Manfaat HEPA Filter pada Alat-Alat Rumahan bagi Kesehatan Anda


Alat-alat dengan HEPA filter dapat menyaring udara dari partikel berbahaya yang bisa sebabkan penyakit, misalnya debu. Alat-alat ini bermanfaat untuk menjaga kualitas udara di rumah dan mencegah penyakit asma atau alergi kambuh

(0)
02 Dec 2020|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
HEPA filter merupakan komponen penting dalam air purifierHEPA filter umumnya ditemukan pada air purifier
Pernahkah Anda melihat atau mendengar istilah HEPA filter pada berbagai produk rumahan? Bagi Anda yang belum tahu, HEPA filter adalah tipe penyaring udara berkualitas tinggi yang memenuhi standar tertentu.Standar yang dimaksud adalah mampu menghilangkan setidaknya 99,97 persen partikel dari udara, seperti debu, serbuk sari, jamur, bakteri, hingga partikel-partikel kecil di udara dengan ukuran 0.3 mikron (µm).HEPA filter terbuat dari ribuan serat berkualitas tinggi yang disusun menjadi sebuah lapisan untuk menghadang partikel-partikel mikroskopis (sangat kecil) dan yang berukuran lebih besar.HEPA merupakan singkatan dari high-efficiency particulate air. HEPA filter adalah komponen umum yang bisa Anda temukan di air purifier, yang berfungsi untuk membersihkan udara dengan menyaringnya.

Produk-produk yang menggunakan teknologi HEPA filter

Vacuum cleaner HEPA purifier
Sejumlah jenis penyedot debu dilengkapi dengan HEPA filter
Ada dua jenis alat rumahan yang umumnya menggunakan teknologi HEPA filter, yakni air purifier dan penyedot debu (vaccum cleaner). Kedua alat ini dapat membantu anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan, misalnya asma atau alergi, untuk menghindari kambuhnya gejala-gejala penyakit tersebut.

1. Air purifier

Pembersih udara atau air purifier yang berlabel HEPA filter dapat menyaring debu, sel-sel kulit mati hewan peliharaan, dan berbagai partikel-partikel lainnya, dengan cara menyedot udara dan melepaskannya kembali setelah disaring melalui HEPA filter.Kebanyakan alat pembersih udara ini dirancang khusus untuk menyala dalam waktu yang lama, dan sebagian jenisnya bahkan bisa menetralisir berbagai bau, misalnya bau yang ditimbulkan saat memasak dan asap.

2. Penyedot debu

Debu atau sel-sel kulit mati hewan peliharaan cenderung menempel di lantai atau furnitur dalam rumah. Partikel-partikel ini bisa mengudara jika seseorang menginjaknya atau dipicu oleh hal-hal lainnya.Penyedot debu berlabel HEPA filter dapat mengumpulkan sekaligus memerangkap debu dan partikel-partikel kecil lainnya dari lantai dan furnitur dalam rumah Anda sebelum mereka mengudara.Selain dua alat rumahan di atas, HEPA filter sebenarnya juga bisa ditemukan pada purifier yang dipasang di seluruh rumah melalui sistem tata udara (HVAC). Akan tetapi, sistem ini jarang digunakan pada kebanyakan rumah di Indonesia.

Manfaat HEPA filter bagi kesehatan

Air purifier dengan HEPA filter
Air purifier dengan HEPA filter bisa jaga kualitas udara di rumah
HEPA filter merupakan teknologi penyaring udara yang sudah teruji dan memiliki efektivitas yang tinggi. Dengan adanya teknologi di rumah, Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat HEPA filter berikut ini.

1. Menjaga kualitas udara di rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HEPA filter pada alat-alat rumahan mampu menyaring debu, serbuk sari, bakteri, hingga partikel-partikel kecil lainnya secara efisien. Hasilnya, kualitas udara di dalam rumah Anda akan meningkat dan bebas dari polutan yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

2. Mencegah alergi dan asma

Partikel-partikel mikro di udara umumnya sulit dilihat atau tidak kelihatan sama sekali. Akan tetapi, partikel-partikel ini bisa masuk ke paru-paru dan mengiritasi atau merusak kesehatan, terutama bagi Anda yang menderita alergi atau asma.Partikel-partikel yang lebih besar, seperti serbuk sari, jamur, debu, dan senyawa yang bisa menyebabkan alergi, umumnya dapat disaring oleh hidung atau tenggorokan kita. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala-gejala alergi yang tentunya tidak nyaman. Dengan adanya HEPA filter, penyebab-penyebab alergi ini dapat disaring sepenuhnya dari udara.

3. Membantu mencegah Covid-19

Dilansir dari New York Times, secara teori, air purifier dengan HEPA filter dapat menangkap partikel-partikel seukuran virus yang menyebabkan Covid-19.Virus penyebab Covid-19 diperkirakan memiliki diameter sekitar 0,125 mikron. Angka ini berada dalam kisaran ukuran partikel yang bisa ditangkap beberapa jenis HEPA filter dengan efisiensi tinggi, yakni 0,01 mikron dan di atasnya.Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas HEPA filter dalam menangkap virus Covid-19. Sebuah jurnal menyatakan bahwa penggunaan HEPA filter masih memerlukan pengujian dan standarisasi yang sama dari pabrik pembuatnya.Meski demikian, air purifier dengan HEPA filter bukan berarti sepenuhnya melindungi Anda dari virus corona. Sebab, virus ini umumnya ditularkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan tetesan yang dikeluarkan lewat batuk atau bersin dari seseorang yang terjangkit virus ini.Klaim HEPA filter bisa mencegah virus corona masih sebatas teori yang belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah. Alat ini mungkin dapat membantu memerangi virusnya, tapi sebaiknya jangan dijadikan garda utama pertahanan Anda dalam menghadapi virus corona.Jika Anda punya pertanyaan seputar virus corona, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
alergiasmacoronavirus
Breathing Space. https://www.breathingspace.co.uk/blog/what-is-a-hepa-filter-and-what-are-their-benefits/
Diakses pada November 2020
EPA. https://www.epa.gov/indoor-air-quality-iaq/what-hepa-filter-1
Diakses pada November 2020
Bobvila. https://www.bobvila.com/articles/hepa-filters/
Diakses pada November 2020
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/hepa-filters-for-allergies
Diakses pada November 2020
New York Times. https://www.nytimes.com/wirecutter/blog/can-hepa-air-purifiers-capture-coronavirus/
Diakses pada November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait