Mengenal Manfaat Jamur Ganoderma yang Baik untuk Kesehatan


Jamur Ganoderma kerap dijual dalam bentuk rimpang di Indonesia. Jamur kaya khasiat ini diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker.

(0)
17 Apr 2020|Aditya Prasanda
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jamur Ganoderma untuk kesehatanGanoderma lucidum atau jamur reishi banyak tumbuh di Asia
Ganoderma lucidum atau jamur reishi merupakan jenis jamur yang banyak tumbuh dan melekat pada pepohonan di kawasan Asia. Di sejumlah negara, seperti Jepang dan Tiongkok, Ganoderma bahkan dimanfaatkan sebagai tanaman pengobatan secara turun-temurun.Jamur berwarna coklat ini dikenal memiliki banyak manfaat potensial bagi kesehatan, yakni meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi penyakit kanker.Lebih dari itu, para peneliti menemukan khasiat lain dari Ganoderma yang dapat Anda simak dalam daftar berikut.

Manfaat jamur Ganoderma bagi kesehatan

Selain dikonsumsi menjadi campuran sup maupun olahan makanan lainnya, Ganoderma kerap diolah menjadi bubuk maupun ekstrak untuk mendapatkan manfaatnya.Jamur ini mengandung sejumlah kandungan penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya triterpenoid, polisakarida, dan peptidoglikan.Berdasarkan kandungan tersebut, berikut manfaat Ganoderma bagi kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ganoderma atau jamur reishi dipercaya dapat meningkatkan sistem imun melalui pengaruhnya terhadap sel darah putih, yang dapat membantu melawan infeksi dan kanker. Manfaat ini umumnya dirasakan pada mereka yang tengah sakit.

2. Mencegah kanker

Ganoderma juga dianggap memiliki kandungan yang dapat memerangi kanker. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 4000 penyintas kanker payudara mengungkapkan 59 persen pesertanya mengonsumsi jamur reishi. Dalam penelitian lainnya, beberapa studi uji tabung menunjukkan bahwa Ganoderma mampu mengatasi sel kanker.Penelitian selanjutnya juga mengevaluasi ekstrak yang dikarakterisasi dengan baik dari jamur Ganoderma lucidum (GLE) untuk pengaruhnya terhadap pertumbuhan tumor dan metastasis kanker payudara ke paru. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa jamur ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap kanker prostat karena efeknya pada testosteron. Meski demikian, temuan ini masih membutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut.

3. Mengatasi depresi

Jamur Ganoderma juga disebut memiliki sifat antidepresan yang berfungsi menurunkan kadar kecemasan dan depresi. Sebuah studi mengungkapkan ekstrak Ganoderma memiliki efek terapeutik pada pasien neurasthenia (sebuah kondisi medis yang berkaitan dengan gangguan emosi)

4. Meningkatkan kolesterol baik

Menurut sebuah studi, Ganoderma atau jamur reishi ditemukan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida.Meski demikian, penelitian lanjutan dibutuhkan untuk membuktikan hubungan jamur reishi dan kesehatan jantung secara komprehensif.

5. Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa triterpenoid dalam Ganoderma juga berperan dalam mencegah peradangan. Kandungan antioksidan dalam jamur ini mampu menangkap radikal bebas dan menghentikan proses oksidasi.

6. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam Ganoderma turut berperan dalam memberikan segudang manfaat lain bagi kesehatan, seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan proses metabolisme tubuh, hingga merawat kulit dan rambut.

7. Menjaga kesehatan otak

Penelitian hewan uji mengungkapkan, Ganoderma lucidum atau jamur reishi juga terbukti bisa mengatasi penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Tidak hanya itu, Ganoderma lucidum juga diyakini bisa mencegah kejang-kejang.Namun, manfaat Ganoderma lucidum ini belum bisa dipercaya sepenuhnya karena baru diuji pada hewan saja.

8. Berpotensi mencegah alergi

Beberapa studi menyimpulkan bahwa Ganoderma lucidum memiliki efek antihistamin yang berpotensi mencegah alergi.Selain itu, menurut studi tersebut, Ganoderma lucidum juga dipercaya mampu meningkatkan suplai oksigen di dalam tubuh. Faktor inilah yang kemudian membuat jamu reishi dipercaya bisa membantu para penderita asma alergi dan kronis.

Ganoderma bisa dimanfaatkan jadi apa saja?

Selain disantap sebagai sayur, jamur Ganoderma yang diolah menjadi bubuk maupun ekstrak serta dikonsumsi sebagai minuman. Selain itu, jamur ini juga dapat diolah menjadi campuran kopi maupun sirup Ganoderma.Di Indonesia sendiri, budidaya Ganoderma ada di berbagai daerah, seperti Bandung, Jepara, Temanggung, Sukoharjo, hingga Gunung Kidul yang telah mengembangkan jamur kaya khasiat ini.Tak tanggung-tanggung, jamur yang begitu diminati pasar internasional ini dibanderol dengan harga berkisar Rp175.000/kg. Mayoritas petani di Indonesia menjual Ganoderma dalam bentuk rimpang atau jamur kering.Sebelum dikirim, jamur ini akan mengalami proses pengeringan dengan dijemur di bawah matahari selama 5 hari.

Efek samping jamur Ganoderma lucidum yang harus diwaspadai

Perlu diketahui, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan berbagai manfaat Ganoderma lucidum di atas. Maka dari itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya.Selain itu, jamur reishi juga berpotensi memiliki efek samping yang merugikan, di antaranya:
  • Sakit perut
  • Ruam kulit
  • Kerusakan pada organ hati
  • Mual
  • Insomnia
  • Diare kronis
  • Toksisitas hati (liver toxicity)
  • Mulut, tenggorokan, dan hidung kering
  • Gatal-gatal
  • Mimisan
  • Buang air berdarah (BAB) berdarah.
Berbagai efek samping di atas tentunya dapat merugikan kesehatan Anda, terutama liver toxicity yang dapat berakibat fatal.Selain itu, The Susan G. Komen Foundation juga menyatakan, mengonsumsi bubuk jamur reishi lebih dari bulan dapat meracuni organ hati.Inilah pentingnya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum Anda mencoba jamur reishi ini.
buah dan sayuran
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/reishi-mushroom-benefits#section5
Diakses pada 1 April 2020
Stylecraze
https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-Ganoderma-mushrooms/
Diakses pada 1 April 2020
NCBI
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92757/
Diakses pada 1 April 2020
Journal of Bioanalysis & Biomedicine
https://www.hilarispublisher.com/open-access/biologically-active-triterpenoids-and-their-cardioprotective-and-antiinflammatory-effects-1948-593X-S12-005.pdf
Diakses pada 1 April 2020
Jurnal Teknologi Kimia dan Industri UNDIP
https://www.neliti.com/id/publications/143523/proses-pengeringan-jamur-lingzhi-Ganoderma-lucidium-menggunakan-media-udara-yang
Diakses pada 1 April 2020
Verywellhealth
https://www.verywellhealth.com/benefits-of-Ganoderma-coffee-89454
Diakses pada 1 April 2020
Spandidos Publication. https://www.spandidos-publications.com/ijo/44/6/2009
Diakses pada 28 Agustus 2020
Well and Good. https://www.wellandgood.com/reishi-mushroom-benefits/
Diakses pada 21 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326520#summary
Diakses pada 21 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait