Manfaat Es Krim untuk Kesehatan, Ketahui Juga Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan


Manfaat es krim untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari memberikan energi tambahan, memperkuat tulang, hingga mengurangi rasa sedih. Meskipun begitu, mengonsumsi es krim secara berlebihan berpotensi memicu kemunculan penyakit kronis seperti diabetes dan sakit jantung.

(0)
Manfaat es krim salah satunya adalah membuat perasaan lebih bahagiaKandungan gula dalam es krim memicu pelepasan hormon serotonin dalam tubuh Anda
Es krim merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang digemari banyak orang. Identik dengan rasa manis dan dingin, makanan satu ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Meskipun ada banyak manfaat es krim, mengonsumsinya secara berlebihan berpotensi memicu munculnya sejumlah masalah kesehatan.

Apa saja manfaat es krim?

Di balik kenikmatannya, es krim menawarkan sejumlah potensi manfaat untuk kesehatan dan tubuh Anda. Manfaat tersebut berasal dari beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam bahan pembuat es krim.Sejumlah potensi manfaat es krim untuk tubuh dan kesehatan, antara lain:

1. Mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh

Bahan utama untuk membuat es krim adalah susu. Susu mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu, antara lain:
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Riboflavin
Selain itu, bahan campuran es krim seperti cokelat juga dapat memberikan tambahan nutrisi tersendiri. Seperti kita tahu, cokelat mengandung antioksidan flavonoid yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Memberi tambahan energi

Mengonsumsi es krim dapat memberi tambahan energi instan untuk tubuh Anda. Hal ini tak lepas dari kandungan gula yang terdapat dalam es krim. Banyaknya gula yang dipakai untuk membuat es krim bisa membantu membuat Anda merasa lebih berenergi dan bersemangat.

3. Memperkuat tulang

Terbuat dari susu, es krim merupakan makanan yang mengandung cukup banyak kalsium. Kalsium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menjaga kesehatan serta memperkuat tulang.

4. Membuat perasaan lebih bahagia

Mengonsumsi es krim dapat membantu mengatasi rasa sedih. Kandungan gula dalam es krim memicu pelepasan hormon serotonin dalam tubuh Anda. Serotonin sendiri merupakan hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman.

Kandungan nutrisi es krim

Kandungan nutrisi dalam es krim bergantung pada rasa dan bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Semakin banyak lemak dalam susu dan tambahan gula yang dipakai membuat es krim, semakin besar juga kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.Es krim yang dibuat dengan susu tinggi lemak dan banyak gula biasanya memiliki jumlah kalori lebih tinggi dibanding produk pasaran. Sementara itu, es krim tanpa gula dan memakai susu rendah lemak dalam proses pembuatannya cenderung punya jumlah kalori lebih sedikit.Berikut ini kandungan nutrisi rata-rata dalam ½ cup es krim vanilla (65-92 gram) yang dijual di pasaran:
  • Kalori: 140
  • Lemak total: 7 gram
  • Kolesterol: 30 mg
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat total: 17 gram
  • Gula: 14 gram
  • Fosfor: 6% dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 10% dari kebutuhan harian
Perlu diperhatikan, kandungan nutrisi yang terdapat pada masing-masing produk es krim berbeda satu sama lain. Untuk mendapatkan angka pastinya, Anda bisa mengecek tabel kandungan gizi yang tertera pada kemasan es krim.

Dampak buruk mengonsumsi es krim secara berlebihan

Meski memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh Anda, mengonsumsi es krim secara berlebihan dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Beberapa dampak buruk yang berpotensi muncul dari mengonsumsi es krim secara berlebihan, di antaranya:
  • Memicu kemunculan penyakit kronis

Sebagian besar produk es krim yang dijual di pasaran mempunyai banyak kandungan gula. Dalam ½ cup (65 gram) es krim, Anda dapat menemukan sekitar 12-24 gram gula di dalamnya. Asupan gula yang berlebihan dapat memicu kemunculan penyakit kronis seperti sakit jantung, diabetes, dan perlemakan hati.
  • Memicu kenaikan berat badan

Es krim merupakan makanan yang kaya akan kandungan kalori. Ketika mengonsumsi es krim secara berlebihan, banyaknya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan berat badan.Selain itu, jumlah kalori dalam es krim yang tinggi tidak diimbangi dengan kandungan nutrisinya. Meski begitu, makanan yang biasa dimakan sebagai hidangan penutup ini mempunyai kandungan fosfor dan kalsium cukup tinggi.
  • Meningkatkan risiko terkena radang usus

Sejumlah produsen es krim terkadang menambahkan zat aditif seperti perasa dan pengawet buatan ke dalam produk mereka. Bahan-bahan tersebut berpotensi memberikan efek negatif terhadap kesehatan Anda.Menurut penelitian pada hewan dan uji tabung reaksi, es krim mempunyai kandungan senyawa kimia karagenan. Senyawa kimia karagenan sendiri diketahui berpotensi meningkatkan risiko radang usus.

Bisakah es krim dijadikan makanan sehat untuk diet?

Es krim dapat dijadikan makanan sehat untuk diet, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Untuk menjadikan es krim sebagai makanan diet, Anda bisa memilih produk yang terbuat dari susu rendah lemak. Selain itu, es krim rendah atau tanpa gula tambahan juga lebih sehat dan cocok dikonsumsi saat diet.Supaya dapat mengatur jumlah gula dan jenis susu yang digunakan, sebaiknya Anda membuat es krim sendiri di rumah. Jika terpaksa membeli es krim di luar, jangan lupa memerhatikan tabel kandungan gizi dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Catatan dari SehatQ

Es krim ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Manfaat es krim ini tak lepas dari nutrisi yang terdapat dalam bahan baku pembuatnya. Meski mempunyai beragam manfaat untuk tubuh, mengonsumsi es krim secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.Jika Anda mengalami masalah kesehatan usai mengonsumsi es krim, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah masalah kesehatan yang Anda alami semakin parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat es krim dan dampak buruk yang bisa ditimbulkan jika memakannya secara berlebihan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetessusuvitamin dvitamin aradang ususkesehatan tulangtambah berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ice-cream
Diakses pada 13 November 2020
Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-surprising-benefits-of-ice-cream/
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait