Eye mask dapat menjaga kesehatan kantong mata dan area sekitar mata
Seorang wanita tengah mengaplikasikan eye mask di kantong matanya

Salah satu area wajah pertama yang memperlihatkan kerutan tanda penuaan dini adalah area sekitar mata. Untuk mencegahnya, Anda sangat disarankan untuk menjaga kesehatan area mata, misalnya dengan rutin menggunakan masker mata alias eye mask.

Eye mask adalah masker yang khusus dibuat untuk digunakan di kulit sekitar mata. Kulit ini lebih tipis dan kompleks dibanding kulit pada bagian wajah lainnya sehingga lebih rawan mengalami pengerutan, apalagi bila Anda sering terpapar sinar ultraviolet.

Masker mata biasanya berbentuk gel atau krim yang digunakan dengan cara dioles pada kulit di bawah mata. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, masker ini juga ada yang berbentuk patch yang dapat ditempel langsung di atas mata dengan kelopak tertutup.

Manfaat menggunakan masker mata

Seperti halnya masker wajah pada umumnya, eye mask mengandung bahan yang dapat menjaga elastisitas kulit, salah satunya adalah kolagen. Biasanya, eye mask digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan kulit di bawah mata, misalnya:

1. Lingkaran hitam alias mata panda

Munculnya mata panda kerap dihubungkan dengan kondisi Anda yang stres, kelelahan, atau kurang tidur. Namun, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa muncul karena alergi atau bagian dari proses penuaan dini yang diharapkan bisa diatasi dengan penggunaan eye mask.

2. Kerutan halus

Kemunculan kerutan halus di bawah mata adalah tanda penuaan yang bisa dipercepat dengan paparan radikal bebas dan sinar UV. Menggunakan eye mask yang mengandung kolagen dipercaya dapat mencegah munculnya gejala penuaan dini ini.

3. Kantong mata

Munculnya kantong mata menandakan kulit Anda tidak elastis lagi karena jaringan lemak yang menyokong mata menjadi kendur. Demi mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan eye mask berkolagen.

Mudahnya membuat eye mask sendiri

Ada banyak jenis krim masker mata yang dijual di pasaran. Berbagai krim tersebut biasanya mengandung bahan aktif yang membantu memperlambat proses penuaan dini, seperti vitamin C, E, teh hijau, dan vitamin V-3 (niacinamide).

Tidak sedikit pula eye mask yang ditambah bahan-bahan kimia seperti, retinol (menghilangkan kerutan), asam kojic (meredakan mata panda), dan kafein (mengempiskan kantong mata). Untuk memastikan keamanan masker mata yang Anda gunakan, pastikan mereka sudah memiliki nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat sendiri eye mask dengan bahan-bahan alami dan mudah didapat? Nah, berikut beberapa eye mask alami yang dapat coba:

1. Timun

Masker mata klasik ini sudah banyak digunakan oleh orang di seluruh belahan dunia. Anda cukup memarut timun, mendinginkannya di dalam kulkas selama sekitar 30 menit, kemudian mengaplikasikannya di area sekitar mata.

Diamkan masker mata selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Meski sangat sederhana, eye mask ini dapat menyegarkan mata, terutama setelah seharian menatap layar komputer.

2. Daun teh

Jangan buang daun teh bekas Anda karena itu bisa digunakan sebagai masker mata. Caranya, simpan daun teh bekas di kulkas selama 5-10 menit, aplikasikan di mata selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Anda dapat menggunakan daun teh hijau atau hitam untuk dijadikan eye mask. Menggunakan masker mata dari daun teh ini dipercaya dapat menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi mata bengkak, misalnya setelah menangis atau tidak tidur semalaman.

Sebaiknya Anda menggunakan jenis-jenis eye mask di atas secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Selain mudah dibuat, eye mask alami juga ramah di kantong sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya.

Akademi Kesejahteraan Sosisal AKK Yogyakarta. http://aks-akk.ac.id/jurnal/no1/yuwati.pdf
Diakses pada 16 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/eye-care
Diakses pada 16 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/lines-under-eyes
Diakses pada 16 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989
Diakses pada 16 April 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927
Diakses pada 16 April 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/beauty/7-amazing-eye-masks-to-get-rid-of-dark-circles-and-tired-eyes-1678193
Diakses pada 16 April 2020

Artikel Terkait