9 Manfaat Es Batu untuk Wajah Sebelum Tidur dan Risiko Bahaya yang Mengintai


Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur adalah mengatasi jerawat, mengontrol minyak, menyamarkan kerutan, hingga meremajakan kulit. Meski banyak manfaatnya, Anda perlu tahu bahaya es batu untuk wajah bila digunakan secara berlebihan

(0)
15 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur adalah mengontrol minyak berlebihPenggunaan es batu untuk wajah sebelum tidur dianggap memiliki banyak manfaat
Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur dipercaya mampu menangani berbagai masalah kulit. Manfaat ini tentu bisa didapat dengan menerapkan cara menggunakan es batu untuk wajah yang tepat. Meski demikian, Anda tetap perlu waspada akan bahaya es batu untuk wajah yang mungkin mengintai di baliknya. Cara menggunakan es batu untuk wajah tergolong sangat mudah dan murah. Metode alami ini sebenarnya bukan hal yang asing dan sudah cukup dikenal dalam dunia medis dengan istilah terapi dingin atau cryotherapyCryotherapy bertujuan untuk meringankan rasa sakit, meningkatkan aliran darah, mengurangi pembengkakan, serta mendorong pemulihan jaringan kulit yang rusak. Maka dari itu, klaim manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur dianggap bukan hal yang mustahil dilakukan.

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur

Adapun berbagai manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur yang bisa didapat adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur adalah mengatasi jerawat
Manfaat es batu untuk wajah bisa meredakan jerawat yang meradang
Salah satu manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur adalah mengatasi jerawatCara menggunakan es batu untuk wajah diyakini dapat menyerap minyak berlebih pada kulit yang jadi penyebab utama jerawat. Selain itu, manfaat es batu untuk jerawat juga dapat meredakan peradangan dan pembengkakan yang ditimbulkan jerawat.Bekas luka jerawat pun dipercaya bisa tersamarkan melalui penggunaan es batu untuk wajah secara rutin.

2. Membersihkan pori-pori wajah

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur diyakini dapat membersihkan pori-pori wajah. Ini karena ada banyak kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit. Tumpukan sel kulit mati dan kotoran juga dapat membuat kulit wajah terlihat kusam dan tua.Cara menggunakan es batu untuk wajah ini dapat membuat wajah tampak lebih sehat, halus, dan bercahaya. 

3. Mencerahkan dan meremajakan kulit wajah

Manfaat es batu untuk wajah bisa bikin wajah lebih cerah
Es batu untuk wajah bikin awet mudah dan wajah lebih cerah
Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, kulit bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari aliran darah yang lancar.Cara menggunakan es batu untuk wajah dengan memijatnya pada permukaan kulit diyakini dapat meredakan stres sehingga mampu meredakan kulit. Langkah ini dapat membuat wajah tampak lebih muda dan cerah secara alami.

4. Menyamarkan kerutan

Menyamarkan kerutan jadi manfaat es batu untuk wajah lainnya. Es batu untuk wajah dapat menyamarkan dan menghilangkan kerutan sekaligus munculnya kerutan baru.Memang, masalah kerutan tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, bukan berarti masalah kulit ini tidak dapat ditunda kemunculannya.

5. Menghilangkan rambut wajah

Memiliki rambut wajah bisa jadi hal mengganggu bagi wanita. Nah, Anda bisa memperoleh manfaat es batu untuk wajah satu ini guna membantu menyingkirkan rambut halus di wajah.Walaupun prosesnya tentu tidak secepat waxing, manfaat es batu bagi wajah setidaknya dapat menyingkirkan rambut wajah secara bertahap untuk hasil yang permanen.

6. Mengontrol minyak berlebih

Manfaat es batu untuk wajah dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit. Kondisi wajah yang berminyak dapat membuat seseorang terlihat kusam dan tua. Belum lagi, kulit berminyak juga rentan terkena jerawat.Cara menggunakan es batu untuk wajah sebelum tidur dapat mengontrol sel lemak di bawah kulit sehingga produksi minyak pada wajah terkendali. Cara mengatasi wajah berminyak secara alami ini dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dan berseri.

7. Menyehatkan mata

Es batu untuk wajah sebelum tidur juga bisa memberikan manfaat untuk area mata dengan cara meredakan mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa menggunakan es batu sebagai kompres dingin untuk memperoleh manfaat satu ini. 

8. Menyehatkan bibir

Manfaat es batu untuk wajah bisa menyehatkan bibir
Mengompres bibir dengan es batu bisa atasi bibir pecah-pecah
Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur lainnya adalah menyehatkan bibir pecah-pecahCara menggunakan es batu satu ini dapat menghidrasi bibir dan mengembalikan kesegarannya. Di samping itu, kondisi bibir yang meradang atau terdapat luka juga dapat diatasi dengan kompres es batu. Dengan ini, bibir dapat kembali terasa lembut dan sehat. 

9. Menyerap produk skincare dengan baik

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur ternyata mampu membantu penyerapan produk skincare dengan baik ke dalam lapisan kulit. Cara menggunakan es batu untuk wajah ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskannya ke permukaan wajah terlebih dahulu sebelum menerapkan urutan pemakaian skincare malam hariPerlu diingat bahwa manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada kulit, sah-sah saja untuk memperoleh manfaat es batu bagi wajah sebelum tidur.Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu. Terlebih bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan es batu untuk wajah sebelum tidur. 

Cara menggunakan es batu untuk wajah sebelum tidur

Cara menggunakan es batu untuk wajah sebelum tidur sebenarnya sangat mudah, yakni:
  • Pastikan Anda sudah membuat beberapa buah es batu dari air dan memasukkannya ke dalam freezer. 
  • Sambil menunggu es batu membeku dengan baik, bersihkan wajah dengan air bersih dan sabun cuci muka. 
  • Jangan langsung menempelkan es batu ke wajah sesaat setelah dikeluarkan dari kulkas. Anda disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu guna menghilangkan efek sengatan dingin yang berlebihan. 
  • Kemudian, bungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk waslap atau kain bersih. 
  • Cara menggunakan es batu untuk wajah dilakukan dengan menempelkannya pada area yang terdapat masalah kulit. 
  • Kompres wajah seraya melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar selama 1-2 menit. 
  • Jangan terlalu lama mengompres wajah dengan es batu karena dapat menyebabkan ice burn.
  • Gunakan lap bersih lainnya untuk mengeringkan tetesan air berlebihan pada wajah.
Anda juga dapat membuat es batu yang terbuat dari campuran bahan lain, seperti susu, air mawar, gel lidah buaya, atau teh hijau, guna mendapat manfaat es batu untuk wajah secara maksimal. 

Efek samping es batu untuk wajah yang mungkin terjadi

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur sebaiknya jangan digunakan sembarangan
Bahaya es batu untuk wajah bisa muncul karena penggunaan yang salah
Meski ada berbagai manfaat es batu bagi wajah sebelum tidur, pastikan Anda tetap mewaspadai efek samping es batu untuk kulit wajah yang mungkin terjadi. Bahaya es batu untuk wajah mungkin dialami oleh beberapa orang yang memiliki kulit sensitif atau penyakit kulit tertentu.Beberapa efek samping es batu untuk wajah yang patut diwaspadai, antara lain: 

1. Kerusakan kulit

Salah satu efek samping es batu untuk wajah adalah kulit jadi lebih rentan mengalami kerusakan. Selain sel-sel kulit yang rentan rusak, pembuluh darah bisa mengerut sehingga mengurangi aliran dan oksigen pada kulit wajah. Paparan dingin yang ekstrem juga menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga darah akan mengalir ke organ vital tubuh untuk melindunginya.Efek samping es batu untuk kulit wajah ini mungkin terjadi apabila Anda langsung menggunakan es batu pada permukaan kulit tanpa membungkusnya dengan handuk atau kain waslap bersih.Selain itu, bahaya es batu pada wajah ini bisa terjadi akibat penggunaan es batu yang didiamkan terlalu lama pada kulit.

2. Kulit wajah mati rasa

Manfaat es batu untuk jerawat dipercaya dapat menyembuhkannya.Namun, khasiat tersebut dapat menimbulkan efek samping es batu untuk kulit wajah berupa efek mati rasa.Kondisi ini dapat terjadi sebagai cara kerja es batu dalam meredakan nyeri sementara pada jerawat yang meradang parah.

3. Kulit terbakar akibat es batu atau radang dingin (ice burn)

Efek samping es batu untuk wajah berikutnya adalah kulit terbakar atau kondisi radang dingin (ice burn). Kondisi ini dapat terjadi bila es batu untuk wajah yang digunakan terlalu dingin. Beberapa ciri-ciri radang dingin, termasuk kulit memerah, serta berwarna putih atau keabuan, rasa nyeri, muncul lepuhan, mati rasa, nyeri, hingga terasa gatal. Paparan es batu langsung pada permukaan kulit dalam jangka waktu terlalu lama juga bisa menyebabkan bahaya es batu pada wajah ini muncul.Kulit terbakar akibat es batu lebih rentan terjadi pada:
  • Perokok aktif.
  • Orang-orang yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.
  • Orang dengan kondisi yang terganggu sirkulasi darahnya.
  • Orang dengan kondisi lain yang membuat penderitanya tidak memiliki kemampuan dalam merasakan cedera.

4. Biduran atau urtikaria

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur tidak lepas dari efek samping
Penggunaan es batu untuk wajah bisa membuat kulit memerah
Biduran atau urtikaria juga bisa menjadi bahaya es batu untuk wajah. Biasanya kondisi ini mungkin muncul pada orang yang rentan mengalami alergi.Biduran bisa terjadi akibat penggunaan es batu langsung pada permukaan kulit wajah dalam waktu yang lama.Akibatnya, jadi timbul ruam, gatal-gatal, dan pembengkakan sesaat pada wajah.Ruam kulit akibat efek samping es batu untuk kulit wajah ini berlangsung selama 2-5 menit setelah terpapar es batu.Jadi, perlu diingat, jika selama cara mengompres wajah dengan es batu kulit justru terasa tidak nyaman dan timbul sensasi rasa terbakar, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan es batu untuk wajah. Dokter dapat membantu memastikan apakah Anda tepat memperoleh manfaat es batu bagi wajah sebelum tidur sehingga berbagai kemungkinan efek sampingnya bisa dihindari.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
perawatan kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/ice-for-face
Diakses 1 Oktober 2020
Livpure. https://www.livpure.com/blog/20-amazing-skin-and-beauty-benefits-of-using-ice-cubes-on-your-body
Diakses 1 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322606#causes-and-risk-factors
Diakses pada 9 Desember 2020
Healthline. https://www.medicalnewstoday.com/articles/ice-on-pimple#hot-vs-cold
Diakses pada 15 Januari 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/beauty-with-ice-cubes/
Diakses pada 15 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait