internet tentang cara bermain hula hoop dengan benar. Jika ada gym yang menggunakan hula hoop sebagai fasilitas berlatih, Anda dapat mengikuti kelas untuk mempelajari dasar-dasarnya. Jadi ketika melakukannya sendiri di rumah nanti, Anda sudah memahami tekniknya.
  • Mulai dengan waktu singkat

    Bermain hula hoop sebenarnya melatih tubuh untuk bergerak searah putarannya, sekaligus meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular secara bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah bermain hula hoop dalam waktu singkat terlebih dahulu, misalnya 2-3 sesi, masing-masing 10 mening. Selanjutnya, Anda bisa memperpanjang durasinya jika sudah bertambah mahir.

Catatan dari SehatQ

Apabila memiliki riwayat sakit punggung maupun sakit tulang belakang kronis, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mencoba bermain hula hoop.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang risiko bermain hula hoop dan cara mengantisipasinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

olahragatips olahragamenurunkan berat badanmembakar kalori

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved