7 Manfaat Facial Massage, Cegah Penuaan Hingga Samarkan Luka

Facial massage dapat mengurangi efek penuaan di wajah
Facial massage bermanfaat mengurangi penuaan di wajah

Bisa dilakukan sendiri atau bersama terapis, facial massage atau pijat wajah merupakan salah satu teknik relaksasi yang menyenangkan. Saat melakukan facial massage, beberapa titik di wajah, leher, dan bahu diberi tekanan agar aliran darah lebih lancar. Tak hanya itu, manfaatnya untuk kesehatan juga cukup banyak.

Ada banyak teknik melakukan facial massage atau pijat wajah sendiri. Untuk memudahkan, bisa digunakan minyak, lotion, atau balsem tertentu. Mengaplikasikannya bisa dengan tangan atau alat seperti face roller.

Manfaat facial massage

Beberapa manfaat melakukan facial massage atau pijat wajah di antaranya:

1. Mencegah penuaan

Tanda-tanda penuaan bisa dicegah apabila rajin melakukan facial massage. Dalam sebuah penelitian tahun 2017, partisipan yang mengaplikasikan pijat wajah dengan krim anti-penuaan di wajah dan leher selama 8 minggu merasakan manfaatnya.

Dibandingkan dengan yang tidak melakukannya, wajah partisipan lebih sedikit memunculkan keriput atau pengenduran. Tak hanya itu, teksturnya pun tetap merata.

2. Melegakan sinus

Bagi penderita sinus, memberikan tekanan atau pijat wajah di area tertentu dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman atau hidung tersumbat. Meski demikian, hal ini belum tentu efektif pada sinusitis yang sedang serangan akut.

Pijat wajah juga bisa membantu mengencerkan lendir, menghilangkan sakit kepala, serta melancarkan aliran darah di area sekitar sinus. Mengenai teknik tertentu untuk pijat wajah bagi penderita sinusitis, masih dalam pengembangan lebih lanjut.

3. Mencegah munculnya jerawat

Menekan beberapa bagian wajah secara berkala atau facial massage juga dapat melancarkan aliran darah sehingga risiko munculnya jerawat bisa berkurang. Umumnya, minyak zaitun digunakan untuk pijat wajah mencegah munculnya jerawat.

Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Yang jelas, melakukan pijat wajah harus lembut dan hindari menekan berlebihan terutama di area yang sensitif. Tapi jangan melakukan pijat wajah saat sedang berjerawat banyak atau ada jerawat yang meradang ya.

4. Wajah bersinar

Siapa yang tidak ingin wajah glowing? Dalam penelitian tahun 2002, 59% perempuan yang melakukan facial massage merasakan kulitnya lebih segar dan bersinar setelah melakukan pijat wajah.

Sementara itu, 54% lainnya mengaku kulitnya lebih kenyal. Tak hanya itu, 50% partisipan lainnya juga merasakan kulit kencang. Hal ini diduga berkaitan dengan manfaat pijat wajah yang juga dapat membuat rileks otot yang tegang.

5. Relaksasi wajah

Bukan hanya pijat tubuh seperti pijat Swedia saja, pijat wajah juga bisa menjadi cara untuk relaksasi. Dengan melakukan facial massage, ketegangan di sekitar wajah terutama setelah beraktivitas bisa mereda. Bonusnya, kulit wajah dan leher bisa menjadi semakin sehat.

6. Menyamarkan jaringan parut

Apabila ada luka di area wajah yang masih dalam proses penyembuhan, melakukan facial massage bisa membantu. Tak hanya melancarkan aliran darah, tapi juga menyamarkan tekstur yang tidak rata.

Lebih jauh lagi, pijat wajah juga melegakan gejala seperti rasa nyeri, gatal, dan keluhan lain pada luka. Meski demikian, pijat wajah harus dilakukan berhati-hati danan jangan dilakukan jika luka masih dalam proses penyembuhan tahap awal.

7. Menutrisi kulit

Jika belum terbiasa melakukan facial massage, coba cari alat yang bisa membantu melakukannya seperti jade roller atau tangan kosong. Lakukan pijat wajah selama 5-610 menit untuk memastikan kulit menjadi semakin ternutrisi. Biasanya, jade roller digunakan dalam rangkaian skincare malam hari sehingga manfaat serum yang digunakan bisa lebih meresap.

Cara melakukan pijat wajah

Ada banyak teknik melakukan pijat wajah, semuanya punya kelebihan masing-masing. Tak perlu waktu terlalu lama, 5-10 menit saja sudah cukup membuat aliran darah menjadi semakin lancar.

Cara melakukannya adalah:

  • Pijat dengan gerakan melingkar di pelipis
  • Gunakan telapak tangan dan ujung jari untuk memijat sisi kanan dan kiri wajah
  • Ketika memijat, mulai dari dagu dan naik ke arah dahi
  • Tekan jari manis ke tulang alis dari dalam ke luar, lakukan gerakan yang sama di bagian bawah mata
  • Tekan bagian tengah wajah dimulai dari hidung hingga ke telinga

Selain beberapa teknik di atas, mengetahui titik-titik mana saja yang bisa memberikan manfaat maksimal juga dapat memaksimalkan efektivitas facial massage. Pilih juga minyak atau serum yang digunakan untuk facial massage sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-massage-benefits
diakses 22 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-massage-routine-at-home#1
diakses 22 Mei 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-facials-on-your-skin/
diakses 22 Mei 2020

Artikel Terkait