Manfaat hair spa tentunya akan membuat rambut Anda semakin sehat
Keramas merupakan salah satu bagian dari hair spa

Banyak sekali jenis perawatan rambut yang dapat Anda lakukan di salon, salah satunya adalah hair spa. Hair spa merupakan terapi untuk rambut yang dilakukan dengan cara memberikan vitamin rambut dan melakukan pijatan ke kulit kepala Anda.

Sekilas, hair spa memang mirip dengan creambath. Namun, perbedaan mendasar dari kedua jenis perawatan rambut ini adalah penggunaan vitaminnya, yakni vitamin pada hair spa lebih menyerap hingga akar rambut sehingga dapat menimbulkan efek yang lebih baik bagi kulit kepala maupun rambut Anda.

Langkah-langkah melakukan hair spa

Melakukan hair spa memang idealnya y di salon kecantikan, apalagi bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya dipijat mulai dari kepala hingga pundak bahkan punggung. Namun, hair spa sebetulnya juga dapat dilakukan di rumah dengan Anda mengikuti langkah-langkah mudah sebagai berikut.

1. Keramas

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan ialah membersihkan rambut dengan sampo yang biasa Anda gunakan. Pastikan Anda membersihkan hingga bagian tepi rambut, kemudian bilas hingga seluruh busa sampo hilang dari kulit dan rambut.

Di salon, proses ini biasanya memakan waktu 10-15 menit. Namun di rumah, Anda dapat melakukannya lebih lama atau lebih cepat, asalkan Anda keramas hingga bersih.

2. Gunakan conditioner

Setelah keramas, pastikan Anda melengkapinya dengan mengaplikasikan conditioner, kemudian kembali membilasnya hingga bersih. Akan lebih baik lagi bila conditioner yang Anda gunakan memiliki merek yang sama dengan samponya agar efeknya lebih menyeluruh.

3. Oleskan krim atau vitamin rambut

Ini adalah bagian terpenting dari hair spa. Anda dapat menentukan sendiri jenis vitamin rambut yang akan digunakan, yakni vitamin untuk menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, melembutkan rambut, hingga mengeluarkan efek berkilau dari rambut Anda.

Pastikan Anda juga memijat-mijat kepala sehingga vitamin lebih cepat diserap oleh kulit. Kegiatan ini juga berfungsi memberi efek relaksasi pada Anda.

4. Steam

Langkah terakhir dalam hair spa yang tak kalah penting adalah menggunakan steam atau uap. Tujuannya adalah membuka pori-pori kulit kepala sehingga vitamin lebih cepat diserap oleh rambut.

Di salon, Anda akan ditawarkan untuk menggunakan mesin uap. Namun di rumah, Anda dapat menggunakan handuk panas yang dilingkarkan hingga menutupi seluruh area rambut yang telah diberi krim atau vitamin.

Melakukan hair spa di rumah tentu lebih ramah di kantong. Namun tidak ada salahnya sesekali melakukannya di salon kecantikan untuk menikmati pijatan yang lebih kencang sekaligus mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Manfaat hair spa

Manfaat hair spa terletak pada gerakan memijat dan jenis vitamin yang Anda gunakan. Beberapa klaim manfaat hair spa yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Memperkuat rambut

Studi tahap awal menunjukkan penggunaan vitamin D dan E bersamaan dengan vitamin B-kompleks mampu meningkatkan kekuatan akar rambut. Penggunaan vitamin ini juga disebut-sebut dapat mencegah kerontokan rambut sehingga rambut Anda akan terlihat lebih lebat jika perawatan hair spa dilakukan secara reguler,

Ada pula yang mengatakan vitamin A, C, dan K juga memiliki khasiat serupa. Meski demikian, seluruh klaim ini masih harus diteliti lebih lanjut.

  • Menebalkan rambut

Beberapa penelitian mengungkap bahwa memijat rambut secara rutin dapat mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih tebal. Namun syaratnya, Anda harus memijat kulit kepala selama 4 menit per hari selama 24 minggu berturut-turut.

Penelitian lain juga mengungkap bahwa kulit kepala yang sering dipijat dua kali sehari menurunkan risiko mengalami kerontokan. Jadi, memijat kepala saat hair spa sekali seminggu saja tidak cukup.

Healthline. https://www.healthline.com/health/scalp-massage-for-hair-growth
Diakses pada 25 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318403
Diakses pada 25 Maret 2020

Be Beautiful. https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/hair-treatments/everything-you-need-to-know-about-hair-spa
Diakses pada 25 Maret 2020

Urban Clap. https://www.urbanclap.com/blog/beauty/best-hair-spa-tips-from-top-salons/
Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait