Hidrogen Peroksida dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang dapat mengobati luka ringan
Hidrogen peroksida dapat mengobati luka ringan

Tanpa disadari, kehidupan kita sehari-hari tidak lepas dari zat-zat kimia. Salah satu zat kimia yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari adalah hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah zat kimia yang berbentuk cairan bening, tidak berwarna, dengan tekstur sedikit lebih kental dibandingkan air. Zat kimia yang satu ini sedikit bersifat asam.

Karakteristik khas dari hidrogen peroksida adalah kandungan oksidasinya yang sangat kuat. Oleh karena itu, zat ini banyak digunakan sebagai zat pemutih dan disinfektan.

Manfaat hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah salah satu zat kimia yang memiliki banyak kegunaan dalam dunia komersial. Beberapa manfaat hidrogen peroksida yang dapat Anda rasakan antara lain adalah:

  • Membersihkan kotoran telinga

Hidrogen peroksida sudah lama digunakan sebagai solusi untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk. Penggunaan larutan ini pun dianggap sebagai cara yang efektif dan aman dilakukan sendiri di rumah, serta lebih murah dari segi biaya.

Hidrogen peroksida bekerja dengan cara melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah dibersihkan. Tidak jarang, kotoran telinga itu menjadi sangat lembut sehingga keluar dari lubang kuping dengan sendirinya.

Meski demikian, penggunaan hidrogen peroksida sebaiknya dilakukan setelah Anda berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, kotoran telinga dalam jumlah tertentu masih dianggap normal, bahkan penting untuk melindungi saluran telinga Anda dari kemasukan air atau terkena infeksi.

  • Pencegah infeksi pada luka ringan

Hidrogen peroksida kerap diangap sebagai antiseptik golongan menengah. Oleh karena itu, zat ini sering diaplikasikan pada luka ringan, seperti luka gores atau luka bakar yang tidak dalam.

Selain itu, larutan hidrogen peroksida juga kerap dijadikan campuran dalam obat kumur untuk meringankan nyeri akibat luka di mulut, seperti sariawan atau gingivitis. Zat kimia ini bekerja dengan melepas oksigen yang ditandai dengan munculnya busa dan berfungsi menghilangkan kerak dan kulit mati di sekitar area luka.

Meski demikian, beberapa dokter tidak lagi merekomendasikan penggunaan hidrogen peroksida untuk membersihkan luka. Pasalnya, penggunaan zat kimia ini pada luka justru dianggap memperlambat proses penyembuhan hingga berisiko menimbulkan komplikasi tertentu.

  • Memutihkan gigi

Bagi Anda yang ingin memutihkan gigi, menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida bisa jadi salah satunya. Anda bisa mendapatkan pasta gigi dengan kandungan hidrogen peroksida 10 persen dari dokter gigi.

  • Mensterilkan alat make-up

Setelah mencuci alat make-up dengan air dan sabun lembut, Anda dapat merendamnya di dalam larutan air yang dicampur tiga sendok teh hidrogen peroksida 3 persen. Kandungan disinfektan dalam hidrogen peroksida dapat membunuh kuman yang tersisa setelah alat make-up Anda dibersihkan.

Efek samping dan bahaya hidrogen peroksida

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan hidrogen peroksida juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.  Kondisi tersebut bisa terjadi jika penggunaannya tidak sesuai dosis atau secara berlebihan.

Berikut ini beberapa bahaya hidrogen peroksida yang mungkin mengintai Anda:

  • Kemerahan, iritasi, dan rasa seperti tertusuk pada kulit atau area yang diolesi hidrogen peroksida.
  • Alergi hidrogen peroksida yang ditandai dengan gatal, bengkak, pusing, hingga kesulitan bernapas.
  • Menghirup hidrogen peroksida konsentrasi tinggi akan mengakibatkan iritasi di saluran napas dan sesak napas.
  • Menelan hidrogen peroksida dapat mengakibatkan muntah, peradangan, hingga kerusakan pada organ berongga di dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan hidrogen peroksida, beritahu dokter atau apoteker terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi. Jangan menggunakan, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Pubchem. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Hydrogen-peroxide
Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/hydrogen-peroxide-uses
Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/ear-wax-removal-hydrogen-peroxide
Diakses pada 11 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-76035/hydrogen-peroxide/details
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait