Manfaat Goat Cheese alias Keju Kambing yang Jarang Diketahui


Keju kambing atau goat cheese adalah jenis keju yang terbuat dari susu kambing. Keju ini memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan natrium yang lebih rendah dari keju susu sapi sehingga membuatnya menjadi pilihan yang lebih sehat.

0,0
07 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat keju kambing atau goat cheese adalah kandungan lemak dan kolesterolnya yang lebih rendahKeju kambing atau goat cheese dianggap lebih sehat ketimbang keju dari susu sapi
Keju kambing atau goat cheese adalah jenis keju yang terbuat dari susu kambing. Susu ini memiliki rasa yang ringan dan mudah dicerna sehingga cocok diolah menjadi keju. Meski tidak sepopuler keju dari susu sapi, goat cheese dianggap lebih lebih sehat dan lebih baik jika dibandingkan dengan keju yang sehari-hari kita konsumsi.Goat cheese memiliki berbagai varian rasa dan tekstur. Keju kambing juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki alergi susu sapi atau keju dari susu sapi. Sebab, keju ini dicerna dengan cara yang berbeda dengan keju yang umumnya dibuat dari susu sapi.

Kandungan nutrisi goat cheese

Keju susu kambing mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kalium, zinc, tembaga, besi, magnesium, kalsium, dan fosfor. Keju ini juga merupakan sumber selenium, yakni mineral yang umumnya ditemukan pada makanan laut.Selain itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), dan B3 (niasin) lewat konsumsi goat cheese. Untuk energi dan pertumbuhan, keju kambing merupakan sumber kalori, lemak, dan protein.Bahan bakunya, yakni susu kambing, juga memiliki lebih banyak lemak sehat, termasuk asam lemak rantai menengah yang lebih cepat dipecah dan diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi.

Manfaat keju kambing alias goat cheese bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut adalah sejumlah manfaat keju kambing yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Alternatif makanan sehat tanpa memicu alergi

Goat cheese memiliki kandungan nutrisi yang dianggap lebih sehat dan lebih baik jika dibandingkan dengan keju dari susu sapi, seperti:
  • Lebih rendah kolesterol dan lemak jenuh
  • Lebih rendah natrium
  • Kandungan kasein yang lebih aman.
Selain itu, kadar kolesterol yang lebih rendah pada keju susu kambing dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kerusakan hati, gangguan jantung, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.Kandungan kasein pada keju kambing yang lebih sederhana juga membuatnya lebih mudah dicerna tubuh dan hipoalergenik alias tidak menyebabkan alergi, jika dibandingkan dengan keju susu sapi.Kasein serta kandungan kalsium yang tinggi pada keju ini juga dapat melindungi Anda dari risiko diabetes dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Menjaga kesehatan tulang

Keju kambing merupakan sumber kalsium yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan berbagai organ lainnya.Dalam jangka panjang, kebutuhan kalsium yang terpenuhi juga dapat mencegah terjadinya penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis dan berbagai gangguan tulang lainnya di masa depan.

3. Mengontrol berat badan

Keju dari susu kambing memiliki kandungan asam lemak yang lebih cepat di proses dalam metabolisme jika dibandingkan keju susu sapi. Hal ini membuat tubuh lebih cepat kenyang sehingga bisa menahan Anda dari makan berlebihan.Dilansir dari Web MD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih memilih konsumsi goat cheese cenderung merasa tidak lapar dan makan lebih sedikit. Kondisi ini dianggap dapat membantu mengontrol berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Keju kambing hanya memiliki kasein beta A2 yang membuatnya lebih mudah dicerna tubuh, dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki protein kasein beta A2 dan A1.Selain itu, susu kambing juga kaya akan probiotik yang menyehatkan usus. Usus yang sehat dapat memberikan pengaruh baik terhadap efektivitas sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap gangguan penyakit.Itulah berbagai manfaat goat cheese alias keju kambing bagi kesehatan. Meski umumnya bermanfaat, lemak pada keju kambing tergolong tinggi walaupun tidak sebanyak keju sapi.Oleh karena itu, sebaiknya pahami kebutuhan kalori harian Anda dan konsumsi keju kambing secukupnya untuk menghindari dampak negatif yang mungkin muncul.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
proteinmakanan sehatsusu

Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-goat-cheese#1
Diakses 24 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/goat-cheese
Diakses 24 Juli 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-goat-cheese/
Diakses 24 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait