Manfaat senam kegel dapat dirasakan oleh pria dan wanita jika rutin berlatih
Secara garis besar, cara melakukan gerakan senam kegel untuk pria dan wanita kurang lebih sama

Apakah Anda pernah mendengarkan mengenai senam kegel? Salah satu manfaat senam kegel adalah untuk melatih otot panggul. Otot panggul yang lemah dapat menimbulkan masalah berupa inkontinensia tinja.

Inkontinensia tinja merupakan suatu kondisi saat seseorang tidak mampu menahan tinjanya untuk tidak keluar melalui dubur. Tidak hanya inkontinensia tinja, otot panggul yang tidak kuat bisa memicu ketidakmampuan menahan urine (inkontinensia urine).

[[artikel-terkait]]

Manfaat senam kegel terhadap inkontinensia tinja

Manfaat senam kegel yang paling utama adalah untuk mengencangkan otot panggul. Latihan gerakan senam kegel tidak hanya bermanfaat bagi kaum pria tetapi juga bermanfaat bagi para wanita. 

Bagi penderita inkontinensia tinja, melakukan gerakan senam kegel dapat membantu untuk mengurangi inkontinensia tinja yang dialami. Hal ini karena gerakan senam kegel juga mampu menguatkan otot dubur.

Sebuah penelitian membuktikan manfaat senam kegel dalam mengatasi inkontinensia tinja dan menemukan bahwa gerakan senam kegel adalah salah satu cara yang aman dan efektif untuk mengatasi inkontinensia tinja dengan tingkat kesuksesan sekitar 50 sampai 80 persen.

Tidak hanya untuk mengatasi inkontinensia tinja, gerakan senam kegel juga bermanfaat untuk mengurangi dampak dari inkontinensia urine.

Manfaat senam kegel untuk wanita

Kabar baik untuk para istri karena salah satu manfaat senam kegel adalah meningkatkan performa seksual. Gerakan senam kegel dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah di vagina dan panggul yang dapat meningkatkan hasrat seksual.

Selain itu, gerakan senam kegel juga mempermudah para wanita mencapai orgasme, menambah pelumas di vagina, dan melemaskan otot-otot di vagina yang membantu agar vagina bisa lebih terbuka.

Bagi wanita yang sedang mengandung, melakukan gerakan senam kegel mampu mempermudah proses melahirkan dan mencegah timbulnya ambeien

Manfaat senam kegel untuk pria

Manfaat senam kegel terhadap performa seksual tidak hanya terbatas untuk para wanita, tetapi juga untuk para pria. Gerakan senam kegel bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seksual pada pria.

Beberapa masalah seksual yang dapat diatasi oleh senam kegel adalah climacturia atau keluarnya urine saat ejakulasi, disfungsi ereksi atau impotensi, dan ejakulasi dini.

Para pria yang telah menjadi suami akan memiliki peningkatan saat melakukan hubungan seksual karena gerakan senam kegel membantu para pria menjadi lebih mudah untuk mengendalikan ejakulasi dan meningkatkan sensasi saat orgasme.

Pria yang mengalami peradangan, pembengkakan, atau pembesaran pada kelenjar prostat karena penyakit prostatic hyperplasia jinak atau prostatitis akan merasakan pengurangan rasa sakit dengan melakukan gerakan senam kegel.

Bagaimana cara melakukan gerakan senam kegel?

Secara garis besar, cara melakukan gerakan senam kegel untuk pria dan wanita kurang lebih sama. Namun, sebelum melakukan gerakan senam kegel, Anda perlu mengidentifikasi otot panggul Anda terlebih dahulu.

Pada wanita, mencari tahu otot panggul dapat dilakukan dengan cara memasukkan jari yang sudah bersih ke dalam vagina dan coba untuk mengencangkan otot vagina di sekitar jari.

Sementara para pria bisa mencari tahu otot panggul dengan memasukkan jari yang sudah dibersihkan ke dalam dubur dan mengencangkan otot dubur di sekitar jari tanpa mengencangkan otot pantat, paha, dan perut.

Bila para pria kesulitan mengidentifikasi otot panggulnya, Anda mencoba mengencangkan otot yang digunakan untuk menahan buang angin. 

Alternatif lain untuk pria dan wanita yang masih belum mendapatkan lokasi otot panggulnya adalah dengan mencoba menahan urine saat sedang buang air kecil karena otot yang menahan keluarnya urine adalah otot panggul Anda.

Namun, metode ini tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Oleh karenanya, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter apabila Anda belum dapat menemukan otot panggul Anda.

Jika Anda telah menemukan otot panggul Anda, maka Anda sudah siap untuk melakukan gerakan senam kegel. Senam kegel merupakan latihan yang praktis dapat dilakukan dimana dan kapan saja. 

Pastikan Anda sudah buang air kecil sebelum melakukan gerakan senam kegel. Berikut adalah langkah-langkah cara menerapkan gerakan senam kegel:

  • Tegangkan otot panggul Anda selama tiga detik tanpa menegangkan otot punggung, perut, dan pantat. Setelahnya lemaskan otot panggul selama tiga detik. 
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali dan dilakukan tiga kali sehari.
  • Beberapa hari setelah melakukannya, Anda bisa meningkatkan waktunya dari tiga detik menjadi 10 detik.

Anda tidak perlu terburu-buru karena setiap orang memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Bila Anda mengalami rasa sakit di punggung atau perut saat melakukan gerakan senam kegel, maka Anda tidak melakukan senam kegel secara benar. 

Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan gerakan senam kegel, konsultasikanlah dengan dokter untuk mengetahui cara melakukan gerakan senam kegel yang benar agar bisa mendapatkan manfaat senam kegel secara maksimal.

American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/labor-and-birth/kegel-exercises/
Diakses pada 12 Juli 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14611-kegel-exercises
Diakses pada 12 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/kegel-exercises#purpose
Diakses pada 12 Juli 2019

International Society for Sexual Medicine. https://www.issm.info/sexual-health-qa/what-is-climacturia/
Diakses pada 12 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fecal-incontinence/symptoms-causes/syc-20351397
Diakses pada 12 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/benign-prostatic-hyperplasia/symptoms-causes/syc-20370087
Diakses pada 12 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostatitis/symptoms-causes/syc-20355766
Diakses pada 12 Juli 2019

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/kegel_exercises_for_men/article.htm#what_are_kegel_exercises_for_men
Diakses pada 12 Juli 2019

Memorial Sloan Kettering Cancer Center. https://www.mskcc.org/cancer-care/patient-education/pelvic-floor-muscle-kegel-exercises-women-improve-sexual-health
Diakses pada 12 Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4174224/
Diakses pada 12 Juli 2019

NIDDK. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/bowel-control-problems-fecal-incontinence/treatment
Diakses pada 12 Juli 2019

Artikel Terkait