9 Manfaat Grapefruit alias Jeruk Bali Merah

(0)
23 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Grapefruit adalah buah jeruk bali merah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.Grapefruit adalah buah jeruk bali merah yang rasanya manis dan asam.
Grapefruit adalah buah-buahan sitrus yang dikenal dengan sebutan jeruk bali merah atau jeruk limau gedang di Indonesia. Ukurannya cukup besar dibandingkan buah sitrus lainnya dan rasanya asam dan manis.Manfaat grapefruit sudah diteliti secara langsung oleh para ahli. Tidak hanya menurunkan berat badan, buah ini juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Mari kenali berbagai manfaat grapefruit untuk kesehatan ini.

Manfaat grapefruit untuk kesehatan

Terdapat fakta menarik di balik grapefruit, buah ini pertama kali diciptakan pada abad ke-18 melalui perkawinan silang antara jeruk bali (pomelo) dan jeruk biasa.Tak disangka-sangka, perkawinan silang itu menghasilkan buah yang bernutrisi tinggi. Maka dari itu, tak ada salahnya kita mengenali berbagai manfaat grapefruit untuk kesehatan ini.

1. Bernutrisi tinggi

Setiap buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang unik dan tentunya berbeda, tak terkecuali grapefruit. Manfaat grapefruit bersumber dari kandungan nutrisinya. Setengah grapefruit berukuran sedang mengandung sejumlah nutrisi berikut ini:
  • Kalori: 52
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 64 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin A: 28 persen dari RAH
  • Kalium: 5 persen dari RAH
  • Tiamin (vitamin B1): 4 persen dari RAH
  • Folat: 4 persen dari RAH
  • Magnesium: 3 persen dari RAH.
Tidak hanya itu, grapefruit juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit.

2. Menurunkan risiko diabetes

Salah satu manfaat grapefruit yang tak boleh diremehkan adalah menurunkan risiko diabetes. Grapefruit adalah buah dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan mengancam kestabilan gula darah. Indeks glikemik adalah acuan untuk mengetahui seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.Sebuah riset membuktikan, grapefruit mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena buah ini mengandung naringin, yakni senyawa yang dipercaya mampu menyaingi kemampuan obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan toleransi glukosa pada pasien diabetes tipe 2.

3. Menurunkan berat badan

Grapefruit adalah buah jeruk bali merah yang juga punya efek samping
Grapefruit adalah buah yang bisa menurunkan berat badan
Dari banyaknya manfaat grapefruit, mungkin kemampuannya dalam menurunkan berat badan menjadi yang paling menggiurkan. Manfaat ini bukan sekadar mitos karena sudah diteliti secara langsung.Sebuah riset membuktikan, 91 pasien obesitas yang mengonsumsi setengah buah grapefruit secara rutin mengalami penurunan berat badan secara signifikan, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.Faktanya, mereka berhasil menurunkan 1,6 kg dalam waktu 12 minggu saja. Sedangkan mereka yang tidak mengonsumsi grapefruit hanya mengalami penurunan berat badan sebanyak 0,3 kilogram saja.

4. Mencegah stroke

Menurut sebuah riset dari American Heart Association (AHA), mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid dapat mencegah stroke iskemik pada wanita. Kandungan flavonoid bisa ditemukan dalam grapefruit.Riset tersebut juga menambahkan, mereka yang rutin mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti grapefruit mengalami penurunan risiko stroke iskemik sebanyak 19 persen.

5. Menyehatkan jantung

Kandungan serat, kalium, likopen, vitamin C, dan kolin yang dikandung grapefruit dapat menyehatkan jantung. Menurut AHA, mengonsumsi makanan berkalium tinggi dan mengurangi asupan garam dapat mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.Bayangkan saja, satu grapefruit berukuran kecil (200 gram) sudah mengandung 278 miligram kalium.

6. Mencegah kanker

Manfaat grapefruit selanjutnya datang dari kandungan antioksidannya, seperti vitamin C. Satu buah grapefruit berukuran kecil mengandung sekitar 68,8 miligram vitamin C.Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung 2.270 mikrogram likopen. Berbagai senyawa ini dikenal dapat melawan radikal bebas sehingga kanker dapat dicegah.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Grapefruit mengandung serat dan juga air, jadi tidak heran kalau buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Satu buah grapefruit berukuran kecil mengandung 182 gram air dan 2,2 gram serat.Keduanya dapat membantu cegah sembelit dan menyehatkan sistem pencernaan secara keseluruhan. Ada juga bukti bahwa mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi dapat mencegah kanker kolorektal (usus besar).

8. Menyehatkan kulit

Vitamin C yang dikandung grapefruit memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, yaitu senyawa yang mendukung kesehatan kulit.Sebuah riset membuktikan, vitamin C dapat menjaga kulit dari luka bakar akibat sinar matahari dan proses penuaan dini.

9. Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat grapefruit selanjutnya adalah memperkuat sistem imun tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.Menurut sebuah penelitian, vitamin C dapat memperkuat sistem imun tubuh dengan mencegah datangnya infeksi, misalnya infeksi saluran pernapasan.

Efek samping grapefruit yang patut diwaspadai

Grapefruit adalah buah jeruk bali merah yang rasanya manis
Grapefruit adalah buah jeruk bali merah yang manis rasanya
Meskipun manfaat grapefruit di atas sangatlah menggiurkan, ketahuilah bahwa mengonsumsi grapefruit juga dapat menimbulkan efek samping.
  • Mengganggu kerja obat

Hati-hati, mengonsumsi grapefruit dapat mengganggu kinerja beberapa obat. Sebab, buah ini mengandung zat yang dapat menghambat enzim sitokrom P450. Enzim P450 adalah enzim yang berfungsi untuk sintesis dan metabolisme obat-obatanMenurut studi, grapefruit dapat mengganggu kinerja obat-obatan imunosupresan, benzodiazepin, indinavir, karbamazepin dan beberapa obat statin.Berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsi grapefruit, terutama saat Anda sedang meminum obat-obatan di atas.
  • Merusak gigi

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi grapefruit dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sebab, grapefruit mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan erosi enamel, apalagi saat Anda mengonsumsinya berlebihan.Jika memang Anda memiliki gigi sensitif, hindarilah buah-buahan sitrus seperti grapefruit. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi grapefruit, jangan lupa untuk membersihkan mulut dengan air putih setelah mengonsumsinya.Selain itu, cobalah mengonsumsi grapefruit dengan keju. Dengan begitu, kadar keasaman di dalam mulut dapat dinetralisir.Sebelum mengonsumsi dan merasakan manfaat grapefruit, jangan lupakan kedua efek sampingnya ini, ya.

Catatan dari SehatQ:

Grapefruit adalah salah satu buah paling menyehatkan, jadi sangat disayangkan jika Anda belum pernah mencobanya. Maka dari itu, cobalah grapefruit yang kaya akan nutrisi itu. Selain lezat, grapefruit juga sangat menyehatkan.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-grapefruit
Diakses pada 9 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280882
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait