Manfaat Ginseng Amerika, Benarkah Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah?


Ginseng Amerika tumbuh di daratan Amerika bagian utara. Tanaman herbal ini digunakan untuk meredakan stres, meningkatkan imun, hingga mencegah infeksi.

(0)
26 Jan 2021|Azelia Trifiana
Ginseng amerika dipercaya dapat meredakan stres dan infeksiGinseng amerika dipercaya dapat meredakan stres dan infeksi
Umumnya, ketika mendengar kata “ginseng” maka orang akan merujuk pada pengobatan tradisional dari negara-negara Asia seperti Korea. Padahal, ada juga ginseng Amerika yang diklaim bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran pernapasan.Ada anggapan bahwa perbedaan dengan ginseng Korea ada pada dampaknya pada suhu tubuh. Namun, belum ada penelitian lebih jauh terkait suhu tubuh dan metabolisme.

Apa itu ginseng Amerika?

Memiliki nama latin Panax quinquefolius, ginseng Amerika tumbuh di daratan Amerika bagian utara. Popularitasnya luar biasa, bahkan dinyatakan sebagai spesies langka di beberapa kota Amerika Serikat.Sejak dulu, banyak orang mengonsumsi tanaman herbal ini untuk meredakan stres, meningkatkan imun, hingga mencegah infeksi. Utamanya, infeksi yang berkaitan dengan saluran pernapasan.Meski namanya sama-sama ginseng, jenis ini berbeda dengan ginseng Korea atau Panax ginseng. Manfaat yang ditawarkannya pun juga berbeda.

Manfaat ginseng Amerika

Tanaman ini dikenal bermanfaat berkat kandungan zat kimia yang disebut ginsenoside. Zat ini bisa berdampak pada kadar insulin dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar gula darah.Selain itu, zat kimia lain yang disebut polysaccharides juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa manfaat lain dari ginseng Amerika, di antaranya:

1. Membuat tubuh bugar

Dalam penelitian awal, ditemukan bahwa kandungan Panax quinquefolius dapat membuat tubuh bugar. Studi yang dipublikasikan pada tahun 2018 menyebutkan bahwa ginseng Amerika dan yang dibudidaya di Asia bisa menjadi pilihan pengobatan bagi pasien penyakit kronis.Dalam penelitian itu, diketahui bahwa pasien tak lagi merasa lesu setelah mengonsumsi ekstrak ginseng Amerika. Selain itu, studi tahun 2010 menunjukkan pasien kanker yang mengonsumsi suplemen ginseng Amerika selama 8 minggu merasa lebih bugar.Meski demikian, masih perlu penelitian lebih jauh untuk membuktikan hal ini.

2. Baik untuk kesehatan mental

Bukan hanya fisik, suplemen yang mengandung ginseng Amerika dapat mengoptimalkan daya ingat jangka pendek. Utamanya, apabila dikaitkan dengan akurasi dan waktu respons seseorang. Ini merupakan temuan yang dipublikasikan dalam Nutritional Neuroscience pada tahun 2019.Tentunya temuan ini sangat menjanjikan. Meski demikian, mengingat ini merupakan studi pertama, masih perlu penelitian lebih jauh lagi untuk membuktikan keterkaitannya.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah terkendali sangatlah penting. Ginseng Amerika disebut memiliki manfaat itu, baik untuk pencegahan maupun penanganan.Dalam studi pada tahun 2018, sebanyak 39 pasien diabetes yang mengonsumsi ginseng Amerika dan serat memiliki kadar gula darah lebih rendah. Ini terlihat setelah konsumsi selama 12 pekan.Lagi-lagi, meski temuan ini menjanjikan, masih perlu studi lebih banyak dan lebih besar lagi untuk membuktikannya.

4. Mengatasi demam

Ginseng ini juga disebut bisa mengobati infeksi saluran pernapasan atas termasuk flu dan demam. Bukan hanya itu, tanaman herbal ini juga dianggap ampuh sebagai langkah pencegahan.Dalam literatur yang dipublikasikan di jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2011, ditemukan kesimpulan serupa. Sebanyak 5 kali percobaan terhadap 747 subjek menunjukkan demam menurun sebanyak 25%.

Adakah efek sampingnya?

insomnia
Mengonsumsi ginseng Amerika berlebih dapat sebabkan insomnia
Mengingat pengobatan maupun pencegahan dengan tanaman herbal belum ditentukan dosisnya secara pasti, perlu diketahui apa saja efek samping yang mungkin muncul.Beberapa efek samping yang perlu diantisipasi di antaranya:
  • Insomnia
  • Cemas berlebih
  • Tekanan darah tinggi
  • Sakit kepala
  • Mimisan
  • Perdarahan dari vagina
  • Muntah
  • Diare
  • Tekanan darah rendah
Sementara efek samping jangka panjang dari hal ini masih belum diketahui. Tak kalah penting, perhatikan apa saja kemungkinan interaksi antara ginseng dengan obat-obatan seperti:
  • Warfarin: dapat menurunkan efektivitas obat hingga menyebabkan penggumpalan darah
  • Obat antidepresan: menyebabkan sakit kepala, insomnia, cemas, dan sukar beristirahat
  • Obat penurun gula darah: kadar gula darah bisa turun signifikan
  • Obat stimulan karena bisa meningkatkan efek samping yang tak diinginkan
Untuk itu, penting memastikan tidak ada interaksi obat yang tak diinginkan. Bagi orang yang ingin mengonsumsi suplemen ginseng namun sedang mengonsumsi obat, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Ibu hamil pun tidak disarankan mengonsumsi ginseng Amerika. Kandungan dalam ginseng Korea yang serupa dengan jenis ginseng ini dianggap bisa memicu cacat lahir.

Ingat pula bahwa deretan manfaat di atas masih perlu studi dan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan manfaatnya. Apabila Anda mencari penanganan untuk masalah medis tertentu dengan ginseng Amerika, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak profesional.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengapa pengobatan herbal bukanlah pengganti terapi pengobatan medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-967/american-ginseng
Diakses pada 11 Januari 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/american-ginseng-health-benefits-89218
Diakses pada 11 Januari 2021
Taylor & Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1028415X.2019.1690288?journalCode=ynns20
Diakses pada 11 Januari 2021
Journal of Evidence-Based Integrative Medicine. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/2156587216641831
Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait