Manfaat Face Mist untuk Wajah dan Pilihan Cara Menggunakannya


Face mist adalah produk perawatan berbentuk spray atau semprot yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit. Untuk memperoleh manfaat face mist secara optimal, Anda perlu tahu cara menggunakan dan kandungan yang tepat sesuai jenis kulit wajah.

(0)
22 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Face mist punya banyak manfaat bagi kulit wajahSemprotkan face mist untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik
Bagi Anda penggemar produk skincare, tentu pernah mendengar mengenai face mist. Face mist adalah produk perawatan berbentuk spray atau semprot yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit. Apa saja manfaat face mist dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel ini, ya. Pada dasarnya, kulit membutuhkan hidrasi dan nutrisi yang tepat. Penggunaan face mist dianggap menjadi salah satu solusi untuk menghidrasi sekaligus menutrisi kulit wajah berkat formula baik di dalamnya. 

Apa manfaat face mist untuk wajah?

Face mist adalah produk perawatan kulit yang baik untuk wajah Anda, terutama bagi Anda pemilik kulit sangat kering dan kulit sensitif. Produk ini tidak hanya sekadar mengandung air yang dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan terhidrasi dalam waktu yang lama. Face mist juga diperkaya dengan zat yang melembapkan kulit, seperti gliserin atau hyaluronic acidBeberapa produk face mist ada yang dilengkapi dengan bahan alami, seperti air mawar atau aloe vera, yang berperan sebagai antiradang untuk menenangkan kulit iritasi dan kemerahan.Adapun berbagai manfaat face mist untuk wajah adalah sebagai berikut. 

1. Menghidrasi kulit

Face mist bisa menghidrasi kulit wajah
Face mist mampu menghidrasi kulit wajah Anda
Salah satu manfaat face mist yang utama adalah menghidrasi kulit. Bagi pemilik kulit wajah kering, fungsi face mist satu ini sangat penting dalam membuat kulit terasa segar. Namun, pastikan Anda mencari produk face mist yang mengandung zat emolien atau oklusif, seperti squalene, shea butter, atau minyak kelapa.Anda cukup menyemprotkan sedikit face mist pada area wajah, lalu tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan tisu atau kapas bersih setelah mendiamkannya beberapa detik. Hal ini dilakukan agar face mist tidak menguap sehingga membuat wajah terasa lebih lembap dan kenyal. Penggunaan face mist setiap hari sebelum pergi ke luar juga dapat menjadi salah satu cara menjaga kulit tetap sehat. 

2. Mengunci kelembapan kulit

Manfaat face mist juga dapat mengunci kelembapan kulit wajah Anda. Dengan ini, kulit tampak lebih lembap dan kenyal. Cara menggunakannya, semprotkan face mist di antara tahapan mencuci muka dan penggunaan serum, sebelum dan sesudah mengoleskan pelembap, atau di antara penggunaan primer dan foundation

3. Meredakan kulit sensitif

Manfaat face mist bisa meredakan kulit sensitif
Manfaat face mist bisa meredakan gejala kulit sensitif
Pemilik kulit sensitif juga dapat memperoleh manfaat face mist untuk wajah. Penggunaan face mist pada wajah bisa membantu meredakan kulit kemerahan dan gatal-gatal berkat kandungan anti peradangan alami yang terdapat di dalamnya, sekaligus mengembalikan kelembapan kulit.Namun, hindari pemakaian face mist mengandung alkohol dan zat pewangi yang berpotensi mengiritasi kulit. Sebagai solusinya, pilih formula facial spray yang diperkaya dengan bahan alami, seperti lidah buaya untuk menghilangkan iritasi sekaligus memberi efek sejuk pada kulit. 

4. Menyerap produksi minyak berlebih

Untuk mendapatkan manfaat face mist untuk wajah berminyak, pilihlah produk yang mengandung silika atau mineral alami. Kandungan ini dapat menyerap kelebihan minyak alami sekaligus melembapkan kulit. Beberapa produk facial spray juga ada yang mengandung niacinamide sebagai zat humektan yang dapat membantu mengatur produksi minyak dan menghidrasi kulit. 

5. Meningkatkan penyerapan produk skincare lain

Fungsi face mist bisa memaksimalkan penyerapan produk make up
Face mist bisa membantu penyerapan produk perawatan kulit
Kulit yang lembap bekerja layaknya spons yang mampu menyerap produk perawatan kulit dengan cepat. Maka dari itu, bila Anda ingin memaksimalkan cara kerja lotion, krim, serum, atau face oil, coba semprotkan face mist sebelum mengoleskannya. Hal yang sama juga berlaku untuk masker wajah, yang dapat meresap dengan mudah apabila kulit dalam kondisi lembap.Berbagai produk skincare tersebut akan menyerap ke dalam kulit lebih dalam sehingga memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah Anda. 

6. Menyiapkan wajah sebelum menggunakan make up

Anda mungkin sudah pernah mendengar fungsi face mist untuk menyiapkan wajah sebelum menggunakan produk make upJika Anda menyemprotkan facial spray sebelum mengoleskan foundation, maka hasil akhir riasan wajah Anda akan lebih halus dan kulit tampak terhidrasi dengan baik. Hasil make up pun akan terlihat lebih merata dan tidak cakey.  Manfaat face mist ini juga bisa diperoleh dengan menyemprotkannya pada spons make up atau beauty blender yang lembap, lalu tepuk-tepuk ke kulit wajah secara merata. Trik ini biasanya digunakan oleh sejumlah penata rias profesional sekaligus untuk meningkatkan intensitas pigmen warna kosmetik.

7. Membuat riasan wajah lebih tahan lama

Face mist bisa membuat riasan wajah tahan lebih lama
Face mist disebut bisa membuat riasan wajah tahan lebih lama
Beberapa produk face mist ada yang mengombinasikan fungsi setting spray sehingga manfaat face mist mampu membuat riasan wajah lebih tahan lama seharian penuh.Anda bisa menggunakannya setelah selesai merias wajah, atau menyemprotkannya setelah memulaskan bedak. 

8. Menyegarkan wajah

Fungsi face mist dapat menyegarkan wajah tanpa Anda harus mencuci muka. Cukup semprotkan face mist pada siang hari atau saat Anda membutuhkan sesuatu yang segar di wajah.

Bagaimana cara menggunakan face mist yang benar?

Untuk memperoleh manfaat face mist secara maksimal, maka Anda harus tahu cara menggunakannya dengan benar. Berikut adalah cara memakai face mist yang benar untuk kulit sehat.

1. Sebelum menggunakan produk skincare

Cara menggunakan face mist yang benar bisa diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu memakai sabun cuci muka sesuai jenis kulit Anda.Pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih, ya. Kemudian, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.Saat wajah masih lembap setelah dibersihkan, fungsi face mist dapat mengunci kelembapan kulit serta memaksimalkan penyerapan kandungan dan penggunaan produk skincare lain yang akan digunakan.Kemudian, semprotkan face mist cukup menyemprotkannya pada area wajah. Pastikan mata Anda dalam kondisi terpejam saat menyemprotkan face mistDiamkan beberapa detik, lalu tepuk-tepuk kulit wajah menggunakan kapas atau tisu bersih. Setelah menerapkan cara memakai face mist, Anda bisa melanjutkan urutan pemakaian skincare lainnya, seperti serum wajah dan pelembap, untuk mengunci kelembapan kulit. Penggunaan face mist tanpa diakhiri dengan produk pelembap justru dapat menarik kelembapan dari kulit Anda. Akibatnya, manfaat face mist tidak bisa diperoleh secara maksimal. 

2. Di tengah pemakaian make up

Semprotkan face mist di sela-sela pemakaian produk make up
Semprotkan face mist sebelum pakai skincare atau di sela penggunaan make up
Cara menggunakan face mist bisa pula dilakukan di tengah pemakaian produk make upMisalnya, untuk membuat make up tahan lama, maka semprotkan face mist setelah menggunakan foundation, atau gunakan spons make up atau beauty blender yang telah disemprotkan face mistAnda juga dapat memakai face mist setelah menyudahi penggunaan make upCaranya, semprot face mist dengan jarak kurang lebih 15 cm langsung ke permukaan wajah. Atau, semprot face mist ke udara terlebih dahulu sebanyak 2-3 kali, kemudian dekatkan wajah Anda ke butiran face mist yang sudah disemprot.Jika memakai face mist sebagai tahap akhir penggunaan make up, Anda tidak perlu mengoleskan pelembap sesudahnya. 

3. Saat kulit terasa kering

Tekanan udara yang rendah ternyata bisa berisiko membuat kulit wajah lebih cepat kering. Nah, Anda bisa mengembalikan kelembapan kulit yang hilang dengan menyemprotkan face mist sehingga wajah bisa terasa segar.  

Bagaimana cara memilih produk face mist sesuai jenis kulit?

Fungsi dan cara pakai face mist yang benar dapat membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit Anda.Akan tetapi, cara pakai face mist yang kandungannya tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dapat mengurangi keefektifannya dan berpotensi menimbulkan masalah kulit baru.Maka dari itu, perhatikan cara memilih face mist sesuai kandungan untuk setiap jenis kulit berikut ini.

1. Kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, cari produk face mist mengandung hyaluronic acid dan squaleneKedua kandungan ini dapat meningkatkan hidrasi dan membuat kulit lebih kenyal. Selain itu, produk face mist untuk kulit kering dapat melembapkan kulit sekaligus mengembalikan kerusakan lapisan kulit. 

2. Kulit normal atau kulit kombinasi

Punya kulit normal atau kulit kombinasi? Gunakan produk face mist yang mengandung hyaluronic acid, air mawar, dan minyak esensial (bila ada). 

3. Kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat

Seorang dermatolog asal New York merekomendasikan penggunaan face mist yang bebas minyak dan silikon untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan minyak, penyebab jerawat. Anda bisa memilih kandungan air mawar, aloe vera, dan teh hijau yang efektif meredakan peradangan kulit akibat jerawat

4. Kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam memilih produk face mistPilihlah face mist yang diformulasikan untuk menghidrasi kulit. Lalu, hindari pemakaian face mist mengandung alkohol dan zat pewangi yang berpotensi mengiritasi kulit. Pilih juga formula facial spray yang diperkaya dengan bahan alami, seperti lidah buaya untuk menghilangkan iritasi sekaligus memberi efek sejuk pada kulit. 

5. Kulit menua

Bagi Anda yang ingin mengurangi tanda-tanda penuaan, pilih face mist yang mengandung ekstrak teh, vitamin C dan E, ekstrak delima, alpha dan beta hydroxy acid, serta ekstrak minyak biji anggur. 

6. Untuk mengunci make up

Fungsi face mist bisa digunakan sebagai setting spray. Anda bisa memakai face mist yang bebas alkohol. Sebab, kandungan alkohol bisa membuat lapisan kulit lebih mudah kering. Tak ada salahnya cari kandungan face mist yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit sekaligus membuat riasan wajah tampak lebih halus. 

Apakah face mist sama dengan toner dan setting spray?

Selain face mist, ada berbagai produk perawatan kulit lainnya di pasaran yang juga memiliki fungsi mirip, seperti toner wajah dan setting spray. Apa perbedaan ketiga produk ini?Meski kini sudah ada berbagai produk toner yang digunakan sebagai face mist, sebenarnya face mist tidak sama dengan toner. Fungsi toner wajah adalah mengangkat kotoran dan sisa make up yang masih menempel di wajah setelah tahapan mencuci muka. Toner harus selalu digunakan sesaat setelah membersihkan wajah. Sedangkan, fungsi face mist adalah menghidrasi kulit, yang dapat disemprotkan setelah membersihkan wajah, di sela-sela penggunaan make up, atau saat kulit Anda terasa kering. Jika dibandingkan dengan setting spray, fungsi face mist hanya membuat make up tampak lebih alami. Setting spray dirancang sebagai produk make up yang mengandung polimer sintetis yang bertujuan untuk membuat riasan wajah tahan lebih lama. 

Catatan dari SehatQ

Fungsi face mist adalah untuk menghidrasi kulit agar tetap lembap. Pastikan Anda mengetahui cara memakai face mist yang benar agar manfaatnya bisa didapat secara optimal.Jika Anda mengalami gejala tidak biasa pada kulit sesaat setelah menerapkan cara pakai face mist yang baik dan benar di atas, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar kandungan face mist yang baik sesuai jenis dan masalah kulit wajah. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
produk kecantikanperawatan wajahmakeup untuk kulit berminyakmakeupkulit sehatkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Lifealth. https://www.lifealth.com/lifestyle/beauty/face-mist-benefits-applying-face-mist-regularly-mj/88277/
Diakses pada 07 Mei 2020
Theskincareedit. https://theskincareedit.com/2019/09/06/what-is-face-mist
Diakses pada 07 Mei 2020
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/face-mists-sprays_n_5b7dc2dbe4b0cd327df94a77
Diakses pada 30 Maret 2021
Forbes. https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2018/09/28/the-best-face-mists-for-every-skin-type-and-why-you-need-one/?sh=1595952b107a
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait