7 Manfaat Frankincense Oil untuk Kesehatan yang Menakjubkan

(0)
16 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Frankincense oil memiliki beragam manfaat untuk kesehatanFrankincense oil terbuat dari getah pohon Boswellia
Meski tidak sepopuler minyak esensial lainnya, frankincense oil ternyata memiliki manfaat yang tak kalah menakjubkan. Minyak ini terbuat dari getah pohon Boswellia dan memiliki aroma yang disebut masyarakat Indonesia sebagai kemenyan.Dalam pengobatan tradisional India, manfaat frankincense essential oil untuk kesehatan telah tercatat selama ratusan tahun. Selain sering digunakan dalam aromaterapi, minyak ini juga memiliki potensi untuk memerangi kanker. Lantas, apa saja manfaatnya?

Manfaat frankincense oil

Berikut adalah sejumlah manfaat frankincense oil untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Meredakan stres dan emosi negatif

Aromaterapi dapat membantu meredakan stres
Minyak kemenyan memiliki kemampuan sebagai anticemas sehingga ketika dihirup dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi yang terkait dengan masalah tersebut. Sebagai aromaterapi, minyak ini dapat membantu Anda meredakan stres dan emosi-emosi negatif lainnya.

2. Meredakan arthritis

Terpene dan asam boswellic merupakan senyawa antiradang terkuat dalam frankincense oil. Menurut suatu penelitian, minyak esensial ini memiliki efek antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi akibat osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Para peneliti percaya bahwa minyak ini dapat mencegah pelepasan leukotrien yang dapat menyebabkan peradangan. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal tersebut.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa frankincense oil memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu menghancurkan bakteri, virus, bahkan sel kanker. Minyak ini bahkan juga menunjukkan aktivitas imunostimulan yang kuat sehingga mampu menstimulasi sistem imun Anda dan mencegah berbagai penyakit menjangkiti tubuh.

4. Memperbaiki fungsi usus

Sifat antiradang frankincense oil juga bisa membantu memperbaiki fungsi usus sehingga dapat bekerja dengan baik. Khasiat ini bahkan efektif dalam mengurangi gejala-gejala penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Dalam suatu penelitian kecil pada penderita penyakit Crohn, ekstrak kemenyan sama efektifnya dengan obat mesalazine dalam mengurangi gejala penyakit tersebut. Namun, manfaat ini hanya terbatas pada penelitian-penelitian kecil saja sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya, terutama dalam skala yang lebih besar.. 

5. Mencegah tanda penuaan

Frankincense oil bisa mencgeah tanda penuaan
Frankincense essential oil dapat mencegah tanda penuaan dengan memperkuat kulit, memperbaiki warna dan elastisitas kulit, melindungi kulit terhadap bakteri dan noda, serta meningkatkan penampilan kulit seiring bertambahnya usia. Selain itu, minyak ini juga bisa membantu mengurangi bekas luka dan jerat, maupun menyembuhkan luka.

6. Meningkatkan kesehatan mulut

Frankincense oil dapat membantu mencegah bau mulut, sakit gigi, gigi berlubang, dan sariawan. Asam boswellic yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antibakteri kuat yang bisa mencegah dan mengobati infeksi mulut. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat ini.

7. Berpotensi melawan kanker

Manfaat frankincense essential oil lainnya yang tak kalah penting adalah potensinya untuk melawan kanker. Asam boswellic yang terkandung di dalam minyak esensial ini dianggap mampu membantu mencegah sel kanker menyebar. Sebuah tinjauan studi tabung reaksi mencatat bahwa asam boswellic juga bisa mencegah pembentukan DNA dalam sel kanker sehingga membatasi pertumbuhan kanker.Minyak ini dipercaya dapat melawan sel kanker payudara, prostat, pankreas, kulit, dan usus besar. Meski demkian, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk benar-benar membuktikan potensinya.

Efek samping frankincense oil

Tidak ada takaran standar yang direkomendasikan dalam menggunakan frankincense oil. Anda dapat mencampur minyak esensial tersebut dengan beberapa minyak pembawa (minyak jojoba atau minyak kelapa) untuk dioleskan ke kulit atau dimasukkan ke dalam bak mandi dalam jumlah kecil.Di samping itu, frankincense essential oil juga dapat dihirup setelah Anda memercikan satu atau dua tetes minyak ini pada kain, tisu, atau menggunakan diffuser. Menelan frankincense oil mungkin memiliki efek beracun dan tidak dianjurkan, kecuali di bawah pengawasan dokter. Selain itu, sebagian orang juga mungkin mengalami iritasi atau reaksi alergi saat mengoleskannya pada kulit sehingga perlu dilakukan tes tempel pada kulit sebelum menggunakannya. Sementara itu, penggunaan minyak ini pada ibu hamil, menyusui, dan anak-anak harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari dampak-dampak yang tidak diinginkan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penggunaan frankincense oil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
minyak atsirihidup sehataromaterapi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/frankincense#TOC_TITLE_HDR_9
Diakses pada 02 Oktober 2020
Dr Axe. https://draxe.com/essential-oils/what-is-frankincense/
Diakses pada 02 Oktober 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/frankincense-essential-oil-what-you-should-know-88778
Diakses pada 02 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait